3 Jenis Aplikasi ini Ternyata Bisa Memperberat Kinerja Smartphone

oleh -443 views
3 jenis applikasi yang dapat memperberat kinerja smartphone
3 jenis applikasi yang dapat memperberat kinerja smartphone

Web portal pendidikan Selamat malam sobat belapendidikan, tahu kah anda apa yang menyebabkan smartphone kamu menjadi berat ? Salah satu hal yang memperberat kinerja smartphone berat adalah beberapa applikasi yang dirasa ga perlu dipake tapi dipake. Untuk melihat applikasi apa saja yang disebut, mari kita lihat dengan seksama dalam artikel berikut.

3 Jenis Aplikasi ini Ternyata Bisa Memperberat Kinerja Smartphone

Aplikasi merupakan sebuah software yang dibuat untuk memaksimalkan kinerja sebuah perangkat Gadget, maka tak heran jika setiap para pengguna Gadget seperti Smartphone misalnya, harus memasang aplikasi pihak ketiga sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing.

Namun apabila kita terlalu banyak memasang aplikasi pada Smartphone kita, maka banyaknya aplikasi yang kita pasang bisa mempengaruhi performa Smartphone kita, Smartphone kita bisa menjadi sangat lambat dan bahkan baterai pada Smartphone kita bisa menjadi sangat boros.

Nah kali ini saya akan membahas mengenai beberapa aplikasi yang bisa memperberat kinerja Smartphone. Nah apa saja aplikasinya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Aplikasi Cuaca

Applikasi cuaca pada smartphone
Applikasi cuaca pada smartphone

Manfaat yang bisa kita peroleh dari aplikasi ini sebenarnya cukup banyak, salah satunya adalah kita bisa mengetahui cuaca yang akan terjadi di suatu tempat, sehingga kita bisa mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi kondisi cuaca apabila ingin berpergian atau keluar rumah.

Aplikasi ini memang memiliki banyak sekali manfaat, namun dilain sisi aplikasi ini juga bisa memperberat kinerja Smartphone kita, karena aplikasi ini akan terus melakukaan update kondisi cuaca setiap saat, maka RAM dan batarai pada Smartphone kita akan terkuras dan terus berkerja.

Nah hal itulah yang bisa membuat kinerja Smartphone kita menjadi lambat, selain itu aplikasi ini juga membutuhkan koneksi internet, sehingga kuota internet kita pun juga akan ikut terkuras.

2. Aplikasi Anti Virus

applikasi anti virus pada smartphone
Applikasi anti virus pada smartphone

Tak jauh berbeda dari aplikasi diatas, aplikasi anti virus juga memakan banyak RAM yang bisa menyebabkan Smartphone cepat panas dan juga boros daya baterai.

Banyak pengguna Smartphone yang menginstall aplikasi anti virus dengan tujuan agar ponsel yang mereka gunakan bisa bekerja dengan optimal. Namun, bukanya kinerja optimal yang didapat, tetapi malah kinerja yang berat yang kita dapatkan, karena aplikasi anti virus memakan RAM yang cukup banyak.

Agar Smartphone kita bebas dari virus, sebenarnya kita tidak perlu memasang aplikasi anti virus, karena jika kita menginstal aplikasi dari sumber terpercaya seperti Play Store dan kita tidak memasang aplikasi ilegal atau kita tidak mengunjungi situs yang mengandung malware, seperti situs porno, atau situs yang lain, maka Smartphone kita bisa bebas dari yang namanya virus.

Karena virus itu biasanya datang dari sebuah aplikasi, atau situs web yang ilegal, maka dari itu sebaiknya jika kita ingin menginstall aplikasi sebaiknya download lah aplikasi dari sumber terpercaya, untuk pengguna Smartphone android bisa download di Play Store dan untuk pengguna Smartphone Ios bisa download di App Store.

Satu lagi, jika kita ingin mengunjungi sebuah situs atau website agar Smartphone kita terhindar dari virus, kunjungilah situs yang di depan domain http// atau https// nya terdapat logo kunci atau gembok, nah situs yang terdapat logo itulah yang terjamin keamananya.

3. Aplikasi Sosial Media (sosmed)

Applikasi sosial media pada smartphone
Aplikasi sosial media pada smartphone

Yang terakhir adalah aplikasi Sosial Media, ada banyak sekali aplikasi Sosial Media yang sering kita jumpai dan sering kita gunakan, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, BBM, Line, WeChat dan masih banyak lagi.

Sebagai alternatif pengganti telepon dan sms, aplikasi sosial media memiliki banyak sekali keunggulan, selain lebih irit, dengan aplikasi sosial media kita bisa dengan mudah menemukan dan berkomunikasi dengan teman atau angota keluarga kita yang sama-sama menggunakan aplikasi sosial media.

Selain itu, saat berkomunikasi kita juga bisa langsung bertatap muka, dengan menggunakan fitur video call, yang menjadikan komunikasi jadi lebih asik.

Di balik kelebihan pasti ada kekurangan, nah aplikasi sosial media juga memiliki kekurangan, lalu apa saja kekuranganya?, aplikasi sosial media cukup memakan banyak sekali RAM dan ruang penyimpanan, selain itu aplikasi sosial media juga membutuhkan koneksi internet, hal itulah ya menyebabkan kinerja smartphone kita jadi berat.

Saya akan memberikan contoh aplikasi sosial media yang menurut saya cukup berat untuk di gunakan, saya akan ambil contoh salah satu aplikasi sosial media terpopuler yang paling sering di gunakan, yaitu Facebook.

Facebook ?

Facebook, aplikasi jejaring sosial terpopuler besutan Mark Zuckerberg ini telah didownload oleh 1 milyar pengguna di Play Store, aplikasi ini memiliki banyak sekali fungsi yang bermanfaat, di aplikasi ini kita bisa mencari teman, berdiskusi dengan teman, bahkan kita bisa menjual atau menawarkan barang, produk atau jasa yang kita miliki.

Tetapi dibalik itu semua, aplikasi ini akan memakan banyak ruang penyimpanan, RAM dan juga baterai pada Smartphone kita, sehingga akan memperberat kinerja Smartpohone kita.

Namun, dengan begitu bukan berarti aplikasi ini tidak bisa kita gunakan, kita masih bisa menggunakanya kok, kita bisa memasang aplikasi Facebook Lite yang tentunya lebih ringan karena ukuranya lebih kecil hanya 1.7 MB saja.

Nah itulah beberapa aplikasi yang bisa memperberat kinerja Smartphone, semoga artikel dari saya kali ini bisa bermanfaat!.

Esai ini ditulis oleh Ilham Rafian Syah, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Seorang blogger amatir yang hobinya nulis, tidak terikat instansi apapun. Jika kamu mempunyai hobi yang sama, mari kita bangun situs ini lebih baik. Mencerdaskan seluruh pembaca adalah niat dan tujuan situs ini berdiri.