5 Bentuk Kedisiplinan Menulis

oleh

Web portal pendidikan – Selamat siang sob, sebelum kita memulai untuk membuat suatu karya tulis alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu bentuk kedisiplinan dalam menulis. Oleh sebab itu dalam artikel kali ini kita akan bahas 5 bentuk kedisiplinan menulis.

Bentuk Kedisiplinan Menulis

“Menulis tidak hanya cuma butuh kelincahan dalam bermain kata-kata, akan tetapi juga suasana hati. Di sini tantangan terbesarnya seorang penulis adalah mengalahkan diri sendiri untuk tetap melahirkan tulisan tulisan yang bermakna.”

Sebagian orang orang sukses sering memberikan petuah bahwa salah satu kunci kesuksesan atau keberhasilan yaitu adalah kedisiplinan. Disiplin dalam belajar, disiplin dalam bekerja, disiplin menambah ilmu pengetahuan, disiplin dalam berlalu lintas, disiplin mengamati perkembangan zaman, disiplin dalam mengembangkan diri dan lain-lain, termasuk juga dalam proses tulis-menulis.

5 Bentuk Kedisiplinan Menulis

Terdapat setidaknya 5 bentuk kedisiplinan dalam menulis, yaitu dapat kami sebutkan sebagai berikut:

1. Buat Jadwal Menulis

Jadwal menulis dapat dijadikan sebagai sarana efektif bagi anda yang ingin memulai untuk menulis. Sebagai contoh, misalnya anda harus menulis maksimal 10 halaman dalam satu hari, lalu kemudian minggu depannya lagi anda harus menuntaskan menjadi 15 halaman. Lakukan berulang ulang kali sehingga anda nantinya akan terlatih dalam mengatur jadwal menulis.

2. Buatlah Target

Jika anda sudah membuat jadwal, maka yang harus anda lakukan adalah buatlah target yang dapat anda lakukan dari hari ke hari. Buatlah setidaknya 1 karya tulis, bisa cerpen ataupun novel.

Sebagai contoh anda menulis cerpen, buatlah target bahwa hari ini anda harus mampu menyelesaikan prolog, konflik, dan lain lain. Dengan demikian, dari hari ke hari tulisan anda akan semakin bagus dan tidak acak acakan.

3. Reward & Punishment

Untuk memberikan kesan bahwa menulis bukanlah suatu kegiatan yang hanya senang senang belaka, maka anda perlu memberikan apresiasi terhadap kegiatan menulis yang anda lakukan.

Apresiasi tersebut dapat berupa hadiah (reward) atau berupa hukuman (punishment). Berikanlah hadiah jika anda mencapai suatu progres tertentu, kemudian berikanlah hukuman ketika anda tidak menulis sesuai target atau jadwal yang telah anda buat.

Misalnya, ketika anda membuat jadwal bahwa tiap senin akan menulis 10 halaman namun ternyata tidak anda lakukan, maka berikanlah hukuman dengan cara menambah 20 halaman di hari senin berikutnya.

4. Siapkan Amunisi

Dalam menulis, anda harus memperhatikan bagian tubuh dan otak anda. Jangan sampai anda kelaparan ataupun kehausan karna itu akan menurunkan daya konsentrasi anda. Siapkan air mineral dan makanan sehat di dekat meja kerja anda.

Pastikan anda berhenti sejenak untuk mengonsumsi makanan tersebut agar konsentrasi dan daya pikir anda tetap dalam keadaan prima.

5. Fokus

Jangan sekali kali menulis di tempat tidur, karena kemungkinan besarnya akan membuat anda mengantuk. Jangan menulis sambil ngobrol, SMS, Chatting, ataupun membuka sosial media.

Hal tersebut akan menganggu fokus anda dalam menulis. Lakukanlah hal tersebut ketika anda sedang istirahat sejenak atau setelah selesai menulis.

Ketika anda ingin fokus dalam menulis, maka targetkan lah setidaknya anda harus disiplin menulis dalam kurun waktu sebulan atau lebih (40 – 50 hari). Dengan begitu anda akan terbiasa dan tetap fokus.

Nah itulah beberapa bentuk kedisiplinan dalam menulis. Jika anda ingin rutin dalam menulis maka lakukanlah 5 bentuk kedisiplinan diatas secara bertahap. Jangan memaksa tubuh anda secara berlebihan, ikuti dengan sabar dan yakin bahwa anda bisa melakukannya.

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengunjung belapendidikan.com untuk pengembangan artikel ini lebih lanjut. Kirim komentar anda pada kolom yang tertera dibawah ini.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.