5 Kuliner Lezat yang Wajib Dicoba Saat Liburan di Derawan

oleh -53 views
5 kuliner lezat yang wajib dicoba saat liburan di derawan
5 kuliner lezat yang wajib dicoba saat liburan di derawan

Web portal pendidikan – Selamat sore sob, menurut kalian apa sih kuliner yang paling terkenal di daerah Derawan, Kalimantan Timur ? Dalam artikel ini kami akan bahas 5 jenis kuliner lezat yang wajib dicoba saat liburan.

5 Kuliner Lezat yang Wajib Dicoba Saat Liburan di Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan di timur Kalimantan merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang namanya sudah terkenal sampai ke luar negeri. Daya tarik utamanya terletak pada pantai pasir putih dengan laut berwarna biru toskanya yang memanjakan mata. Itu sajakah? Tentu tidak.

Pesona Derawan tidak berhenti sampai di permukaan lautnya. Cobalah menyelam dan nikmati keragaman biota bawah laut yang begitu memukau. Usai puas menjelajah dunia bawah laut Derawan, jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi aneka kuliner khas setempat yang lezat berikut ini.

  • Tehe-Tehe
Tehe Tehe

Tehe-Tehe (Sumber: dyahpamelablogwordpresscom)

Nama camilan yang satu ini memang seunik bentuknya. Camilan khas Derawan ini memang sedikit ekstrem bagi sebagian orang karena dibuat dari cangkang landak laut. Tapi soal rasa jangan tanya. Lezat dan menggugah selera!

Tehe-tehe dimasak dengan cara memasukkan ketan yang sudah dicampur santan dan garam ke dalam cangkang, lalu ditutup dengan daun pandan dan kemudian direbus. Aroma kelapa dan pandan yang begitu wangi tercium dijamin akan membuat selera makan Anda bangkit seketika.

  • Sarang Semut
sarang semut
sarang semut

Jika berlibur ke Derawan, jangan lupa icip-icip camilan khas buatan masyarakat setempat, yaitu kue sarang semut.

Dinamakan begitu karena bentuknya memang menyerupai sarang semut. Oleh masyarakat setempat, penganan bercita rasa manis ini lebih sering disebut dengan kue jah.

Sarang semut sendiri dibuat dari campuran gula dan adonan seperti mi bihun, lalu dibentuk dengan cetakan khusus dan dikukus. Rasanya yang manis menjadikan kue jah sebagai salah satu oleh-oleh khas Derawan yang terkenal.

  • Kima-Kima
kima kima
Kima Kima

Kima-kima adalah salah satu seafood khas Derawan yang cukup terkenal akan kelezatannya. Berbeda dengan tehe-tehe yang hanya tersedia saat momen-momen tertentu, kuliner yang satu ini bisa dengan mudah dijumpai kapan saja.

Bentuk makanan ini menyerupai kerang laut, tapi pengolahannya sama seperti ikan asin (dikeringkan dulu sebelum dikonsumsi).

Kima-kima tergolong penganan mahal di Derawan karena rasanya yang nikmat. Per 250 gram biasanya dijual Rp50 ribu.

  • Elai

Siapa pun yang menyukai durian pasti akan suka dengan buah yang satu ini. Elai memang sekilas tampak seperti buah durian, hanya saja warnanya yang cenderung lebih oranye. Buah dengan nama latin Durio Kutejensis ini merupakan primadona di Kalimantan Timur.

Memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut seperti durian, elai merupakan buah tropis yang hanya bisa dijumpai di Kalimantan.

Selain elai/lai, orang lokal juga menyebut buah ini dengan durian kuning, durian tinggang, durian pulu, nyekak, ruas, sekawi, pekawai, dan lain-lain. Bagaimana, penasaran ingin mencicipinya?

  • Kulabutan
Kulabutan
Kulabutan

Kulabutan (Sumber: aroundphilippinescom)

Kulabutan barangkali salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan seafood keringnya. Selain ikan asin dan kima-kima, di sini Anda juga bisa mencicipi kulabutan. Makanan ini dibuat dari cumi besar/sotong yang dijemur sampai kering, lalu diolah. Anda juga bisa membelinya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Kelima makanan tersebut tentu hanya bisa Anda jumpai di Derawan, Kalimantan Timur. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, pesan tiket pesawat Sriwijaya Air tujuan Balikpapan di Airy sekarang juga!

Perjalanan bisa dilanjutkan dengan transportasi darat menuju Tarakan/Berau, lalu menyeberang menumpang kapal ke Derawan.

Selain menjamin setiap transaksi aman dan bebas penipuan, Airy juga menyediakan layanan refund/reschedule yang mudah jika sewaktu-waktu terjadi kendala dalam perjalanan wisata Anda. Masih ragu? Cek harga tiket pesawat di Airy sekarang dan bandingkan dengan OTA lainnya!

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “5 Kuliner lezat yang wajib dicoba saat liburan di derawan”. 

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *