5 Sekolah Kopi di Indonesia

oleh -84 views
5 sekolah kopi di indonesia
5 sekolah kopi di indonesia

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, kali ini kita kedatangan lagi opini tentang 5 sekolah kopi di Indonesia. Untuk ulasan lebih lengkap dapat kita simak dalam artikel berikut ini.

5 Sekolah Kopi di Indonesia

Jual Kopi Hijau Asli – Tren cafe dan kedai cafe semakin marak dan menjamur saja akhir-akhir ini.  Adanya tren cafe yang semakin menggeliat, membuat profesi barista belakangan semakin diminati.

Barista kemudian menjadi profesi paling menjanjikan untuk dipilih anak-anak SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Sayangnya, menjadi barista ternyata tidak mudah. Kalian perlu sekolah dulu agar jadi barista. Tapi tenang saja, lembaga pendidikan pembuat kopi itu sudah banyak yang beredar di Indonesia kok. Berikut ada 5 lembaga sekolah kopi di Indonesia yang bica dicoba.

1. Sekolah Kopi IPB Bogor

Sekolah Kopi Institut Pertanian Bogor
Sekolah Kopi Institut Pertanian Bogor

Intitut Pertanian Bandung tidak hanya buka jurusan-jurusan pertanian konvensional saja, IPB juga buka sekolah kopi. Sekolah kopi ini didirikan oleh Tejo Pramono dan beberapa alumni IPB lainnya.

Sekolah kopi IPB memplot lulusannya untuk ahli dalam bidang perkopian. Lulusannya diharapkan bisa mengembangkan potensi-potensi kopi yang ada di Indonesia menjadi hibrida baru. Gimana? Menarik bukan sekolah kopi IPB Bandung ini?

2. Sekolah Rumah Kopi Ranin

Sekolah Rumah Kopi Ranin
Sekolah Rumah Kopi Ranin

Rumah Kopi Ranin terkenal dengan kuliner kopinya yang legendaris. Citarasa kopi di tempat ini terkenal sangat juara. Tapi, ya, kalau kalian ingin tahu, Kopi Ranin Ternyata tidak hanya jualan kopi saja lho.

Kopi Ranin juga buka pendidikan vokasi kopi bagi yang ingin ahli dalam bidang perkopian. Segera saja deh kalian daftarkan diri jadi siswa disini agar kalian bisa meracik kopi hijau terenak versi buatanmu sendiri.

3. Akademi Kopi Indonesia

Akademi Kopi Indonesia
Akademi Kopi Indonesia

Akademi Kopi Indonesia sudah sangat terkenal. Banyak orang yang ingin belajar kopi di tempat ini. Sebagai pelatihan lembaga kopi paling terkenal, Akademi Kopi Indonesia tentu saja menyediakan pelatihan-pelatihan pembuatan kopi yang hips banget.

Kalian bisa membuat kopi ekspresso, kopi mix, hingga cara meracik kopi hijau agar enak bisa kalian dapatkan jika belajar bikin kopi di tempat ini.

Segala kelebihan-kelebihan yang akan didapatkan jika belajar di akademi kopi ini yang membuat akademi kopi Indonesia wajib kalian masukan dalam daftar list. Jadi segera saja deh daftarkan diri kalian segera untuk bergabung pada Akademi Kopi Indonesia.

4. Sekolah Kopi A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD)

Ada salah satu sekolah kopi di Menteng yang keren banget. Sekolah kopi yang keren dan legendaris itu bernama Kopi A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD).

Sekolah vokasi kopi ini mengarjakan kepada peserta dididknya agar mahir dalam meracik kopi. Lulusan dari kafe ini diharapkan siswanya bisa menjadi barista yang handal.

Baca juga : Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Biaya masuk di Sekolah Kopi A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD) sendiri sangat murah. Biaya sekolah barista di kafe ini ada pada kisaran 1,2 juta rupiah sampai 3,3 jutaan rupiah saja.

Dengan biaya masuk seterjangkau itu. Kalian akan diajari bagaimana cara membuat green cofee yang enak dalam waktu satu minggu hingga beberapa bulan.

5. Sekolah Kopi Universitá del Caffé dell ‘Indonesia (UDC)

Sekolah Kopi Universitá del Caffé dell ‘Indonesia (UDC)
Sekolah Kopi Universitá del Caffé dell ‘Indonesia (UDC)

Kalian tentu saja sudah tidak asing bukan dengan varian-varian kopi Italia. Salah satu varian kopi asal Italia yang sangat enak untuk dicicipi yaitu kopi ekspreso dan kopi Illy.

PT Bahana sebagai salah satu distributor kopi-kopi italia, belakangan ini membuka universitas yang programnya mengadakan pendidikan vokasi bagi para anak muda agar bisa menjadi barista.

Lewat lembaga perguruan tinggi Indonesia, Universitas Kopi Indonesia, para calon barista akan digembleng selama beberapa semester. Materi yang dipelajari mulai dari historical kopi, hingga teori-teori praktis pembuatan kopi yang berkelas seperti apa.

Nah, sekarang menurutmu, mana kira-kira 5 lembaga sekolah kopi di Indonesia yang paling terbaik?

Artikel ditulis oleh Fajar S. Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, Atau bisa kirim tulisan lewat email  redaksi@belapendidikan.com

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *