6 tempat wisata alam di medan yang wajib kamu kunjungi
6 tempat wisata alam di medan yang wajib kamu kunjungi

Web portal pendidikan – Selamat pagi sob, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai tempat wisata alam yang ada di salah satu kota yang berada di pulau sumatera. Kali ini admin akan bahas 6 tempat wisata alam di medan. Adapun rinciannya dapat dijelaskan dalam rangkaian artikel berikut.

6 Tempat Wisata Alam di Medan Yang Harus Kamu Kunjungi

Medan merupakan salah satu kota terbesar yang berada di luar Pulau Jawa ini ternyata kaya akan ragam wisata alam yang akan menyebabkan siapa saja berdecak kagum. Pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari utara ke selatan telah memberi tambahan jaminan ketersediaan panorama indah. Sebagai bonus, di pegunungan ini terdapat Danau Toba dan Pulau Samosir yang keindahannya telah tenar di mancanegara.

Tapi bagi Anda yang berpikir bahwa daerah wisata utama Danau Toba terlalu mainstream, tidak ada salahnya ikut dengan kami menjelajahi sisi lain Danau Toba dan juga objek wisata alam lainnya yang tidak kalah memukau. Mari ikuti kami jelajahi panorama alam lainnya, baik di gunung maupun pantai yang tiap-tiap mempunyai keunikannya tersendiri.

Nah, bagi Anda para penggemar wisata alam, sebelum anda berkemas-kemas, ada baiknya membuka dan tinjau kembali itinerary Anda dan bersiaplah menjumpai pesona-pesona wisata alam baru di Medan yang tak kalah serunya.

1. Rasakan unik dan putihnya salju yang tidak menyebabkan Anda membeku : Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Oke, sesungguhnya tidak ada salju di sini. Ini adalah kawah berisi air panas dengan air berwarna biru kehijauan. Kawah ini dikelilingi batuan kapur berwarna putih, sehingga airnya terlihat seperti hamparan es.

Wisata alam kawah putih dolok tinggi raja
Wisata alam kawah putih dolok tinggi raja

Tempat ini lumayan mirip dengan Kawah Putih di Kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Hanya saja, jauh lebih sepi dan belum terlalu terekspos oleh para pelancong.

Ada terhitung aliran air sungai yang menyatu dengan curahan air panas. Namun paduan air ini tidak menjadi panas sehingga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk mandi.

2. Serunya melalui jeram di sedang kesunyian hutan: Arung Jeram Sungai Wampu

Sungai Wampu sesungguhnya mempunyai beraneka penawaran unik dan menarik untuk Anda. Jeram yang menantang, pesona hutan tropis, air terjun, dan panorama lembah sungai yang mempesona.

Terkadang, Anda bisa melihat kegiatan penduduk lebih kurang yang memancing di sungai, menarik, bukan?

wisata alam arung jeram sungai wampu
wisata alam arung jeram sungai wampu, medan

Sungai ini mempunyai beberapa anak sungai yang akan menyebabkan petualangan arung jeram Anda lebih berkesan lagi. Jalur yang sering di lewati kebanyakan dimulai dari Desa Marike dan berakhir di Jembatan Bahorok

Kalau masih belum puas, ada baiknya berkunjung ke pemandian air panas yang terhitung ada di sana untuk bersantai sejenak.

3. Menikmati keindahan alam dari atas rumah pohon: Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung sesungguhnya telah jadi destinasi favorit untuk menikmati keindahan Danau Toba. Dan saat ini jadi jadi menarik dengan dibangunnya beberapa rumah pohon yang unik.

Bukit indah simarjarunjung merupakan wisata alam yang menarik
Bukit indah simarjarunjung merupakan wisata alam yang menarik

Bayangkan jika Anda sedang merasakan kesejukan udara yang menusuk kulit, sambil mengamati burung-burung bermigrasi, dan indahnya Danau Toba dan Pulau Samosir dan juga hijaunya hutan Pegunungan Bukit Barisan dari sebuah rumah pohon!

Benar, seluruh itu bisa Anda jalankan di sini, lho. Pemandangan yang paling spektakuler adalah terhadap kala matahari terbenam!

Ada terhitung flying fox mini tetapi lumayan menarik untuk dicoba.

4. Serunya melihat aliran air beriringan memecah di pada batuan: Pantai Salju

Serunya bermain di pantai salju, medan
Serunya bermain di pantai salju, medan

Disclaimer: Tempat ini bernama “Pantai Salju” dengan sinyal kutip, sebab ini bukanlah pantai dan tidak bersalju. Tapi bukan artinya tidak ada yang luar biasa di sini.

Tempat ini sesungguhnya adalah sungai yang alirannya dipenuhi beraneka batuan unik. Aliran air sungai berjalan beriringan dan memecah kala menabrak batuan, yang menurut penduduk setempat jadi seperti “salju.”

Bebatuan yang banyak mencuat di selang aliran sungai yang memberikann keunikan tersendiri. Sempatkan diri untuk berkunjung di Spot yang ideal untuk tingkatkan koleksi foto Anda ini!

Fasilitas daerah ini sesungguhnya belum banyak tersedia, meskipun demikian, Anda bisa menyewa ban dari penduduk untuk menikmati kesejukan air di sana

5. Bersantai menikmati keindahan “pantai” di atas gunung: Bukit Paropo Silalahi

Wisata alam bukit paropo silalahi
Wisata alam bukit paropo silalahi medan, sumatera utara

Pantai di atas gunung? Oke, ini bukan pantai yang sesungguhnya sebab sesungguhnya “pantai” ini adalah “Pantai Danau Toba.” Memang karna luasnya, Danau Toba telah menyerupai laut, dan salah satu “pantai”nya yang indah adalah Bukit Paropo.

Bukit Paropo merupakan destinasi wisata yang sedang naik daun. Dari sini Anda bisa menikmati birunya air Danau Toba, yang tak kalah dengan pesona pantai tenar di dunia!

“Pantai” yang indah ini terhampar hingga 28km. melihat indahnya lukisan alam kala pegunungan hijau bertemu dengan jernihnya air Danau Toba.

6. Bermain dengan gajah dan temukan indahnya alam yang di balik rimbunnya hutan: Tangkahan – Langkat

Di balik rimbunnya hutan di Taman Nasional Gunung Leuser, tersembunyi daerah wisata seru yang telah banyak digandrungi oleh para pelancong: Tangkahan.

Wisata alam Hutan Tangkahan langkat medan, sumatera utara
Wisata alam Hutan Tangkahan langkat medan, sumatera utara

Salah satu daya tarik daerah ini adalah para pelancong bisa memandikan gajah sambil di tengahi kerimbunan hutan.

Bagi Anda yang belum bahagia berkeliling hutan dan bermain dengan gajah, ada jalan trekking dengan panorama yang tak kalah menarik.

Tangkahan terhitung memiliki beberapa air terjun yang airnya terlalu jernih lho. Anda bisa menentukan untuk berenang atau hanya berendam menikmati sejuknya air dan indahnya panorama yang ada.

Nah itulah sedikit ulasan kami mengenai 6 tempat wisata alam di medan, Sumatera Utara. Untuk saran dapat anda tulis dibawah ini guna mengembangkan artikel ini lebih lanjut.

3 KOMENTAR

  1. yuyun andriyani

    melihat dari gambar gambar diatas seperti nya menarik buat dikunjungi, tapi sayangnya jarak dan waktu yang sulit untuk saat ini .. hufftt mungkin liburan tahun baru deh bisa jalan jalan ke medan

    • wah mimin juga rencana nya liburan tahun baru mau jalan jalan ke tempat wisata di medan.. Jangan lupa kabarin mimin ya, siapa tau kita bisa bareng kesana nya hehee

  2. ternyata di medan ada banyak wisata alam juga ya, yang saya tau wisata alam cuma danau tobanya .. Trnyata ada banyak lagi, wah liburan akhir taun nanti cocok nih main kesana

LEAVE A REPLY