sarana belajar online
Coba SimulasiProgram terbaru kami simulasi online UNBK Tingkat SMA/SMK

7 Tips Cara Belajar SBMPTN 2018 Efektif dan Efisien

Web portal pendidikan – Selamat sore teman teman. Kali ini kita akan sharing 7 tips cara belajar SBMPTN 2018 ini dengan efektif dan efisien. Untuk ulasan lebih lengkapnya dapat kalian simak dalam artikel ini.

Cara Belajar SBMPTN Efektif dan Efisien

Hai teman-teman semua. Gimana nih persiapan SBMPTN-nya ? Pasti udah ada yang ambiz banget sampe belajar pagi-siang-sore-malem. Yang masih belum punya mood buat belajar, ayo terus semangat, Karena SBMPTN 2018 tinggal beberapa bulan lagi !!!

Kamu pasti sudah tahu medan SBMPTN tuh beda banget sama UN. Karenanya cara belajarnya juga harus dibedakan. Untuk menemani kalian mempersiapkan diri untuk SBMPTN 2018. Saya ingin share ke kalian, Gimana sih pola belajar orang-orang yang udah sukses dalam menaklukan SBMPTN ?

Ada baiknya kalian persiapkan diri dari sekarang supaya kedepannya akan nikmat dalam belajar SBMPTN ini. 7 Tips cara belajar SBMPTN efektif dan efisien, berikut ulasannya

1. Belajarlah dari materi kelas 10 terlebih dahulu
Belajar materi dasar, bisa dimulai dari materi kelas 10
Belajar materi dasar, bisa dimulai dari materi kelas 10

Kebanyakan orang-orang yang belajar SBMPTN, Mereka cenderung ingin terburu-terburu dalam mempelajari sesuatu.

Jika kamu terburu-buru itu tidak akan membantumu dalam SBMPTN. Karena ini bukan soal yang bisa kamu pelajari semua halnya. Tapi kamu harus paham betul konsep dan fundamental dari setiap mata pelajaran.

Nah, Konsep dan fundamentalnya kalian dapatkan dari materi kelas 10. Karena itulah materi-materi dasar yang nantinya digunakan di kelas 11 dan 12.

Kalian rasain deh ketika kalian udah belajar di bangku kelas 11 atau 12 dan kalian ngulang lagi belajar di kelas 10 pasti dalam hati kalian akan bilang.

  • “oh jadi ini toh maksudnya kata bu Nurma”
  • “oh ternyata dah dipelajarin dari kelas 10”
  • “oh ternyata asal rumus materi A didapat dari sini toh”

Kalian akan terenyuh dan bersenandung “ohh..” pada diri kalian.

Karena mungkin aja nih. Guru kalian di kelas 10 kurang bagus dalam menjelaskan materi secara komprehensif. Atau bisa juga kaliannya yang ga merhatiin guru sehingga baru sadar bahwa materi di kelas 11 dan 12 sudah dipelajari lebih awam dari kelas 10.

Jadi, Kalau bisa mau ga mau harus ngulang dari kelas 10.

Kalau di Analogikan…

Rumah tidak akan kuat bila pondasinya tidak mampu untuk menahannya. Untuk itulah kalian membangun pondasi dulu. Baru membangun rumah yang indah untuk tempat tinggal kalian.

2. Pahami konsep secara mendalam
Jika ingin sukses SBMPTN, kamu harus pahami konsep konsep dasarnya
Jika ingin sukses SBMPTN, kamu harus pahami konsep konsep dasarnya

Biasanya kids zaman now hanya mengandalkan hafalan mereka dalam belajar. Saya tidak menyalahkan mereka. Tapi, memang rata-rata guru di sekolah mengajarkan mereka metode belajar dengan cara

hafal ! hafal !! dan mengahafal !!!

Hal ini perlu diperbaiki teman-teman semua.

Menghafal itu mudah. Sangaaat mudaah.

Yang sulit adalah menjaga hafalan itu agar tetap utuh dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, Hindarilah dalam menghafal suatu materi atau rumus. Karena itu semua ga akan tahan lama.

Bisa jadi kamu menghafal rumus persamaan Bernoulli hanya dalam 3 menit dan bisa jadi kamu akan lupa dalam waktu 30 menit mendatang…

Bener kan ?

Oke, Makanya saran dari saya itu kamu harus pahami konsep !!

konsep-konsep mulu. emang kayak gimana sih mahamin konsep tuh ?

Caranya mudah

  1. Pahami setiap variabel dalam suatu rumus
  2. Pahami kenapa rumus A bisa kaya gitu / fundamental dari suatu rumus
  3. Pahami keterkaitan dari satu rumus ke rumus yang lain

Oke saya ambil contoh misalnya rumus dalam persamaan gerak lurus berubah beraturan.

Vt² = Vo² + 2as

Dari mana asal rumus tersebut ?

Ternyata penurunan rumus tersebut berasal dari persamaan energi.

lah kok jauh banget materinya ? itu kan materi kelas 11

Oke langsung kita buktikan bersama-sama.

Energi kinetik akhir (EKt) = Energi kinetik awal (EKo) + Usaha (W)

½.m.Vt² = ½.m.Vo² + F.s  ( F=ma)

½.m.Vt² = ½.m.Vo² + m.a.s (bagi kedua ruas dengan m)

½.Vt² = ½.Vo² + as (kalikan kedua ruas dengan 2)

Vt² = Vo² + 2as

Terbukti bukan ? Jika kalian suatu hari lupa dengan rumus tersebut. Kalian cukup mengingat konsepnya seperti apa.

Pahami juga keterkaitan dari rumus satu ke rumus yang lain. Seperti Gerak ternyata berhubungin dengan Energi.

Inilah yang dinamakan “pahami konsep bukan dihafal”

Ini juga berlaku untuk mata pelajaran yang cenderung terfokus pada hafalan seperti Sosiologi, Sejarah, dan Biologi yang memang harus paham betul akarnya darimana.

3. Fokuslah dengan satu mata pelajaran terlebih dahulu
Jika ingin lulus tes SBMPTN, kamu harus fokus mendalami satu persatu mata pelajaran yang di ujiankan
Jika ingin lulus tes SBMPTN, kamu harus fokus mendalami satu persatu mata pelajaran yang di ujiankan

JIka kamu ingin belajar SBMPTN dengan efektif. Kamu harus memilih mata pelajaran yang ingin kamu pelajari terlebih dahulu. Karena jika kamu mempelajari semua pelajaran dalam sehari. Itu akan membuat otakmu pusing dan sulit untuk mengingatnya.

Jadi maksud saya adalah cukuplah pelajari satu mata pelajaran terlebih dahulu. Fokuslah di satu mata pelajaran tersebut. Dari bab 1 kelas 10 sampai bab terakhir kelas 12.

Jika sudah Selesai menyelesaikannya, Baru kamu bisa ganti mata pelajaran lain.

  • Di awal-awal, Pilihlah mata pelajaran yang menurut kamu paling sulit

Kenapa demikian ? Karena ketika kita belajar dari yang tersulit, Nanti untuk kedepannya akan mudah.

Gampangnya seperti ini, Ketika kamu sudah terbiasa mempelajari yang sulit. Ketika kamu menemukan yang mudah itu akan menjadi semangat buat kamu.

  • Belajarlah dengan konsisten

Ketika kamu sudah memilih mata pelajaran yang ingin kamu pelajari. Janganlah mudah menyerah untuk mempelajarinya.

Memang awal-awal akan terasa berat. Tapi kita lihat dampaknya yang akan membuat kita senang karena berhasil melewati mata pelajaran ini.

Ketika kamu sudah menyelesaikan satu mata pelajaran. Kamu bisa langsung memilih mata pelajaran berikutnya yang menurut kamu paling susah untuk urutan kedua.

Jika kamu sudah menyelesaikan semua mata pelajaran di SBMPTN. Bukan berarti kamu sudah menguasai semua mata pelajaran tersebut.

Tapi yang lebih penting adalah proses kamu mengulang-ulang mata pelajaran yang kamu pelajari, Sehingga ilmunya itu benar-benar tertanam di dalam benak kamu.

Mungkin untuk awal-awal kamu akan sering lupa. Tapi percayalah, Jika kamu mengulangnya, menulisnya, dan sering latihan soal. Kamu akan selalu mengingatnya bahkan sampai kuliah sekalipun.

4. Catatlah materi yang telah kamu pelajari !
Catat semua hal yang penting, ini point yang sangat krusial bagi kamu jika ingin lulus SBMPTN
Catat semua hal yang penting, ini point yang sangat krusial bagi kamu jika ingin lulus SBMPTN

Dari ketiga langkah diatas belum sempurna jika belum dibungkus oleh “catatan”.

tapi mencatat itu capek kak. enak baca aja…

Eitss… tunggu dulu. Berikut terdapat riset dari Amerika.

Riset

di Universitas California telah mencetuskan bahwa orang yang menulis tangan atau mencatat mampu menangkap pelajaran lebih baik, menyimpan ilmu lebih lama serta lebih mudah memahami gagasan-gagasan baru

Dari sini sudah terbukti bahwa mencatat akan lebih efektif dan efisien ketimbang hanya membaca saja.

Memang sih, Kadang kita males buat mencatat pelajaran. Tapi percayalah ini ga akan sia-sia dan ketika kamu lupa, Akan lebih mudah mencarinya ketimbang tidak mencatat sama sekali.

Nah, Bagaimana sih cara membuat catatannya ?

Kalau dari saya sendiri, Saya mencatat setiap mata pelajaran dengan tidak mencampur adukannya. Karena sesuai dengan metode ke-3. Saya fokus mempelajari satu mata pelajaran, Setelah saya pelajari langsung saya catat di buku catatan saya.

Oh ya. Bukunya juga saya gabungkan menjadi satu. Supaya ga ribet dan lebih praktis dalam mempermudah mencari materi.

Saya juga mencatatnya dengan pulpen warna-warni agar lebih terlihat interaktif dan rapih. Soalnya selama saya kelas 10 saya mencatat materi dari guru tapi tulisan saya sendiri tidak bisa terbaca dengan jelas dan akhirnya males belajar. :”D

Karena itu saya lebih niatkan lagi dan mencatatnya seperti halnya perempuan yang tulisannya bagus dan rapih kalau mencatat. (ini fakta)

5. Sering-seringlah latihan soal
Kita tentu tidak mau hanya menghapal atau membaca saja, tapi langsung terjun latian soal. Nah sampai dimana nanti pengetahuan kita
Kita tentu tidak mau hanya menghapal atau membaca saja, tapi langsung terjun latian soal. Nah sampai dimana nanti pengetahuan kita

Ingat dengan kata-kata bijak ini ?

Bisa karena terbiasa

Ini berlaku banget nih sama yang namanya belajar untuk memperdalam.

Terutama untuk Matematika dan Fisika yang memang dikategorikan pure hitungan yang dimana soal ceritanya jarang banget. Sekalinya ada, Soalnya juga sama sama ngitung…

Kenapa cuma Matematika dan Fisika ?

  1. Rumusnya banyak
  2. Variasi soalnya sangat banyak
  3. Soalnya yang kadang membingungkan

Matematika dan Fisika tidak cukup hanya dengan dipahami konsepnya melainkan juga harus sering-sering latihan soal. Banyak banget nih orang yang seneng banget ngapalin rumus. Pas soalnya diselewengin dikit. Pasti langsung bingung.

Tapi, Hal ini tidak berlaku untuk orang yang sering menaklukan banyak soal. Karena dia tahu model-model soal yang keluar akan seperti apa.

Matematika dan Fisika bukan hanya untuk dihafal dan dipahami. Tapi juga diaplikasikan ke dalam variasi soal yang banyak. Coba deh kalian bikin target sendiri.

Dalam waktu sehari kalian harus ngabisin berapa soal ?

Jika sudah ditargetkan seperti ini maka ada tantangan dalam belajar dan pastinya akan membuat kita lebih bersemangat lagi untuk belajar.

6. Tidurlah yang cukup. Kalau bisa bangun lebih pagi
Tidur bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik saja. Namun dengan tidur yang cukup belajar pun jadi semangat
Tidur bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik saja. Namun dengan tidur yang cukup belajar pun jadi semangat

Banyak sekali orang-orang yang saking ambiz-nya dalam belajar. Sampai-sampai kantung mata mereka seperti kantung di perut kangguru.

Padahal kita semua pasti tahu ‘kan. Bahwa tidur terlalu malam itu sangat buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah ini.

Salome Kurth, peneliti di University Hospital of Zurich mengatakan, “Proses tidur kemungkinan melibatkan penyambungan saraf pada otak yang memengaruhi kematangan otak. Penelitian ini menunjukkan, adanya peningkatan kebutuhan tidur pada bagian belakang otak.

Ternyata kurangnya tidur juga berpengaruh langsung terhadap otak. Jadi, Sebaiknya hindarilah sebisa mungkin kebiasaan begadang.

Solusinya jika kamu ingin melampiaskan semangat belajar kamu yang sedang meluap-luap adalah dengan cara belajar di pagi hari. Kamu bisa pasang alarm sekitar jam 2-3 untuk belajar.

Belajar di pagi hari akan lebih efektif dibandingkan malam hari. Karena ketika di malam hari tubuh sudah difitrahkan untuk beristirahat. Sedangkan, ketika pagi hari keadaan organ-organ, tubuh, dan jiwa raga sedang dalam best condition.

Jadi, Ayo lakukan gerakan bangun pagi.

7. Olahragalah secara rutin
Jangan hanya berkutat sama buku atau teori teor. Tapi perlu juga kalian keluar rumah untuk berolah raga
Jangan hanya berkutat sama buku atau teori teor. Tapi perlu juga kalian keluar rumah untuk berolah raga

Terakhir…

…yaitu olahraga

lah emang apasih kak hubungannya olahraga sama cara belajar

Sabar-sabar bentar dulu. Cara belajar yang baik dimulai dari otak yang sehat. Dan otak yang sehat dimulai dari olahraga yang berkesinambungan.

Berikut hasil riset dari Prof. Art Kramer yang telah meneliti hubungan olahraga rutin dan otak.

Profesor Art Kramer, Founder of Institut Beckman for Advanced Sains dan Teknologi dari University of Illinois mengemukakan bahwa berjalan kaki atau bersepeda secara berkesinambungan selama 6-12 bulan akan meningkatkan daya ingat dan kemampuanmu dalam memecahkan masalah

Nah, Terbuktikan teman-teman…

…bahwa olahraga memang terhubung langsung dengan otak kita.

Kalau kamu yang biasanya suka capek dalam belajar. Padahal baru sebentar banget belajarnya, Itu indikasi bahwa kamu kurang olahraga.

Olahraga memang berfungsi untuk memacu jantung agar peredaran darah berlangsung dengan cepat. Sehingga darah akan cepat sampai ke otak. Inilah bukti kalau kamu suka kelelahan dalam berfikir.

Oleh karena itu, Buatlah jadwal rutin buat olahraga minimal seminggu sekali.

Bisa mulai dari olahraga kecil seperti berjalan atau kalau porsinya kurang kamu bisa memulainya dengan jogging, bersepeda, dan berenang.

Percaya deh, Ini ga akan bikin kamu capek dalam belajar dan menjalani kehidupan sehari-hari. Tapi ini bener-bener ngebantu kamu lebih produktif dalam hidup kamu. Soalnya ketika keringat bercucuran. Racun-racun di tubuh kamu akan keluar semua sehingga kamu akan lebih sehat dan bugar.

Sudah terpikirkan apa langkah langkah yang harus kalian lakukan sebelum bertempur di medan perang ujian SBMPTN 2018 ini ? Dan juga ini ga kalah penting, Bagi kamu yang ingin bimbel privat SBMPTN bisa hubungi kami disini

Itulah beberapa ulasan tips tentang cara belajar SBMTPN secara efektif dan efisien. Kamu bisa mencoba tips yang saya sebutkan diatas. Jika kamu punya tips lain, boleh lah kamu berbagi bersama teman teman yang lain agar kita semua yang mengikuti SBMPTN dapat lulus.

Penulis : Muhammad Sultan Reza
EMail : sultanreza7@gmail.com