Anda Wajib Vaksin Difteri Jika Punya Profesi ini

oleh -22 views
anda wajib vaksin difteri jika punya profesi ini
anda wajib vaksin difteri jika punya profesi ini

Web portal pendidikan – selamat siang sobat belapendidikan, Pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang rentan membuat Anda berisiko terkena difteri. Anda wajib vaksin difteri jika punya profesi berikut ini. Profesi apakah yang dimaksud penulis ? Untuk menemukan jawabannya dapat kita simak dalam ulasan berikut ini.

Anda Wajib Vaksin Difteri Jika Punya Profesi ini !

Disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteria, difteri adalah penyakit infeksi menular akut yang bisa mematikan jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat.

Ada beberapa profesi—khususnya berhubungan dengan orang banyak—yang membuatnya mudah tertular difteri. Karenanya, Anda wajib vaksin difteri jika punya profesi ini.

  • Pengajar
Guru merupakan pengajar yang baik
Guru merupakan pengajar yang baik

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, guru—baik mengajar di kelas bermain maupun di kampus—wajib mendapatkan vaksin difteri.

Ini karena mereka rentan tertular oleh murid atau mahasiswa yang mungkin tak sadar telah terinfeksi difteri. Juga berlaku sebaliknya, jika sang guru terinfeksi, orang-orang di kelasnya berisiko tertular.

  • Petugas kesehatan
Petugas Kesehatan
Petugas Kesehatan

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan petugas kesehatan sebagai kelompok prioritas untuk mendapat vaksin difteri.

“Tak hanya untuk perlindungan dan mempertahankan kemampuan untuk memberikan layanan, tetapi juga untuk mengurangi penyebaran difteri ke pasien yang rentan,” jelas dr. Adeline.

Faktanya, petugas kesehatan dua kali lebih berisiko tertular difteri. Karenanya, vaksin difteri ulangan sangat diwajibkan untuk Anda yang bekerja sebagai profesi ini.

  • Wartawan
wartawan
Wartawan

Sebagian jurnalis juga rentan terkena penyakit ini. Hal ini dikarenakan mereka kerap dikirim ke pedalaman, daerah kumuh, daerah rawan konflik, atau daerah lainnya yang rawan atau mungkin endemik difteri untuk kepentingan pencarian berita.

  • Anggota TNI atau Polri

Saat melaksanakan tugasnya, anggota TNI dan Polri berinteraksi dengan banyak orang. Belum lagi ketika ditugaskan ke pedalaman atau daerah rawan penyakit, salah satunya difteri.

  • Buruh pabrik

“Buruh pabrik bekerja dalam lingkungan yang lembap, dengan sirkulasi udara yang buruk. Jika di saat yang sama ada seorang pekerja yang mengalami difteri, orang-orang di sekitarnya berisiko tinggi untuk tertular,” jelas dr. Adeline.

Karenanya, buruh pabrik wajib vaksin difteri untuk melindungi sesama rekan kerja dan keluarga dari potensi penularan penyakit tersebut. Jadi, vaksin difteri wajib jika punya profesi yang membuat Anda harus berhubungan dengan banyak orang, bekerja di lingkungan yang berisiko, atau harus bekerja di pelosok seperti daerah endemik.

Jangan ragu untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mendapat vaksin difteri, ya!

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “Anda wajib vaksin disteri jika punya profesi ini”. 

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *