Bagaimana BG Dimata Pekerja Milenial ?

oleh -43 views
bagaimana BG dimata pekerja milenial

Selamat siang sobat belapendidikan.com, mumpung hari ini saya punya waktu senggang, saya akan menceritakan sedikit tentang opini yang akan saya tulis. Tema yang akan saya ulas nantinya yaitu bagaimana BG Dimata Pekerja Milenial. Untuk selengkapnya dapat kita lihat dalam artikel berikut.

BG Itu Apa ?

BG adalah salah satu perusahaan (PT) yang bergerak dibidang usaha dan jasa, BG singkatan dari Bringin Gigantara. PT Bringin Gigantara merupakan salah satu anak perusahaan Dana Pensiun BRI yang bergerak dibidang usaha Cash Management Services dan IT Business Solution yang beroperasi sejak tahun 1991.
(sumber : https://briit.co.id/website/profile.html)

Perusahaan ini sudah berlokasi hampir di seluruh Indonesia, kurang lebih ada 33 Kantor Cabang yang tersebar di tiap provinsi. Perusahaan ini memiliki layanan berupa IT Solutions, Cash Management, Maintenance, PMS ( Power Management System & LAN ( Local Area Network). Beberapa layanan diatas akan kami ulas satu persatu, yaitu sebagai berikut :

IT Solution

Beberapa layanan yang terdapat dalam IT Solution dapat dirincikan sebagai berikut,

  1. TCR ( Teller Cash Recycler )
  2. CRM ( Cash Recycling Machine )
  3. Mobile Interface ATM
  4. Card Issuing Kiosk
  5. Self Service Banking
  6. New Branch Solutions
  7. Perso Machine

Sumber : https://briit.co.id/website/itsolution.html

Cash Management

Cash management dapat dibagi menjadi 2 bagian, yakni Cash Replenishment Outsorce (CRO), dan Cash in Transit (CIT). 2 bagian itu mempunyai masing masing layanan tersendiri, yaitu dapat dijelaskan sebagai berikut :

CRO ( Cash Replenishment Outsorce)

Merupakan bagian layanan yang berkaitan dengan jasa, diantaranya

  • jasa Cash Processing dan Cash in Save, yaitu jasa penyortiran dan penghitungan uang dan penyimpanannya.
  • jasa ATM Cash Replenishment, yaitu jasa pengisian uang di mesin mesin ATM di lokasi yang telah ditentukan selama 24 Jam penuh.
  • jasa First Level Maintenance, yaitu jasa perawatan mesin ATM tingkat pertama, antara lain penggantian struk ATM. Pengambilan kartu ATM yang tersangkut dan tertelan.

CIT ( Cash in Transit )

Penghantaran atau pengambilan uang tunai rupiah atau valas antar cabang atau antar unit kerja.

Maintenance

Melayani berupa pemeliharaan perangkat E Channel antara lain : ATM, CDM, CRM, Hybrid Terminal, SSB Klosk, Edc, CCTV, Alarm system dan lain lain.

One Stop Shopping Maintenance untuk seluruh perangkat IT antara lain Server, PC, Notebook, Printer.

Perawatan peralatan infrastruktur seperti UPS, Genset, PMS (power management system) dan LAN (local area network).

Power Management System dan Local Area Network

Instalasi Power Management System dan Local Area Network meliputi pengaturan beban power listrik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Instalasi dan konfigurasi jaringan data. Rack Server & Outlet Data, Instalasi Fiber Optic atau Wireless sesuai dengan standar pemasangan dan kebutuhan Customer/Sistem.

Bagaimana BG Dimata Pekerja Milenial ?

bricash
Bricash

Saat ini banyak para pekerja PT BG yang berusia muda mulai dari umur 18 – hinga 25 tahun hampir diseluruh unit kerja BG diseluruh Indonesia, dalam ulasan kali ini, kita diminta untuk mencari tahu apakah BG sudah menjadi wadah yang tepat untuk para pekerja milenial ?

Jawaban nya adalah benar, Perusahaan yang bergerak di bidang usaha dan jasa ini sudah menjadi perusahaan yang sesuai untuk para pekerja milenial.

Di dalam nilai nilai perusahaan, ada poin yang berupa Kepuasan pelanggan, amanah dan berintegritas, apakah hal itu penting bagi kami sebagai pekerja yang berjiwa milenial ini ?

Menurut saya hal itu penting, dikarenakan perusahaan ini perusahaan dibidang usaha dan jasa penting untuk memberikan kepuasan bagi para pelanggan / konsumen / customer, selain memberikan kepuasan bagi para pelanggan kita sebagai pekerja milenial diharapkan tetap menunjung tinggi sifat amanah ( dapat dipercaya ), karna ketika orang lain percaya kepada kita, apapun pekerjaan yang kita kerjakan akan semakin mudah untuk dilakukan.

Berbicara mengenai integritas, sikap yang seperti itu harus dimiliki semua para pekerja milenial, bukan hanya pemimpin saja tapi seluruh karyawan, baik karyawan lama atau karyawan baru. Integritas yaitu suatu sikap yang teguh dalam mempertahankan prinsip, jujur, dan memiliki karakter yang kuat.

Untuk masukan dari saya pribadi, nilai nilai perusahaan yang disebutkan diatas harus tetap dipertahankan, karna hal itu sangat penting untuk kemajuan perusahaan, serta membentuk pribadi para pekerja milenial.

Sebagai Generasi Milenial, “Masih oke ngga sih peraturan perusahaan saat ini ? Lalu bagaimana seharusnya ?

Menurut saya sebagai generasi milenial, peraturan perusahaan saat ini masih sangat oke, untuk masukan yang mungkin dapat berguna di kemudian hari, perusahaan harus tetap menjalankan SOP seperti biasanya, dan harus ditingkatkan dengan lebih baik. Para pekerja milenial menyukai pekerjaan yang santai namun jangan juga melupakan peraturan “SOP” (Standar Operasional Prosedur) yang telah dibuat perusahaan.

Sebagai Generasi Milenial, “Bagaimana anda menyikapi 10 budaya kerja BG saat ini, dan bagaimana menurut anda budaya kerja yang cocok dan kekinian untuk BG ?

Saya sebagai salah satu pekerja generasi milenial sangat menyukai budaya kerja yang diterapkan oleh perusahaan saat ini, Menurut saya budaya kerja yang cocok dan kekinian untuk BG saat ini adalah budaya kerja pada poin no.4 pada buku panduan 10 budaya kerja PT BG. Dimana dalam poin tersebut berisi “Menyelenggarakan Dialog Secara Berkala Dengan Staf dan Bawahan Untuk Berbagi Informasi dan Memotivasi“.

Alasannya kenapa ? Karena zaman ini banyak sekali generasi milenial yang kurang beradaptasi terhadap sesamanya. Mereka sibuk dengan gadget mereka sendiri, maka dari itu perlunya penyelenggarakan dialog dengan staf dan bawahan untuk sharing informasi serta memberikan motivasi juga. Sebagai pekerja sangat penting beradaptasi sesama para pekerja, karna didalam perusahaan BG setiap pekerja adalah tim, penting untuk saling berkaitan satu sama lain dan bekerjasama.

Masih perlukah sikap komitmen pada perusahaan untuk anda yang milenial saat ini ? Mengapa demikian ?

Jika ditanya masih perlukah para pekerja milenial mempunyai sikap komitmen pada perusahaan ? Jawaban nya adalah perlu.

Alasannya adalah komitmen pada setiap karyawan sangat penting karena dengan suatu komitmen seorang karyawan dapat menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Biasanya karyawan yang memiliki sikap komitmen akan bekerja secara optimal sehingga dapat mencurahkan perhatian, pikiran, tenaga, dan waktunya untuk pekerjaannya.

Nah, itulah beberapa hal penting bagaimana BG dimata pekerja milenial. Kesimpulan yang dapat diambil adalah BG merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang usaha dan jasa, oleh sebab itu perlunya sikap komitmen para pekerja khususnya pekerja milenial terhadap perusahaan, dengan adanya sikap tersebut, pekerjaan yang dikerjakan akan menjadi lebih mudah. Perusahaan harus berperan penting dalam menciptakan suasana yang harmonis antar para pekerja.

Nama : Ahmad Andrian Fisabilillah
Jabatan : CPC
Unit Kerja : PT BG Kantor Layanan Jambi

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *