Bagaimana Hubungan Antara Korupsi dan Politik di Indonesia ?

oleh
Bagaimana hubungan politik dan korupsi
Bagaimana hubungan politik dan korupsi

web portal pendidikan – Selamat sore sobat belapendidikan. Kali ini saya akan membuat suatu artikel edukasi yang berhubungan antara korupsi dan politik di Indonesia. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saya sudah membahas tentang korupsi maupun politik (bisa baca artikel kami terdahulu). Nah untuk kali ini saya akan membuat suatu artikel yang berjudul “Bagaimana Hubungan Antara Korupsi dan Politik di Indonesia.Tanpa basa basi langsung saja akan saya jelaskan hubungan antara korupsi dan Politik tersebut.

KORUPSI DAN POLITIK ? KAWAN ATAU LAWAN ? HUBUNGANNYA APA ?

Korupsi telah lama menghiasi tatanan perpolitikan Indonesia. Ketika Orde Baru korupsi masih didominasi oleh pemerintah pusat dan ketika berada dalam alam reformasi korupsi telah berubah menjad milik banyak orang. Korupsi adalah tindakan kejahatan yang bisa memiskinkan Negara. Ia sama dengan kasus kerah putih lainnya. Korupsi adalah bahaya bagi ketahanan Negara karena ikut mereduksinya ekonomi Negara.

Dalam artian terbatas korupsi hanyalah terbatas pada persoalan skala besar tetapi sebenarnya korupsi bermakna luas yang mencakup pada keburukan, suka memberi dan menerima sogok, penyelewengan wewenang dan penggelapan uang. Ada juga korupsi waktu yang terlalu banyak mensia siakan kesempatan. Alasan fundamental mengapa korupsi selalu diartikan dalam skala makro adalah karena melihat pada besaran dampak atau efek yang dihasilkan oleh tindakan korupsi. Bahaya korupsi sebenarnya bukan hanya mengancam perekonomian tetapi menghilangnya moral sabagi sandaran nilai masyarakat.

Hubungan korupsi dan politik

Korupsi dan politik merupakan dua sahabat yang bisa berubah menjadi hubungan yang bisa berubah menjadi musuh. Dikatakan sahabat karena korupsi sangat penting untuk melanggengkan kekuasaan. Ketika penguasa merasa bahwa tidak cukup untuk mempertahankan tampuk kepemimpinan dengan cara yang bersih maka cara kotor pun mulai di tempuh. Konspirasi negative pun akan tercipta dan banyak orang yang lebih bekerja sama untuk kerja kotor ketimbang kerja bersih. Selain itu korupsi juga bisa memberikan keuntungan positif bagi politik ketika dana untuk membiayai operasional kerja semakin berkurang maka korupsi korupsi dijadikan pilihan jitu unutk menutupi kekurangan itu.

“Baca : Pengertian dan Upaya Pemberantasan Korupsi

Lalu kapan korupsi menjadi musuh politik? Korupsi bisa juga berbentuk kerja yang sistematik karena melibatkan banyak orang. Menciptakan system kerja dengan peranan perannan tertentu tetapi organisasi dalam konspirasi korupsi sangat fatal ketika seseorang terdeteksi oleh pihak berwenang. Satu jaringan terbongkar maka memungkinkan untuk terbongkarnya semua jaringan yang ada dalam organisasinya. Saat itu korupsi menkadi musuh yakni ketika memakan tuannya sendiri. Sehingga berlaku pribahasa senjata makan tuan.

Apapun tujuan korupsi, apakah untuk melanggengkan kekuasaan ataupun untuk diberikan pada seseorang atau lembaga sebagai tindakan amal, korupsi pada hakikatnya tidaklah dapat dibenarkan dengan alasan apapun. Prinsip moral adalah sesuatu yang baik tidak boleh berasal dari sesuatu yang buruk maka pemeran seperti Robin Hood tetaplah tidak bisa dibenarkan.

Benarkah Korupsi adalah Budaya???

Opini public telah menciptakan pergeseran terhadap pemaknaan budaya. Banyak yang berpendapat bahwa korupsi di Indonesia telah menjadi budaya. Penulis menilai bahwa pemikiran seperti itu adalah pengkhianatan besar terhadap budaya itu sendiri. Budaya adalah segala sesuatu yang baik, beretika, indah dan membantu kelancaran hidup manusia. Lantas apakah korupsi adalah budaya, sementara telah terang terangan berlawan dengan nilai  dan norma?

Publik sebaiknya harus kembali pada makna dasar budaya. Opini public boleh saja melihat korupsi adalah budaya karena merasa bahwa budaya telah terancam atau karena merupakan klimaks dari akumulasi kebosanan pada apa yang dilihat. Tetapi sebaiknya kita harus tetap menjaga budaya kita dengan tidak secara serampangan membuat penafsiran yang dapaat menelantarkan makna dasar budaya.

“Baca : Hubungan Ilmu Politik dengan Ilmu Lainnya

Korupsi kita telah berubah menjadi kebiasaan dan telah menjadi tontonan kekinian yang membosankan. Masyarakat semakin muak dengan bualan actor politik karena ketika mereka berbicara maka itu adalah pintu pembuka bagi terciptanya kebohongan lain. Karena biasa maka beban ketika terlibat dalam tindakan korupsi semakin berkurang. Inilah masalah Indonesia yaitu melembaganya pemikiran yang rendahnya beban akibat tindakan kesalahan kolektif. Karena itu maka hampir semua pemimpin daerah dan anggota legislative bersama sama melakukan tiundakan yang membahayakan Negara.

Sebelum Negara jatuh pada batasan terendah sebaiknya harus ada komitmen besar dari pemimpin untuk membersihkan Negara ini dari dosa dosa politik seperti korupsi. Dengan semakin berkurangnya korupsi maka politik kita akan semakin bersih. Pemimpin adalah topangan terkuat bangsa melalui kebijakan dan terobosan besar. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah salah satu jalan dan masih banyak jalan lain ke Roma. (fredrikus)

Nah, itulah penjelasan dari Korupsi dan Politik. Ada Kesamaan antara Korupsi dan Politik ini. Hubungan antara korupsi dan politik di Indonesia sudah sangat erat apalagi pasca orde baru. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel edukasi kita yang satu ini.

Terima kasih sudah membaca artikel kita yang berjudul “Bagaimana Hubungan Antara Korupsi dan Politik di Indonesia.” Nantikan artikel artikel edukasi lainnya dari kami. Saya admin dari Jurnaliscun.net undur diri. Wassalamualaikum Wr. Wb.

JURNALISCUN TAGS

Hubungan Antara Korupsi dan Politik itu ?
Bagaimana Hubungan Korupsi dan Politik di Indonesia ?
Apa Hubungan dari Korupsi dan Politik di Indonesia ?
Korupsi dan Politik, Lawan atau Kawan ?
Apa kaitannya Korupsi dan Politik ?

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.