Web portal pendidikan – Selamat siang teman teman semua, tema kita pada hari ini yaitu bagaimana membangun pribadi yang percaya diri itu ? Untuk lebih jelasnya, akan kita ulas dalam artikel kali ini.

Bagaimana Membangun Pribadi yang Percaya Diri

Barangkali, banyak di antara kalian yang mengalami grogi atau kurang percaya diri ketika pertama kali tampil di hadapan audiens, misalnya saat memerankan drama atau mempresentasikan laporan.

Grogi atau kurang percaya diri akan bisa diatasi jika kalian melakukan persiapan yang matang sebelum tampil. Selain itu, juga berdoa kepada Tuhan agar dapat tampil dengan baik. Jika dua hal tersebut kamu lakukan, ditambah intensitas tampilan maka kamu akan semakin percaya diri tampil di depan audiens.

Dalam artikel ini kita akan menganalisa segala sesuatu yang akan membangun pribadi yang percaya diri. Misalnya seperti menganalisis dan menanggapi isi laporan, untuk lebih jelasnya dapat kita lihat sebagai berikut.

A. Menganalisis dan Menanggapi Isi Laporan

Pernahkah kalian melakukan kegiatan misalnya seperti, kalian mengunjungi museum, mengunjungi sentra batik, mengamati proses pembuatan tahu, atau melihat proses pembuatan buku ? Kalian dapat melakukan hal tersebut melalui kegiatan studi wisata.

Setelah selesai melakukan pengamatan, siswa akan diminta menyusun laporan kunjungan. Apakah kalian pernah menyusun laporan kunjungan atau melihat bentuk laporan kunjungan ? Apa saja unsur sebuah laporan ? Bagaimana sistematika penulisannya ? Bagaimana bahasa yang digunakan dalam penyusunan laporan ? dan Bagaimana langkah langkah menyusun laporan ?

Semua jawaban pertanyaan tersebut akan kalian temukan setelah kalian mengikuti serangkaian kegiatan pada pembelajaran kali ini. Oleh karena itu, simak terus perjalanan artikel ini lebih lanjut.

Dalam membangun pribadi yang percaya diri dibutuhkan strategi yang mumpuni, mulai dari membuat laporan yang akan dipersentasikan dan mempersiapkan diri dengan latihan latihan berbicara lisan apa yang ada didalam laporan tersebut. Sebelum kita melangkah jauh, alangkah baiknya kita akan bahas sedikit tentang laporan.

Pengertian Laporan

Apa yang dimaksud laporan ? Laporan adalah karya tulis yang berisi gambaran tentang peristiwa, keadaan dan lain lain yang diamati. Sebuah laporan disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban karena seseorang telah melakukan kegiatan tertentu dan sebagai bukti faktual dilakukannya suatu kegiatan.

Menyimpulkan Pokok Pokok Isi Laporan

Pembelajaran ini adalah pembelajaran menyimak. Oleh karena itu, kalian diharapkan dapat memahami informasi yang disampaikan dalam laporan yang akan dibacakan nanti. Isi laporan seperti halnya sebuah berita, dapat kalian identifikasi melalui pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana yang disingkat dengan rumus 5W + 1H.

Menganalisis Laporan

Pada pembelajaran ini, kalian juga diharapkan dapat menganalisis laporan. Apa yang dimaksud menganalisis ? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan menganalisis mencakup kegiatan :

  1. Menyelidiki suatu hal
  2. Menguraikan suatu pokok masalah tentang suatu hal
  3. Menjabarkan suatu masalah yang dikaji
  4. Memecahkan suatu masalah yang ditemukan

Jadi, dalam menganalisis suatu laporan, terdapat aspek evaluasi penilaian. Sebagai contoh, kalian dapat menganalisis aspek struktur laporan, isi, bahasa dan sebagainya. Kemudian kalian menilai aspek aspek tersebut.

Setelah kita memahami bentuk laporan dan menganalisa laporan, kita diharapkan bisa lebih fokus untuk membangun pribadi yang percaya diri dengan menyampaikan isi laporan secara lisan. Untuk dapat melakukan hal itu, sebaiknya kamu harus tahu dulu metode yang digunakan. Berikut akan kami jelaskan.

B. Menyampaikan laporan secara lisan dengan Bahasa yang Baik dan Benar

Pada poin diatas kalian telah belajar bagaimana menganalisis laporan. Nah, kali ini kalian akan belajar menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar. Diharapkan setelah mempelajari materi ini, kalian akan dapat menjelaskan kembali isi laporan secara runtut  dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, sehingga bisa menciptakan pribadi yang santun dan pribadi yang percaya diri.

Metode Menyampaikan Laporan Secara Lisan

Menyampaikan laporan dapat dilakukan dengan dua cara (metode), yaitu secara tertulis dan lisan. Melaporkan secara tertulis dilakukan dengan cara menuliskan laporan tersebut berdasarkan struktur laporan. Melaporkan secara lisan dilakukan secara lisan atau diucap.

Metode menyampaikan laporan secara lisan dapat dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu teknik membaca, teknik menghafal, teknik serta merta dan teknik out line.

Jujur Dalam Menyampaikan Laporan

Menyampaikan laporan adalah bentuk sikap tanggung jawab dalam melakukan kegiatan. Apa pun kegiatan yang kita lakukan, tentu saja harus dipertanggungjawabkan kepada siapa yang memberi tugas tersebut.

Ketika menyampaikan laporan, seseorang dituntut untuk bersikap jujur. Jujur adalah sikap menyampaikan laporan dengan apa adanya, tidak direkayasa dan tidak dimanipulasi. Ingat ya, sebuah laporan bukan sekedar dipertanggungjawabkan kepada pemberi tugas, namun kelak juga dimintai pertanggungjawaban oleh Tuhan.

Menyampaikan Laporan Dengan Percaya Diri

Sikap membangun pribadi yang percaya diri diperlukan ketika menyampaikan laporan. Ada beberapa faktor yang memengaruhi sikap percaya diri seseorang dalam menyampaikan laporan.

a. Kesiapan

Agar dapat tampil percaya diri, persiapkan segala hal yang diperlukan dalam menyampaikan isi laporan, terutama bahan atau data data yang akan dilaporkan.

b. Kejujuran

Selalu berusaha untuk jujur dalam menyampaikan isi laporan, agar dapat tampil lebih percaya diri.

c. Penampilan

Perhatikan penampilan kalian sebelum menyampaikan isi laporan di depan audiens. Penampilan yang baik adalah penampilan yang sederhana, tidak berlebihan namun berwibawa dan sopan.

Menurut kalian, dari poin diatas apakah sudah ditarik kesimpulan dalam membangun pribadi yang percaya diri ? Sebagai makhluk sosial kita dituntut untuk percaya diri menghadapi situasi apapun.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com