Web portal pendidikan – Selamat siang sobat belapendidikan, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas artikel mengenai iklan online. Sobat belapendidikan sudahkah melakukan iklan online ? Namun konversi masih rendah ? Mungkin beberapa tips kali ini dapat memperbaiki masalah tersebut.

Sudah Melakukan Iklan Online Namun Konversi Masih Rendah ? Kamu Harus Perbaiki Hal ini


Tahukah kamu kalau tampilan website memiliki peran penting dalam meningkatkan konversi? Mirisnya, cukup banyak digital marketer yang kurang mengetahui hal ini sehingga hasil yang didapatkan pun jauh dari kata memuaskan.

Lantas, apa yang menyebabkan konversi rendah?

Beberapa hal yang membuat konversi rendah adalah tampilan website yang kurang friendly, halaman landing page bermasalah, dan Call to Action (CTA) berantakan sehingga membuat pengunjung tidak nyaman. Alhasil, konversi pun rendah.

Selain beberapa penyebab tersebut, ada penyebab lain yang juga turut memengaruhi tingkat konversi, di antaranya:

  • Website Tidak Teroptimasi Mobile

Saat ini, kebanyakan orang mengakses informasi melalui ponsel. Jika kamu gagal memberikan pengalaman yang baik pada pengunjung ketika diakses menggunakan ponsel, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat konversi website.

  • Waktu Loading Lambat

Di era digital ini, kecepatan akses adalah salah satu hal yang penting. Website dengan waktu loading yang lambat cenderung ditinggalkan oleh banyak pengunjung. Biasanya, loading yang lambat ini disebabkan oleh ukuran gambar yang terlalu besar atau terlalu banyak.

  • Terlalu Banyak Informasi

Salah satu alasan yang membuat pengunjung cepat bosan adalah informasi yang terlalu banyak. Orang – orang mengharapkan isi website yang mudah dan simpel. Termasuk saat kamu membuat formulir isian.

Pentingnya Konten Copywriting dan Tips Meningkatkan Konversi Website


Untuk meningkatkan konversi website diperlukan konten copywriting. Mengapa? Karena konten ini dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa, meningkatkan citra perusahaan, dan menciptakan kesadaran merek.

Tanpa konten copywriting sangat sulit meningkatkan konversi. Pasalnya, konten copywriting berbeda dengan artikel biasa. Konten copywriting haruslah “menggigit” dan mampu memicu ketertarikan pembeli dengan produk yang ditawarkan.

Selain menggunakan konten copywriting, sangat penting untuk memperhatikan sejumlah hal yang memengaruhi tinggi rendahnya konversi. Apa saja?

Adapun beberapa hal yang wajib kamu perhatikan untuk meningkatkan konversi website, antara lain sebagai berikut.


  • Pastikan kamu mengecek landing page website melalui ponsel sebelum memublikasikannya. Periksa bagaimana tampilan akhirnya, mulai dari ukuran huruf, gambar, hingga flow.
  • Kurangi distraksi pada website. Pada bagian landing page, hapus bagian navigasi bar atau menu dan hyperlink pada ikon logo. Dengan begitu, pengunjung hanya akan fokus pada isi di landing page.
  • Untuk mencegah pengunjung merasa bingung, gunakan teks yang sama pada tombol CTA.  Dengan cara ini, pengunjung juga akan fokus pada hal yang kamu tawarkan.
  • Pastikan website teroptimasi mobile. Pastikan juga tampilannya menarik.
  • Gunakan keyword headline yang tepat, yang membuat orang merasa penasaran dan tertarik. Keyword headline harus mencakup kata yang mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. Pilih headline yang simple dan mudah dipahami.
  • Tampilkan benefit, testimoni, dan bukti Sosial. Hal ini sangat penting karena dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung.
  • Sisihkan bagian pengisi agar pengunjung hanya fokus pada penawaran dan bagian penting landing page. Tampilan yang sederhana akan membuat pengunjung lebih mudah menemukan informasi yang perlu mereka ketahui.
  • Buat desain yang menarik, mengingat sebagian besar orang adalah makhluk visual. Pastikan website Anda memiliki ciri khas dan dipersonalisasi sesuai dengan audiens yang ditargetkan.
  • Kurangi penggunaan banyak jenis huruf. Pilih warna huruf yang tepat, sesuai brand image dan sisakan blank space pada desain website yang dibuat.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara meningkatkan konversi website yang dapat kamu coba! Yuk, bagikan informasi ini!

Baca juga :

Author : Jane Indonesian Writer
Penyunting : Tim Belapendidikan

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “sudah melakukan iklan online, namun konversi masih rendah? mungkin kamu harus memperbaiki hal ini”.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com