Beberapa Motivasi Agar Menulis Tak Luntur

0
271
Motivasi untuk kita semua agar menulis tidak luntur

Web portal pendidikan – Selamat pagi sob, dihari minggu seperti ini alangkah baiknya kita buat postingan yang memacu semangat. Kali ini saya ingin buat suatu tema tentang motivasi agar menulis tak luntur. Untuk lebih lengkapnya dapat kamu simak dalam artikel berikut ini.

Beberapa Motivasi Agar Menulis Tak Luntur

Siapa bilang menulis tidak butuh motivasi. Dengan adanya motivasi, semangat dalam menulis pasti akan ada. Motivasi mendukung suatu mood manusia untuk bagaimana menciptakan suatu hasil yang positif. Misalnya penulis, jika ia punya mood yang bagus pasti tulisan yang akan dibuat juga nantinya bagus, enak dibaca, dan terstruktur dengan baik.

Alasan kenapa saya membuat tema motivasi dikarenakan banyak sekali penulis yang mengeluhkan pekerjaan nya sebagai penulis. Ada yang bilang menulis itu cape, tidak ada hasil yang memuaskan, ada juga yang bilang buang buang waktu. Nah oleh sebab itulah mengapa saya membuat suatu tema tentang motivasi dalam menulis.

Ada Sekitar 9 Motivasi yang harus kamu ketahui, agar semangat kamu dalam menulis tidak luntur atau bahkan hilang. Dapat saya rincikan sebagai berikut.

1. Penulis yang Baik Adalah Dengan Tidak Berhenti Menulis
Penulis yang baik tidak akan berhenti menulis
Penulis yang baik tidak akan berhenti menulis

Penulis yang baik itu adalah penulis yang tidak berhenti dalam kegiatan menulisnya, karena dengan menulis rutin akan membuat wawasan kamu tambah luas, jadi jika ingin membuat suatu tulisan lainnya esok hari kita sudah punya wawasan tentang apa yang mau dibahas.

Dengan tidak berhentinya menulis, itu akan membuat kamu lebih terampil dalam menulis. Membuat suatu keterampilan menulis itu sulit loh, jadi saran saya ketika kamu mulai jenuh, jangan sekali sekali untuk berhenti menulis. Jika kamu sudah punya jadwal menulis, ikuti saja jadwal tersebut. Jika merasa jenuh mungkin kamu bisa istirahat sebentar dan membaca referensi lain di internet.

2. Semua penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi sepanjang masa, Kutipan dari (Ali bin Abi Thalib)
semua penulis akan meninggal, namun karyanya masih tetap ada
Semua Penulis Akan Meninggal, Namun Karyanya Akan Tetap Ada

Ingat ya sob, semua manusia itu pasti akan mati, penulis juga manusia, dia hidup dan juga bisa mati. Jadi, untuk mengingat kamu sebagai seorang penulis ya pasti lewat karya yang sudah pernah ia buat.

Buat kamu yang hobi menulis, maka buatlah sebanyak banyaknya karya yang bermanfaat, karya yang buat orang lain suka dan tertarik untuk membacanya. Karna itu akan membahagiakan dirimu di akhirat nanti.

3. Orang Boleh Pandai Setinggi Langit, Tapi Selama Ia Tidak Menulis Ia Tidak Berguna, Kutipan by (Pramoedya Ananta Toer)
Orang pandai tak ada gunanya jika tak membuat karya
Orang pandai tak ada gunanya jika tak membuat karya

Mengapa saya bilang seperti itu ? Pandai untuk diri sendiri itu percuma, Walaupun kamu orang paling pintar se nomor 1 pun itu tidak ada gunanya jika kamu tidak membuat orang lain bahagia. Coba kita lihat sejenak, ada ga sih orang cerdas itu yang ga menciptakan buku ? dengan tidak menciptakan buku apakah kita tau orang itu cerdas ? ngga kan ? Orang akan menilai kita pandai (cerdas) jika orang lain membaca karya kita.

Cara yang pas bagi penulis untuk membuat orang lain bahagia adalah dengan menulis. Buat suatu karya yang bagus, mempunyai suatu nilai kehidupan didalamnya, pasti orang akan bahagia jika membacanya.

 4. Kalau Kamu Bukan Anak Raja, Maka Jadilah Penulis (Imam Gazali)
Kalau kamu bukan anak raja maka jadilah seorang penulis
Kalau kamu bukan anak raja maka jadilah seorang penulis

Pendapat dari ahli Imam Gazali ini pasti banyak mengundang pertanyaan, mengapa demikian ? Orang tidak akan bisa mengenal kamu kalau kamu bukan anak Raja, mungkin itu maksud dari penggalan pendapat dari Imam Gazali.

Orang tidak akan tahu siapa kamu jika kamu tidak ikut berpartisipasi dalam masyarakat. Orang tidak akan tahu siapa kamu kalo tidak muncul di media, dan orang juga tidak akan tahu siapa kamu kalo bukan kamu sendiri yang menciptakan sensasi.

Untuk membuat orang lain tahu siapa kamu ya salah satunya menjadi seorang penulis. Buat karya karya yang menarik minat baca bagi banyak orang niscaya orang akan mencari tahu siapa penulisnya.

5. Ilmu Bagaikan Binatang Buruan, dan Tali Pengikatnya Adalah Dengan Menulis, kutipan by (Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i)
Ilmu ibarat binatang buruan, menulis merupakan tali pengikatnya
Ilmu ibarat binatang buruan, menulis merupakan tali pengikatnya

Apa yang dimaksud dari poin diatas ? maksudnya yaitu jika kita punya ilmu kita harus menyimpannya dan mengasahnya. Jika kita biarkan saja tanpa melakukan apapun untuk menjaga ilmu itu, maka ilmu akan hilang dengan sendirinya.

Salah satu yang harus kamu lakukan untuk menjaga dan mengasah ilmu kamu ya dengan menulis. Dengan menulis kita akan berekspresi, menceritakan apapun yang kita ketahui, kita punya ilmu kita pasti punya wawasan. Tulis apapun yang kamu ketahui melalui tulisan, niscaya ilmu kamu tidak akan hilang. Lakukanlah dengan rutin untuk mengasah kemampuan kamu dalam menulis.

6. Jangan Pernah Menyakiti Hati Penulis Jika Tidak Ingin Masuk Dalam Karyanya

Kamu seorang penulis, kamu bisa menulis apapun yang kamu mau bahkan untuk orang yang pernah menyakitimu. Jika kamu tidak bisa meluapkannya dengan cara curhat lewat orang lain atau kerabat dekatmu, maka lakukanlah dengan melalui tulisan tulisan.

Baca : 5 Bentuk Kedisiplinan Menulis

Kamu bisa meluapkan kekesalan kamu kepada orang orang yang menyakitimu. Berharap orang tersebut membaca tulisanmu ya hahaa..

“Seribu meriam tidak membuat aku mundur dari peperangan, tapi satu ujung pena membuatku berpikir dua kali untuk melawan”

Sebait kalimat yang dibuat oleh Napoleon Bonaparte itu membuat kita berpikir dua kali untuk melawan seorang penulis. Karna mereka akan membuat hal yang lebih buruk untuk melawan kita, itu kedengarannya lebih sakit loh gays daripada ditembak atau ditusuk dari depan hahaa..

7. Sesuatu Akan Bertahan Lebih Lama Saat Diwariskan Lewat Buku
Sesuatu akan bertahan lama jika diwariskan dalam bentuk buku
Sesuatu akan bertahan lama jika diwariskan dalam bentuk buku

Bagaimana orang bisa tahu kamu itu siapa, apa pekerjaan kamu, apa yang selama ini kamu lakukan jika tidak ada biografinya ? Nah, salah satu langkah tepat yang harus dilakukan yaitu dengan menulis. Buat suatu karya tulis dan pastikan sudah termuat dalam buku.

Orang tidak akan tahu kamu kalau orang tersebut tidak membaca kan ? Nah, oleh sebab itu mari tulis karya yang membuat orang tertarik membacanya, dan lengkapi biografi kamu didalamnya.

8. Buku Harus Dijadikan Kapak Untuk Mencairkan Lautan Beku Dalam Diri, (Franz Kafka)
Buku harus menjadi kapak untuk mencairkan lautan beku dalam diri
Buku harus menjadi kapak untuk mencairkan lautan beku dalam diri

Kalian pasti bertanya tanya apa sih maksudnya ? salah satu motivasi agar menulis tidak luntur yaitu menjadikan buku sebagai pedoman kamu dalam hal apapun, baik pengetahuan, agama, kehidupan, moral dan etika.

Kamu tidak akan bisa pintar jika tidak pernah membaca kan ? Itulah mengapa orang tua jaman dulu sering berkata bahwa, “buku adalah jendela dunia.” Dengan membaca buku, hal yang sebelumnya kita tidak tau menjadi tau. Mulai dari sekarang ayo membaca.

9. Penulis Yang Baik Bukan Orang Yang Menciptakan Banyak Karya, Tetapi Membuat Suatu Karya Yang Berguna Bagi Penikmatnya
Penulis yang baik bukan dinilai dari seberapa banyak karyanya, namun karna karyanya berguna bagi banyak orang
Penulis yang baik bukan dinilai dari seberapa banyak karyanya, namun karna karyanya berguna bagi banyak orang

Buat apa kamu punya banyak karya kalau isi yang terkandung tidak berguna bagi orang banyak ? Gapapa punya sedikit asal itu bermanfaat bagi banyak orang. Karena dengan membuat hal yang bermanfaat, itu akan berguna bagi diri kita sendiri dan orang lain yang membacanya.

Apakah kamu tau, penulis ternama (terkenal) itu bukan karena karyanya yang banyak, tapi karna karya yang dibuat sangat memotivasi orang yang membacanya. Maka jangan sekali kali kamu menulis hal hal yang tidak berguna. Ingat ya, orang bisa menilai penulis hanya dengan membaca karyanya.

Nah, itulah beberapa motivasi dari saya agar semangat kalian dalam menulis tidak luntur. Yuk bantu sebarkan kepada banyak orang, karena dengan menulis kita jadi tahu, dengan menulis kita jadi pandai, dan dengan menulis kita jadi dikenal.

Sampai jumpa lain waktu gays, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengunjung belapendidikan.com. Silahkan isi komentar kamu dikolom yang tertera dibawah ini.

Penulis : Ahmad Andrian Fisabilillah
Email : Jurnaliscun@gmail.com

LEAVE A REPLY