sarana belajar online
Coba SimulasiProgram terbaru kami simulasi online UNBK Tingkat SMA/SMK

Benang Kusut Sistem Pendidikan Indonesia

Web portal pendidikan – Hai sob, sudah lama nih saya belum update artikel lagi, kali ini saya ingin buat suatu opini tentang sistem pendidikan kita. Judul yang akan saya angkat kali ini yaitu Benang kusut sistem pendidikan Indonesia. Untuk selengkapnya dapat kalian simak dalam artikel berikut ini.

Benang Kusut Sistem Pendidikan Indonesia

menurut Prof. H. Mahmud Yunus: Yang dimaksud pendidikan adalah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan rohani, serta akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi.

Bagaimana sistem pendidikan di indonesia, apakah sudah berhasil atau jalan di tempat ? Setiap periode pergantian kekuasaan atau peminpin sistem pendidikan di indonesia selalu berubah , mengapa,,,,?.

Mengapa anak didik siswa dibebankan tugas-tugas yang sangat menyita waktu bermain dan sosialisasi mereka, mengapa mereka harus menghabiskan waktu dari pagi sampai malam hari hanya untuk selalu di sekolah? efektifkah yang mereka lakukan?

Mengapa siswa harus mempelajari semua mata pelajaran yang ada walaupun dalam lingkungan kerja mereka hanya membutuhkan satu keahlian saja, Haruskah mereka mempelajari matematika, geografi, fisika, akuntansi, seni lukis, sosiologi secara keseluruhan?

Atau coba kita pikirkan,

mengapa Kuliah membutuhkan waktu lama kurang lebih 4 tahun? Apakah ke semua itu tidak menghabiskan banyak biaya dan waktu ?

Jawaban dari pertanyaan diatas yaitu Sistem pendidikan yang menyimpang. Harusnya, harusnya,,,,,dan harusnya siswa belajar dan memfokuskanuntuk satu bidang yang ditekuninya saja.

Sebenarnya dari tingkat SD anak didik sudah bisa di ketahui bakat serta minatnya, tidak harus menunggu tingkat SMU/SLTA. Sehingga kemampuan anak didik sudah sangat terasah untuk satu bidang saja.

Mungkin kita berfikir bahwa rasanya anak yang memiliki kemampuan di segala bidang sangatlah luar biasa tapi membuat anak tersebut menjadi tidak berguna.

Spesialisasi untuk bidang tertentu harus di tekankan pada anak didik. Mendidik anak bukan coba-coba, jangan berfikir membuat anak anda menjadi manusia dewa yang bisa melakukan apapun buat dia ahli dalam suatu bidang tertentu asah keahliannya.

Tujuan sekolah bukan membuat anak yang bisa di segala bidang yang ujung-ujungnya membuat anak tersiksa.

Tidak ada salahnya mencontoh negara-negara eropa seperti Finlandia dan Jerman yang menerapkan spesialisasi keahlian di bidang tertentu dari sejak dini. Bukan hanya itu saja mereka tidak pernah menggunakan ujian nasional seperti di negara kita.

Siswa lah yang menentukan apa yang mau di ujiankan atau soal-soal seperti apa yang siswa inginkan. Dengan kata lain siswalah yang menentukan kelulusan dan guru sebagai media untuk meningkatkan memampuannya. Hasilnya Finlandia menjadi negara teratas dalam sistem pendidikan.

Kalau begitu kapan kita seperti mereka,,,???????????

Berikan ulasan kamu di kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini. Beri kritik dan saran, baik itu dari sisi positif maupun negatifnya. Hasil dari komentar kamu akan kita diskusikan untuk menemukan solusi yang baik.

Terima kasih untuk teman teman yang sudah membaca opini yang saya buat kali ini, yaitu benang kusut sistem pendidikan Indonesia.

No Comments