sarana belajar online
Coba SimulasiProgram terbaru kami simulasi online UNBK Tingkat SMA/SMK

Bingung Memilih Kuliah atau Kerja Setelah Lulus Sekolah ?

Bingung memilih kuliah atau kerja setelah lulus sekolah – Kelulusan di jenjang sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah kejuruan membuat kita dihadapkan pilihan antara melanjutkan untuk menuntut ilmu di kuliah atau langsung bekerja? semua ada positifnya maupun juga negatifnya. Berikut ini akan kami jelaskan dan kami ulas dalam artikel kali ini.

Bingung Memilih Kuliah Atau Kerja Setelah Lulus Sekolah ?

Setelah lulus dari SMA maupun SMK biasanya akan ada beragam pilihan untuk kita pikirkan, kuliah atau kerja. Mungkin lulusan SMK akan lebih memilih bekerja, dan lulusan SMA akan kuliah. Tapi kenyataan itu tidak lagi menjadi hal mutlak jaman sekarang ini.

Jaman sekarang mencari pekerjaan itu bukan sekedar uang, tapi juga pengalaman. Jadi banyak yang kemudian memutuskan berkuliah sambil bekerja. Mereka mendapatkan pengalaman kerja juga sertifikat kelulusan dari universitas pada akhirnya.

Namun hal ini tidak selalu mudah, karena hal ini memecah fokus mereka, kuliah atau kerja. Hingga pada akhirnya hanya satu pilihan yang diambil.

Apapun yang kita putuskan nantinya itu akan menjadi tanggung jawab kita sendiri, karena setiap keputusan yang kita buat adalah konsekuensi bagi diri kita sendiri. Dan pada faktanya jaman sekarang mencari kerja itu susah, ada ribuan sarjana yang bekerja tidak pada bidangnya atau mirisnya malah menjadi pengangguran.

Hal ini juga disebabkan banyak perusahaan-perusahaan yang menerima pekerja yang sudah berpengalaman saja. Terlepas juga adalah rasa gengsi para lulusan universitas yang tinggi, rasa gengsi yang menyebabkan mereka menelan kenyataan pahit dimana ijasah mereka bahkan tidak akan berarti lagi.

Kebijaksanaan sangat diperlukan bagi teman-teman yang baru lulus, kebijaksanaan tentu adalah keseriusan dalam bidang yang akan mereka tempuh. Apabila mereka memutuskan untuk kuliah maka fokuslah pada study yang dipilih, meskipun tidak ada larangan jika teman-teman ingin kuliah sambil bekerja.

Namun hanya sebatas saran, baiknya teman-teman fokus kuliah. Jikalau memang ingin mandiri maka buatlah usaha, kembangkan diri dan kreatifitas yang teman-teman miliki untuk menghasilkan uang tambahan.

Baca : Manfaat Sosial Media Bagi Pelajar

Jaman sekarang ini mencari uang bisa lewat internet, media sosial terutama, maka teman-teman harus mengembangkan kreatifitas teman-teman. Bagi teman-teman yang memilih bekerja pun sama, harus fokus.

Fokus pada pekerjaan teman-teman, karena disitu teman-teman akan menghasilkan uang dan juga teman-teman memiliki pengalaman jika nantinya ingin pindah pekerjaan ataupun ingin kuliah.

Setiap pilihan tentu ada resiko dan konsekuensinya sendiri, hal itulah yang harus teman-teman pertimbangkan untuk melangkah maju. Agar teman-teman tidak berhenti ditengah jalan atau bahkan menyerah begitu saja.

Nah itulah sedikit ulasan dan saran bagi kamu yang bingung memilih kuliah atau kerja setelah lulus sekolah. Mudah mudahan artikel ini bisa menjadi referensi bagi teman teman nantinya.