Budaya Politik Menuju Masyarakat Madani

434
budaya politik menuju masyarakat madani
budaya politik menuju masyarakat madani dapat dilihat dari adat budayanya, faktor faktor penunjang dan ciri ciri dari masyarakatnya

web portal pendidikan Selamat siang sob, ketemu lagi nih sama saya, kali ini saya akan membuat suatu tulisan yang berkaitan dengan masyarakat madani. Judul artikel kali ini yaitu “Budaya Politik Menuju Masyarakat Madani.” Untuk lebih lengkap dapat kamu simak dalam artikel ini.

Sebelum kita menuju ke masyarakat madani nya, kalian harus ketahui dahulu konsep dari masyarakat madani sendiri. masyarakat madani, konsep ini adalah penerjemahan istilah dari konsep civil society yang pertama kali digulirkan oleh Dato seri anwar Ibrahim.

Konsep yang diajarkan oleh Dato Seri Anwar Ibrahim hendak menunjukkan bahwa masyarakat yang ideal adalah kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaaan maju. Lebih jelasnya yang dimaksudkan, masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur yang di asaskan terhadap prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara keleluasaan perorangan dengan kestabilan masyrakat.

Sedangkan Demokrasi sendiri berasal dari Bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat dan kratos ataupun kratein yang bisa diartikan sebagai pemerintahan berada di tangan rakyat. Demokrasi terbagi menjadi 2 yaitu, demokrasi dengan cara langsung dan demokrasi yang tidak langsung.

Demokrasi dengan cara langsung adalah sistem pemerintahan dimana rakyat dengan cara langsung turut dan dalam menetapkan garis-garis kebijakan pemerintahan yang baik dalam pembuatan undang-undang.

Sedangkan demokrasi tidak langsung adalah sistem demokrasi dimana tekad rakyat disalurkan melewati lembaga perwakilan rakyat, contohnya : Dewan Perwakilan Rakyat.

Budaya Politik Menuju Masyarakat Madani Dilihat dari Adat Politiknya

Adat politik adalah cara cara individu untuk berpikir, merasa, dan bertindak terhadap sistem politik dan tahap-bagian yang ada didalamnya, tergolong sikap atas peranan mereka sendiri di dalam sistem politik.

Adat politik juga adalah sistem kualitas dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat. Tetapi, setiap unsur masyarkat tidak sama adat politiknya, semacam antara masyarakat umum dengan para elitnya. sama juga di indonesia.

a. macam-macam adat demokrasi:

1).demokrasi konstitusional(demokrasi liberal)
2).demokrasi rakyat(proletar)

b. berdasarkan titik perhatiannya adat demokrasi ada 3,yaitu :

1).demokrasi formal
2).demokrasi material
3).demokrasi perpaduan

Pengertian Masyarakat Madani ( Atau Civil Society )

Civic society diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan sebutan masyarakat sipil atau sering disebut masyarakat madani. Kata madani berasal dari kata Madinah, yaitu sebuah kota tempat hijrah Nabi Muhammad SAW. Madinah berasal dari kata “madaniyah” yang berarti peradaban. Oleh sebab itu masyarakat madani berarti masyarakat yang beradap.

Masyarakat madani adalah sebuah tatanan masyarakat sipil (civil society) yang mandiri dan demokratis, masyarakat madani lahir dari proses persamaan asas demokrasi, hubungan keduanya ibarat ikan dengan air. Pada bahasan kali ini mengulas mengenai masyarakat madani yang umumnya dikenal dengan istilah masyarakat sipil (civil society).

Pengertiannya, ciri-cirinya, sejarah pemikiran, karakter dan bacaan masyarakat sipil di Barat dan di Indonesia dan unsur-unsu yang adar di dalamnya.

Di bawah ini adalah beberapa definisi masyarakat madani :
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi norma, kualitas-kualitas, dan hukum yang ditopang oleh penguasaan teknologi yang beradab, iman dan ilmu.
  • Menurut Syamsudin Haris, masyarakat madani adalah sebuahlingkup interaksi sosial yang berada di luar pengaaruh negara dan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling bersahabat semacam keluarga, asosiasi sukarela, gerakan kemasyarakatan dan beberapa bentuk lingkungan komunikasi antar warga masyarakat.
  • Menurut Nurcholis Madjid, masyarakat madani adalah masyarakat yang merujuk pada masyarakat Islam yang sempat dibangun Nabi Muhammad SAW di Madinah, sebagai masyarakat kota dan masyarakat berperadaban dengan ciri antara lain : egaliteran (kesederajatan), menghargai prestasi, keterbukaan, toleransi dan musyawarah.
  • Menurut Ernest Gellner, Civil Society atau Masyarakat Madani yang merujuk pada mayarakat yang terdiri atas beberapa institusi non pemerintah yang otonom dan lumayan kuat untuk bisa mengimbangi Negara.
  • Menurut Cohen dan Arato, Civil Society atau masyarakat Madani adalah sebuah wilayah interaksi sosial diantara wilayah ekonomi, politik dan Negara yang didalamnya termasuk semua kelompok kelompok sosial yang bekerjasama membangun ikatan-ikatan sosial diluar lembaga resmi, menggalang solidaritas kemanusiaan, dan mengejar kebaikan bersama (public good).
  • Menurut Muhammad AS Hikam, CS alias MM adalah wilayah-wilayah kenasiban sosial yang terorganisasi dan bercirikan antara lain kesukarelaan (voluntary), keswasembadaan (self-generating), keswadayaan (self-supporing),dan kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara, dan keterikatan dengan norma-norma dan kualitas-kualitas hukum yang diikuti oleh warganya.

1 KOMENTAR

  1. yunita asmiranda

    kapan ya masyarakat indonesia menjadi masyarakat madani, msyarakat yang sejahtera di segala bidang, baik itu ekonomi maupun lainnya