Calistung Permainan Asyik Bagi Anak

oleh -222 views
calistung metode belajar membaca menulis dan berhitung
calistung metode belajar membaca menulis dan berhitung

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, kali ini mimin akan berikan materi edukasi dengan judul “Calistung Permainan Asyik Bagi Anak“. Untuk lengkapnya dapat kita ulas dalam artikel kali ini.

Apa itu Calistung ?


Metode calistung membuat anak sulit dalam menerima dan menyerap apa yang sudah disampaikan. Merasa dengan metode calistung anak digiring untuk bisa.

CALISTUNG (membaca menulis berhitung) merupakan suatu metode dasar untuk mengenal huruf dan angka, Dalam mengenalkan huruf dan angka untuk anak usia dini bisa sangat menyenangkan.

Metode calistung yaitu suatu cara untuk mengenal huruf & angka pada anak usia dini. Usia dini adalah suatu masa keemasan bagi seorang anak dimana anak akan berkembang dengan maksimal. Apapun yang didengar oleh anak akan ditangkap dengan baik.

Padahal Secara teoritis bermain dalam masa golden age juga merupakan pembelajaran bagi anak. Jangan batasi anak dalam berekspresi, eksplorasi dan kreativitas sesuai dengan mood anak.

Bahkan jika cara calistung tidak bisa sesuai harapan, anak akan menjadi bahan luapan emosi pendidik. Sehingga belajar anak tidak akan merasa nyaman serta akan mengganggu dalam aspek perkembangan anak

Ayah dan Bunda sangat ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar, bisa membaca, menulis dan berhitung. Padahal anak usia dini harusnya tidak dikekang dengan harus membaca, menulis dan berhitung.

Para bunda dan ayah banyak beranggapan bahwa program calistung akan lebih berguna dari pada anak yang tidak bisa calistung.  Padahal itu sebaliknya, anak yang akan belajar dengan calistung akan memberikan dampak kemalasan kepada anak. 

Baca :

Karena didalam calistung, akan mewajibkan anak harus bisa belajar menulis dan berhitung. Bagi AUD (Anak Usia Dini) harusnya dengan belajar sambil bermain, karena pada dasarnya anak akan menerima pengetahuan dari bermain.

Bermain Sambil Belajar


Bermain sambil belajar merupakan cara yang bagus untuk anak usia dini. Melalui bermain anak akan mudah mengembangkan berbagai aspek aspek perkembangan.

Cara yang tepat dalam membaca bagi anak usia dini yaitu dengan memberikan benda-benda dan diberikan simbol-simbol pada benda-benda yang akan dilihat oleh anak. Dengan begitu akan menambah bahasa bagi anak dengan mengetahui benda-benda yang dilihatnya. 

Melukis memberikan anak gambaran yang masih kosong, dan anak akan mengambil pewarna untuk mewarnai gambar tersebut dengan kreatifitas anak sendiri.

 Berhitung bisa dilakukan dengan cara bermain lego, balok dan bermain mobil mobilan. Seperti contoh memberi pertanyaan seperti “Berapa roda yang ada di mobil” tentu anak akan menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan begitu anak akan belajar dengan cara mereka sendiri tanpa harus memaksakan dengan cara berhitung dibuku.

Selain bermain, bernyanyi pun dapat mengembangkan calistung bagi anak. Dalam bernyanyi anak bisa mengembangkan aspek bahasa serta dapat mengembangkan pelajaran berhitung bagi anak. Contohnya dengan menyanyikan angka angka dengan nada.

“Satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan
Siapa rajin bersekolah cari ilmu sampai dapat
Sungguh senang amat senang
Bangun pagi-pagi sungguh senang”

Dalam lirik lagu diatas bisa menjadi salah satu metode dalam mengembangkan pelajaran membaca dan menghitung anak. Dengan begitu anak akan belajar melalui nyanyian tersebut.

Anak akan bisa mengembangkan aspek-aspek dengan caranya sendiri. Dengan bernyanyi pun anak akan hafal tanpa membacanya. Ajaklah anak bernyanyi.

Maka dari itu para ayah dan bunda serta para guru yang ada di sekolahan, berikanlah kebebasan kepada anak untuk mendapatkan pengetahuan dengan metode calistung yang asyik dan menyenangkan bagi anak melalui cara bermain dan bernyanyi.

Dengan begitu anak akan mampu mengembangkan aspek- aspek perkembangannya. Berikanlah kenyamanan anak dalam belajar. Dalam bermain dan bernyanyi dapat memberikan kreativitas bagi anak dan juga mengembangkan imajinasi anak.

Kesimpulan :

Jadi bisa dikatakan memakai metode Calistung yang salah dapat membuat anak merasa tertekan karna unsur paksaan dari orang tua, hal itu pun juga bisa merusak psikis dan mental anak. Yang harus diperhatikan, jangan memaksakan anak sesuai dengan apa yang kita mau, tapi berikan mereka media untuk belajar dan mereka akan menyerap pelajaran itu dengan caranya sendiri

Penulis : Saadatul Muflichah
Revisi : Tim Belapendidikan.com

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Calistung Permainan Asyik Bagi Anak. Kamu bisa memberikan kritik dan saran melalui kolom komentar yang telah disediakan dibawah. Dan nantikan kembali artikel edukasi lainnya dari kami.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Seorang blogger amatir yang hobinya nulis, tidak terikat instansi apapun. Jika kamu mempunyai hobi yang sama, mari kita bangun situs ini lebih baik. Mencerdaskan seluruh pembaca adalah niat dan tujuan situs ini berdiri.