Cara Menambah Minat Baca

oleh
cara menambah minat baca
3 Cara untuk menambah minat dalam membaca

Web portal pendidikan – Bagaimana sih cara menambah minat baca itu ? Berikut ini saya akan memberikan tips jitu untuk menambah minat kamu dalam membaca. Silahkan simak ulasan yang akan kami berikan dalam artikel ini.

Cara Menambah Minat Baca

Membaca itu sangat penting. Setiap hari kita selalu bertemu dengan kalimat-kalimat, entah itu brosur dan poster yang biasa ditemui di sekitar jalan, ataupun hanya sebuah nama-nama kios.

Baca : Rahasia Cepat Belajar Bahasa Inggris

Banyak di antara kita ini yang memiliki minat baca yang tinggi, namun tidak jarang juga banyak orang-orang yang malas membaca. Untuk menambah minat baca, kita perlu beberapa cara, yaitu sebagai berikut :

1. Mencari Jenis Bacaan

mencari jenis bacaan
Salah satu faktor penting menambah minat baca yaitu mencari jenis bacaan yang disukai

Jenis bacaan terdiri dari dua macam, yaitu fiksi dan nonfiksi. Di fiksi sendiri, tercantum bermacam-macam genre yang menarik untuk kita baca, seperti genre fantasi, fiksi remaja, komedi, fiksi ilmiah, roman, dan kisah sejarah.

Jenis fiksi sendiri lebih terasa asik dan seru dibaca untuk menghibur diri, berbeda dengan jenis nonfiksi yang lebih merujuk ke suatu uraian fakta dan ilmu pengetahuan. Dengan adanya pilihan bacaan seperti ini, kita akan lebih mudah mencari jenis buku apa yang akan kita baca, bukan?

2. Memilih Bentuk Bacaan Dari Media Dan Sumber Apapun

Bentuk buku bacaan di jaman ini sudah semakin maju. Sudah tersedia juga berbagai macam buku yang berbentuk elekronik, atau biasa disebut e-book. Ada juga berbagai macam buku-buku bacaan yang sudah tersedia di toko buku.

Baca : 10 Salah Kaprah DalamMenggunakan Bahasa Indonesia

Kamu pasti sudah ada pilihan, bukan? Kita tinggal memilih, ingin membaca melalui media apa. Itu pun tergantung keinginan masing-masing individu.

3. Iringi Dengan Alunan Musik

iringi membaca dengan musik
Jika bosan, kamu bisa membaca dengan diiringi musik

Mungkin beberapa orang merasa terganggu bila ada suara lagu yang mengalun saat mereka membaca. Tapi apa salahnya bila kita mencobanya dengan memainkan alunan lagu klasik?

Misalnya lagu-lagu yang memiliki nada yang rendah, dan bermusik lembut. Sebaiknya jangan menggunakan lagu-lagu bermusik keras. Hal itu justru akan merusak konsentrasi membaca.

Baca : Ragam dan Fungsi Bahasa

Itu saja tips cara menambah minat baca dari saya, semoga dapat membantu kalian untuk menumbuhkan minat dalam baca. Terima kasih.

Penulis : Oisha Maureen
Email : Murtiaulia29@gmail.com
Web : http://oishamaureen.blogspot.co.id/

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.