Cara Mengatasi Writers Block

cara mengatasi writers block

Web portal pendidikan – Selamat sore sob, dihari yang cerah ini izinkan saya untuk mempublikasikan artikel pertama saya untuk situs belapendidikan.com. Dan artikel yang akan saya buat kali ini yaitu cara mengatasi writers block.

Apa Itu Writers Block ?

Sebagai seorang penulis ataupun orang yang hanya ingin menuangkan ide dipikirannya, tak jarang mereka mengalami writers block. Writes block bisa dibilang dengan berhentinya aktifitas menulis karena malas atau belum tau ingin melanjutkan kisah buatannya seperti apa. Nah, saya di sini akan memberikan sedikit saran bagi kalian yang mengalami masa writers block.

Cara Mengatasi Writers Block

1. Kumpulkanlah ide-ide

Yap. Sebelum mulai menulis cerita, mulailah dulu dengan mengumpulkan ide-ide yang ada di otakmu sebanyak banyaknya. Cari inspirasi dengan membaca buku buku, menghayal, menonton film sinetron, dan bisa juga diambil dari pengalaman pribadi.

2. Buatlah Kerangka Karangan

Setelah mengumpulkan banyak ide, langkah selanjutnya adalah membuat karangan cerita. Biasanya sebuah cerita meliputi; perkenalan, konflik,klimaks dan penyelesaian. Buatlah kerangka cerita yang menarik, lalu tulis di buku catatanmu.

3. Jangan Malas

Bila malas datang mendera, atau lelah sehabis mengerjakan suatu pekerjaan, janganlah berhenti menulis. Setidaknya, tulislah satu atau dua patah kata ketika memang merasa benar-benar lelah dan butuh istirahat. Bila masih tidak ada ide, sebaiknya istirahatlah lebih dulu, dinginkan pikiran. Tapi jangan terlalu lama, supaya kamu sendiri tidak lupa dengan naskah ceritamu.

Itulah 3 point yang wajib kamu lakukan jika terjadi writers block. Jika masalah tetap terjadi setelah mengikuti 3 poin diatas, sekiranya anda dapat membaca artikel kami sebagai berikut

Nah, itulah yang dapat kalian lakukan jika hal itu terjadi. Terima kasih sudah membaca artikelĀ cara mengatasi writers block. Kami sangat mengapresiasi kepada pengunjung yang bersedia untuk ikut berkomentar di bawah ini dengan menambahkan saran yang baik ataupun kritikan kritikan yang dapat membangun artikel ini menjadi lebih baik kedepannya.

Penulis : Oisha Maureen

About

Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.