Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat

258
cara meninggikan badan dengan cepat
Beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk meninggikan badan dengan cepat

Web portal pendidikan – Selamat sore sob, karena hari ini hari sabtu, admin akan posting artikel yang beda, bukan tentang materi pelajaran tapi tentang cara. Artikel kali ini admin beri judul “Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat.” Penasaran bagaimana cara nya ? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Cara Meninggikan Badan Dengan Cepat

Cara meninggikan badan saat ini sangat sering dicari oleh anak anak baik laki laki maupun perempuan yang masih dalam masa pertumbuhan. Kebanyakan dari mereka adalah yang memiliki masalah tinggi badan karena anak anak yang tidak tercukupi kebutuhan nutrisinya. Selain itu juga, kamu harus rajin olahraga jika ingin punya tubuh tinggi yang ideal.

Usaha lain yang bisa untuk kamu lakukan selain berolah raga adalah dengan mengonsumsi makanan sehat sebagai penunjang peninggi badan yang alami. Suplemen peninggi badan dibutuhkan jika semua usaha itu masih kurang. Namun, untuk cara meninggikan badan yang baik bisa kamu lakukan dengan beberapa cara berikut ini. yaitu.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami:

1. Susu

susu salah satu cara meninggikan badan
Susu kaya akan kalsium dan protein berguna untuk tinggi badan

Cara meninggikan badan yang pertama ini adalah dengan mengonsumsi susu secara rutin tiap harinya. Hal itu dikarenakan didalam susu mengandung kalsium, protein, vitamin D, dan kandungan mineral. Semua kandungan itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda, terutama pada bagian tulang.

Pertumbuhan tulang di pengaruhi oleh adanya kandungan berupa kalsium dan protein yang terdapat pada susu. Sedangkan untuk vitamin D sendiri yang terdapat didalam susu akan memaksimalkan penyerapan kalsium dari makanan yang kita makan masuk dalam tubuh.

Jadi, konsumsilah susu 2 atau 3 kali dalam sehari untuk memperoleh tinggi badan yang ideal. Khususnya susu yang mengandung tingginya kalsium.

2. Daging Ayam

daging ayam makanan kaya akan protein berguna untuk tinggi badan
Daging ayam kaya akan protein berguna untuk menunjang tinggi badan dan berat badan

Didalam daging ayam mengandung zat protein yang sangat tinggi, sama halnya dengan susu. Kandungan protein mmang sangat ber-pengaruh pada pertumbuhan tulang.

Jadi, jika ingin memperoleh tinggi badan yang ideal, kamu bisa mencoba mengonsumsi daging ayam secukupnya saja. Setidaknya dalam satu hari kamu harus mengonsumsi daging ayam kurang lebih “50 gram” jika ingin kebutuhan protein tercukupi.

Untuk mengonsumsi daging ayam, sebaiknya kamu mengolah daging ayam itu dengan cara di rebus ataupun di panggang. Hindarilah konsumsi daging ayam yang digoreng karena itu bisa meningkatkan lemak dan kalori pada daging ayam. Hal itu bisa membuat badan kamu menjadi lebih gemuk dan dapat beresiko mengalami obesitas.

3. Kedelai

kedelai kaya akan kalsium dan protein
Kedelai kaya akan kalsium dan protein berguna untuk tubuh

Cara meninggikan badan yang berikutnya adalah kamu harus mengonsumsi makanan dari bahan dasarnya kedelai. Makanan jenis ini misalnya susu kedelai, tempe dan tahu juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang.

Beberapa jenis makanan dari bahan dasar kedelai mempunyai kandungan protein, folate vitamin, dan kandungan yang berserat tinggi.

Kadar protein didalam makanan yang berbahan dasar kedelai dapat memicu pertumbuhan tulang sekaligus meningkatkan massa otot didalam tubuh kamu. Dengan begitu, tinggi badan kamu akan bertambah.

Yang harus dibutuhkan oleh tubuh per harinya untuk meningkatkan tinggi badan adalah kurang lebih 50 gram kedelai. Jadi, cukupilah kebutuhan kedelai jika kamu ingin badanmu bertambah tinggi.

4. Telur

Makanan yang tidak bisa kamu lewatkan adalah telur. Karena kandungan protein didalam telur itu sangat tinggi, sehingga telur berperan penting untuk pertumbuhan tinggi badan. Selain mengandung unsur protein yang tinggi, telur juga mengandung vitamin D dan juga kalcium sebagai nutrisi tulang dan massa otot.

Namun kamu harus perhatikan, bagian kuning telur mengandung lemak tinggi, sehingga kamu harus konsumsi bagian putih telurnya saja. Didalam putih telur mempunyai kandungan protein terbanyak dibandingkan kuning telur.

Agar tercukupi kebutuhan nutrisi tulang, maka konsumsi lah telur 3 sampai 4 telur setiap harinya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi tulangmu tercukupi, dan tinggi badan kamu juga bisa bertambah.

5. Oatmeal

oatmeal kaya akan kalsium
Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kalsium dan protein

Selain mengandung zat karbohidrat, oatmel juga mengandung unsur protein yang sangat tinggi dan berperan penting untuk pertumbuhan tulang. Mengonsumsi oatmel juga dapat menambah masa otot dan mendorong pertumbuhan tulangmu.

Bukan Cuma itu aja, Oatmeal juga ada kandungan asam amino yang berfungsi untuk meng “optimalkan” pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Termasuk juga dapat meninggikan badan.

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal untuk sarapan pagi dengan kadar kurang lebih 50 gram per harinya. Dan selain itu juga, konsumsi dengan rutin agar pertumbuhan tulangmu dapat bertambah.

6. Wortel

Meskipun manfaat wortel tidak bisa kamu rasakan secara langsung, tapi dengan mengonsumsi wortel ternyata bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tinggi badan.

Hal itu karena didalam wortel mengandung asupan vitamin “A” yang sangat tinggi. Kandungan tersebut berkhasiat dalam penyerapan calcium dari makanan yang masuk kedalam tubuh.

Hal itu juga membuat organ tubuh baik massa otot dan juga tulang akan memperoleh manfaat kalsium secara maksimal. Sehingga dapat membuat tinggi badan kamu bertambah.

7. Kacang-Kacangan

kacang kacangan kaya akan protein nabati
kacang kacangan kaya akan protein nabati

Kamu juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan demi memperoleh manfaat meninggikan badan secara alami. Di dalam kacang kacangan banyak mengandung nutrisi dan juga mineral.

Kedua kandungan itu bisa membantu dalam mendorong hormone pertumbuhan tubuh kamu. Sehingga tinggi badan kamu dapat bertambah secara alami pula.

Di dalam kacang kacangan terdapat kandungan zat asam lemak serta zat asam amino sehingga dapat memperbaiki sel sel didalam tubuh yang rusak. Sehingga sel tubuh yang rusak itu akan digantikan dengan jaringan sel baru. Anda bisa menambahkan menu oatmeal ini untuk program diet sehat yang kamu lakukan.

Baca juga : 6 Olahan ikan cocok untuk menu diet

8. Pisang

Cara meninggikan badan berikutnya juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi pisang secara rutin ataupun berkala. Karena didalam buah pisang mengandung potassium yang sangat tinggi. Selain mengandung potassium yang sangat tinggi, pisang juga mengandung nutrisi yang lain sebagai penunjang untuk peninggi badan, seperti:

  • Mengandung kalsium yang tinggi sehingga itu bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang kamu.
  • Di dalam buah pisang mengandung asupan potassium yang dapat memaksimalkan proses penyerapan calcium dari makanan yang kamu makan.
  • Buah pisang pun juga mengandung asupan mangan yang tinggi sehingga hal itu bisa menjaga kesehatan tulangmu. Kandungan tersebut pun juga bisa memaksimalkan proses metabolisme di dalam tubuhmu.

9. Kerang

kerang kaya akan protein hewani
Kerang kaya akan protein hewani berguna untuk pertumbuhan badan

Cara meninggikan badan berikutnya adalah dengan mengonsumsi kerang dengan kadar yang secukupnya. Di dalam kerang terdapat kandungan yang berkhasiat untuk penunjang tinggi badan. Kandungan tersebut adalah kandungan protein hewani.

Selain mengandung protein hewani sebagai peninggi badan secara alami, dengan mengonsumsi kerang secara rutin perhari juga dapat menambah kepadatan tulang kamu.

Sementara itu kandungan nutrisi lain didalam kerang juga bsa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan cara itu, kamu bisa memperoleh manfaat untuk meninggikan badan, kamu harus mengoonsumsi kurang lebih 1200 mg asupan kalsium per harinya.

10. Sayuran Berdaun Hijau

Kamu bisa mengonsumsi sayuran yang berdaun hijau sebagai cara meninggikan badan secara alami. Beberapa jenis dan macam sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi adalah brokoli, bayam, lobak dan okra yang dapat bermanfaat untuk meninggikan badan.

Baca juga : Manfaat Menakjubkan Sayuran Kembang Kol

Manfaat dari beberapa sayuran hijau tersebut ialah untuk meninggikan badan dan bisa anda ketahui dengan beberapa penjelasan berikut ini:

  • Sayur brokoli dapat membantu pertumbuhan tubuh bagian tulang karena didalamnya mengandung calcium. Di dalam sayur ini pun juga mengandung vitamin C dan zat besi yang dapat memaksimalkan penyerapan kalsium didalam tubuh. Dengan begitu, pertumbuhan tulang kamu bisa lebih maksimal dan tinggi badan juga bisa bertambah.
  • Sayur okra mengandung zat protein, karbohidrat, dan serat sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang kamu.
  • Untuk sayur lobak, juga mengandung nutrisi dan mineral, sehingga mampu untuk mendorong produksi hormon pertumbuhan tulang.
  • Sayur bayam mengandung banyak sekali nutrisi dan juga mineral sehingga mampu untuk mendorong produksi hormon pertumbuhan. Dengan hal itu, pertumbuhan tulang akan lebih maksimal dan tentunya kamu akan bertambah tinggi secara alamiah.

11. Yogurt

yogurt salah satu makanan kaya akan kalsium dan protein
Yogurt salah satu asupan makanan yang kaya akan kalsium dan protein

Cara meninggikan badan dengan yogurt juga sama dengan cara pada susu. Karena didalam yogurt mengandung unsur kalsium yang tinggi dan protein berperan sebagai pendorong pertumbuhan tulang. Di dalam yogurt juga mengandung vitamin baik itu vitamin A, B, D dan juga E sehingga dapat membantu dalam penyerapan kalsium dan nutrisi makanan yang masuk kedalam tubuh.

Terdapat kandungan probiotik juga didalam yogurt yg sangat tinggi. Kandungan bakteri baik ini pun juga bisa berfungsi untuk mempermudah dalam penyerapan kalsium di tubuh dari makanan yang kamu konsumsi. Kamu bisa mengonsumsi yogurt 2/3 mangkuk per hari agar tinggi badanmu dapat maksmial.

Penuhi Kebutuhan Protein Per Harinya

meninggikan badan memang sangat penting, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi. Hal itu karna didalam kandungan protein ada banyak sekali nutrisi khususnya untuk penunjang tinggi badan.

Anda juga bisa mengkonsumsi protein hewani dan nabati dari jenis makanan tertentu. Makanan yang bisa kamu knsumsi dapat dapat diambil kandungan proteinnya adalah:
– Ikan Tuna
– Daging Ayam
– Daging sapi
– Ikan Salmon
– Telur
– Sarden
– Bayam
– Keju
– Oatmeal
– Sayur Brokoli
– Kacang Hijau
– Kedelai

Cukupi Kebutuhan Vitamin D

Jika kamu ingin meninggikan badan, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Karena didalam vitamin D berguna untuk mempercepat proses penyerapan asupan kalsium didalam tubuh.

Asupan vitamin D juga memiliki peran yang penting dalam membentuk postur tulang dan menjadikan tulang kamu lebih sehat dan kuat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin “D” adalah:
– Ikan
– Susu Kedelai
– Kedelai
– Telur
– Sosis
– Kacang almond
– Jamur

Masih ada lagi banyak makanan yang mengandung vitamin D yang bisa untuk kamu konsumsi demi meninggikan badan.

Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Asupan calcium memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan. Hal ini dapat dilihat dari pemberian kalsium yang dilakukan sejak masih dalam kandungan. Tujuannya yaitu hanya ingin memenuhi kebutuhan nutrisi selama pertumbuhan janin didalam kandungan.

Namun kebutuhan itu juga harus tetap lanjut sampai pada usia remaja/dewasa. Kamu membutuhkan asupan calcium hingga kurang lebih 1000 mg per harinya jika kamu ingin pertumbuhan tinggi badanu lebih maksimal. Sehingga masalah pertama ketika seorang mengalami kekurangan calcium adalah terhambatnya prtumbuhan tulang dan juga dapat menimbulkan osteoporosis.

Sehingga, untuk mencukupi segala kebutuhan kalsium harian kamu, maka perlu mengonsumsi susu yang ber kalsium tinggi dan konsumsilah makanan seperti berikut.

  • Telur
  • Yoghurt
  • Pisang
  • Keju

Masih ada lagi banyak makanan yang bisa kamu gunakan sebagai sumber calcium harianmu. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, tentu ini akan berdampak baik pula terhadap pertumbuhan tulang yang kamu alami.

Lakukan Olahraga Renang Dengan Rutin

renang salah satu olahraga pertumbuhan tulang
Olahraga renang adalah salah satu olahraga untuk pertumbuhan tulang

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan tulang, kamu juga dapat melakukan beberapa olahraga yang bisa menunjang pertumbuhan tinggi badanmu. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan adalah renang. Selain bisa menjadikan tubuh lebih sehat, ternyata renang juga bisa menunjang tinggi badan.

Baca juga : Manfaat latihan kebugaran jasmani

Jadi, untuk mendukung terciptanya tinggi badan yang ideal, biasakan berenang menggunakan gaya apapun, bebas ataupun gaya dada. Lakukanlah olahraga ini setidaknya selama kurang lebih 30 menit per hari. Jika kamu tidak mempunyai waktu setiap harinya, kamu dapat melakukan olahraga renang secara rutin 3 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara meninggikan badan dengan cepat. Kamu harus lakukan poin poin diatas jika kamu ingin cepat meninggikan badan. Kritik dan saran kami harapkan dari pengunjung belapendidikan untuk membangun artikel ini lebih lanjut.

BAGIKAN
Berita sebelumya9 Cara Agar Jantung Sehat
Berita berikutnyaSisi Lain Media Sosial Dalam Literasi Masyarakat
Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

1 KOMENTAR

  1. yogo pangestu adiputra

    apakah cara diatas sudah 100% ampuh gan buat meninggikan badan dengan cepat ?

  2. kalo olahraga renang diganti dengan lari, loncat atau main skipping bisa ga min ? soalnya saya ga bisa berenang nih

    • bisa mas, olahraga untuk tinggi bukan cuma renang, tapi ada banyak yaitu lari, olahraga yang berkaitan dengan lari seperti futsal, bola kaki, joging. Olahraga skipping bisa, olahraga di trombolin bsa juga tuh. Terus di gym ada yang namanya pull up