Opini : Cerita Dibalik Suatu Artikel

Cerita dibalik suatu artikel

Web Portal Pendidikan – Jika biasanya penulis menceritakan atau menjelaskan tata cara bagaimana terbentuknya suatu artikel, disini akan diceritakan pula bagaimana proses terbentuknya suatu artikel dari seorang pemula (newbie) yang bahkan tidak mengerti tentang apa itu artikel.

Cerita Dibalik Suatu Artikel

Kalau teman – teman menganggap membuat artikel adalah hal yang paling mudah dilakukan dibanding membuat sebuah cerpen. Patut diacungi jempol, mungkin ini adalah keahlian teman –teman sekalian.

Jika semua ide dengan mudahnya mengalir tanpa henti bahkan ketika lelah sekalipun. Tapi membuat sebuah artikel ataupun sebuah tulisan adalah hal yang sangat menakutkan juga menyulitkan untuk saya. Nah yang sekarang dibuat ini bukannya artikel ya?.

Iya artikel tapi gak tau jenisnya apa?, sampai kepikiran membuat sebuah artikel gimana ceritanya?. Kalau sebagian orang mengawali membuat sebuah tulisan dengan tema yang wow.

Saya akan memulai membuat sebuah artikel diawali dengan sebuah kisah dibalik pembuatan artikel ini. Lepas benar atau tidaknya yang saya buat ini memang sebuah artikel.

Baca : Satu Artikel Yang Anda Kirim Membawa Sejuta Manfaat Bagi Pembaca

Diusia saya yang akan bertambah dalam waktu dekat, terpikirkan bahwa tidak ada satupun yang membuat saya merasa menjadi orang yang berguna atau bisa menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati bersama.

Hal ini mungkin dirasakan oleh hampir sebagian orang di masa hidupnya. Dulu, ketika masih sekolah menengah saya berpikir betapa hebatnya anak kuliah, terlihat begitu bebas tanpa ada aturan.

Namun ketika mengalaminya sendiri, memang bebas untuk melakukan segala hal tapi menimbulkan masalah baru. Masa perkuliahan yang bisa dikatakan masih seumur jagung, membuat kurangnya pengalaman dalam segala hal. Belum lagi saya bukan dari orang yang ber IQ tinggi dengan segudang prestasi.

Menjelang usia yang semakin bertambah, muncul sebuah pemikiran, hingga sampai saat ini masuk organisasi aja gak ada apalagi punya prestasi. Eh nanti malah sok – sok an pingin kerja dengan jam terbang dan gaji yang oke punya.

Belum lagi hidup masih dibiayai kedua orang tua, skill tak punya, uang apalagi yang masih meminta. Oleh karena itu melihat banyak sekali tulisan di internet yang merupakan artikel dengan beragam jenis membuat saya tertarik untuk membuatnya juga.

Apalah daya jangankan membuat suatu artkel bahkan tata tulis yang baik saja bahkan tidak pernah tau seperti apa. Okelah yang saya tau hanya sekedar beberapa tanda tulis seperti titik, koma, tanda kutip dan lainnya yang kapan digunakan secara umum. Namun hal ini tentu tidak cukup untuk membuat suatu artikel yang baik.

Pernah sekali membuat sebuah tulisan dan teman saya membaca hingga sesak napas, saya bingung apa yang terjadi. Alasannya simple namun menohok hati. Tidak ada tanda baca yang membuat ia harus berhenti. Aduh, ini ujian apa cobaan?, temen kok begitu banget yah.

Hal ini membuat saya mencoba mencari cara bagaimana membuat sebuah artikel yang baik dan benar. Dimodali dengan smartphone dan jaringan 4G. Saya mulai mencari jenis artikel dan hal – hal yang berhubungan. Hingga beberapa diantaranya saya pahami dimulai dengan menentukan tema, jenis dan lainnya yang ketika saya contohkan malah makin pusing dan tak pernah selesai.

Alasannya karena apa yang mau ditulis itu gak tau apa aja. Inilah akibat kalau yang kamu cari cuma berita yang kamu suka dan ciri – ciri orang yang kurang baca hingga ide aja sampai gak punya.

Namun semakin sulitnya hal ini, membuat saya semakin ingin tau seperti apa jika nanti suatu artikel bisa saya buat. Memang saya tidak terlalu berharap dengan artikel yang berkualitas tinggi. Minimal saya tau artikel itu apa dan saya dapat menyampaikannya dengan baik dan yang ingin saya sampaikan hanya bermodal sebuah tulisan.

Dari sinilah alasan saya ingin mencoba membuat artikel. Pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman ini yaitu:

  • Pendidikan seseorang kadang tidak menjamin seseorang bisa melakukan segala hal
  • Wajibnya membaca
  • Stay focus
  • Lakukan satu persatu jika tidak bisa sekaligus
  • Manajemen waktu dengan baik
  • Introspeksi diri dan juga doa
  • Hasil tak pernah menghianati usaha yang telah kamu lakukan

Terbukti dengan saya yang telah kuliah dan sekolah wajib 12 tahun bahkan tidak bisa mengerti cara membuat sebuah artikel yang baik dan benar bahkan hanya untuk mengerti penggunaan EYD saja.

Baca : Tips Menulis Artikel yang Baik

Membaca disini bukan berarti hanya membaca sebuah buku dengan lembaran yang super tebal, membaca bisa dilakukan dengan bentuk apa saja entah itu buku ataupun Koran dalam bentuk fisik atau bahkan dari dunia selancar juga papan reklame juga bisa dibaca jika ada tulisannya bukan?.

Membaca tidak hanya berguna untuk menambah informasi ataupun pengetahuan, hal ini juga memudahkan kita untuk mencari suatu ide atau menambah kosa kata bahasa untuk kamu yang mungkin mengalami kesulitan dalam mengungkapkan suatu hal.

Adalah mungkin ketika rajinnya membaca membuat kamu bisa menciptakan suatu hal yang berguna seperti ilmuawan lainnya. Nah ini adalah hal yang terkadang mudah untuk menghancurkan suatu keinginan tercapai dengan cepat. Apalagi jika masalah yang datang sudah menyangkut hati(loh kok….).

Yang pasti focus dibutuhkan tidak hanya ketika menuliskan artikel tapi juga ketika kamu mulai mencari ide untuk artikel yang akan kamu buat. Karena ketika focus kamu terbelah justru akan membuat kamu lupa apa tujuan awal kamu.

Maksudnya jika kamu adalah tipe orang yang tidak bisa melakukan beberapa hal dalam waktu yang sama, ada baiknya selesaikan satu persatu agar kamu tidak mengalami kepala yang tiba-tiba pusing berasa banyak banget semut di kepala.

Anggaplah itu yang saya rasakan karena tidak bisa mengatur apa yang harus didahulukan. Emang perlu ya?, perlu kalau menurut saya. Hal ini berasal dari pengalaman pribadi. Bukan berarti karena sibuk. Tapi di satu hari saja dari awal kamu bangun hingga kembali tidur.

Bukan hanya artikel toh yang kamu kerjakan tentu ada hal lainnya, entah itu hangout bareng temen atau si doi yang membuat kamu menunda nunda membuat suatu artikel. Belum lagi perubahan mood juga mempengaruhi artikel atau sebuah tulisan yang akan kamu buat.

Lah ini kok dibawa – bawa, ini sebenernya lebih kearah walaupun kamu sudah membaca dan membuat sebuah artikel tapi jangan terlalu mengikuti tulisan yang di artikel karena semuanya memiliki cara dan gaya yang berbeda termasuk juga kamu.

Apapun yang saya tulis dan para penulis lainnya tulis, jadikan sebagai acuan untuk membuat karakter dari tulisanmu sendiri. Dan sebuah usaha yang baik akan baik pula hasilnya dengan dibarengi doa yang tulus. Sehingga niat dan juga usaha dapat berjalan berbarengan serta dihubungkan oleh sebuah doa.

Saya sebenarnya tidak begitu yakin apakah pepatah itu sudah benar atau tidak letaknya. Tapi stidaknya itu hal yang saya dapatkan minimal saya berhasil membuat sebuah artikel seperti yang teman –teman baca saat ini.

Sesuai dengan banyaknya usaha yang saya buat hingga berhasil membuat suatu artikel yang sekarang masih saya coba pelajari apa jenisnya. Mungkin poin – poin diatas hanyalah pendapat pribadi saya yang baru saja membuat suatu artikel. Kamu bisa mencoba membuat artikel langsung di situs ini dengan mudah. Cara mencobanya langsung kunjungi link berikut Kirim Artikel

Dengan harapan teman – teman yang membaca terinspirasi dari susahnya saya membuat sebuah artikel. Maaf jika masih banyak sekali kesalahan baik yang sengaja maupun tidak disengaja. Saya hanya manusia biasa yang masih belajar cara kerja hidup di dunia.

Selamat membaca dan semoga menginspirasi.

Nah itulah sedikit ulasan dari cerita dibalik suatu artikel. Apakah pengalaman saya ini dapat menginspirasi teman teman sekalian ? Kritik dan saran yang membantu sangat saya harapkan yang sebesar besarnya. Agar saya bisa mendapatkan lebih banyak referensi lainnya.

About

Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.