Cinta Mu Menjadi Dambaan di Bulan Ramadhan

oleh -132 views
cinta mu menjadi dambaan di bulan ramadhan
cinta mu menjadi dambaan di bulan ramadhan

Web portal pendidikan – Selamat siang sobat belapendidikan. Kali ini ada artikel kiriman dari Indar Rizky dengan judul “cinta Mu menjadi dambaan di bulan Ramadhan.” Untuk lebih lanjut dapat kita simak ulasan artikel berikut ini.

Cinta Mu Menjadi Dambaan di Bulan Ramadhan

Dalam agama islam mengenal adanya bulan yang lebih utama dari bulan-bulan yang lain dalam satu tahun.

Bulan  ramadhan, nama yang menggambarkan bulan yang paling utama jika dibandingkan dengan bulan yang lainnya. Bulan dengan penuh rahmat dan ampunan, bulan dengan kebaikan dan pahala yang berkali-kali lipat, yang menjadikan bulan Ramadhan memiliki nilai lebih bagi umat muslim dunia.

Kehadiran bulan ramadhan menjadi penantian panjang bagi umat muslim. Banyak harapan dihaturkan agar diberikan kesempatan untuk bertemu denganya, dengan penuh rahmat-Mu.

Semua perilaku buruk serta kebiasaan tidak baik telah ditinggalkan semata-mata mengadah cinta-Mu. Sebuah kasih yang kami dambakan dalam suasana suci di bulan penuh berkah.

Berlatih menahan lapar dan dahaga merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim di bulan yang penuh berkah. Atas perintah-Mu kami umat muslim menahan lapar dan minum mulai dari terbit fajar hingga adzan maghrib berkumandang. Ikhlas berpuasa mengharap ridho-Mu.

Sisi Lain Berpuasa Bagi Kesehatan

Di sisi lain, puasa dalam dunia kesehatan sangat bagus bagi tubuh manusia. Pada saat berpuasa, tubuh manusia khususnya dalam sistem pencernaan akan beristirahat sebentar sehingga tidak terlalu kelelahan dalam mencerna makanan.

Shalat Tarawih juga menjadi kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim pada saat Bulan Ramadhan. Shalat sunah yang dilakukan setelah shalat isya dan dilanjutkan dengan shalat witir.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Kami umat muslim melaksanakan shalat sunah tarawih semata-mata mencari ridho-Mu. Selain itu, banyak manfaat yang didapatkan ketika melaksanakan shalat sunah tarawih.

Contohnya dapat menumbuhkan jiwa sosial dengan orang lain, karena apabila kita shalat tarawih berjamaah dimasjid sekitar tempat tinggal, kita juga dapat bersilaturahmi dengan tetangga-tetangga kita.

Tadarus Al-Quran menjadi amalan ibadah yang memiliki pahala yang berlipat ganda. Kaum muslim berlomba-lomba dalam meningkatkan amalan tadarus Al-Quran.

Dan bagi sebagian orang, dapat mengkhatamkan Al-Quran beberapa kali selama bulan Ramadhan menjadi sebuah kebanggapan tersendiri dengan penuh harap Ridho-Mu menyertai.

Bagi kaum remaja dan anak-anak, bulan Ramadhan memiliki suatu kesenangan tersendiri. Yang mana mereka anak-anak dapat menyalurkan hobinya dalam bidang musik yang biasa disebut degan ‘tong-tek’.

Kegiatan dengan tujuan membangunkan orang sahur tersebut cukup menjadi hiburan bagi mereka. Terlebih bagi masyarakat yang merasa diuntungkan karena dengan adanya kegiatan tersebut, mereka tidak perlu khawatir terlambat dalam menunaikan sahur. .

Dengan segala keutamaan yang menjadikan bulan Ramadhan memiliki nilai special bagi umat muslim, maka tidak heran jika banyak persiapan dalam menyambut bulan penuh berkah tersebut.

Apa Saja Tradisi yang ada di Indonesia Untuk Menyambut Bulan Ramadhan ?

Hal tersebut menimbulkan beberapa tradisi di berbagai daerah Indonesia dalam rangka menyambut bulan Ramadhan di setiap tahunya.

Seperti halnya di daerah Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Dalam setiap tahunya, terdapat satu tradisi menarik yang dinamakan Tradisi Dandangan.

Tradisi Dandangan ini menjadi ciri khas bagi masyarakat kudus, yang mana terdapat banyak jajanan serta permainan-permainan yang disajikan dalam tradisi tersebut.

Dan masih banyak tradisi lainya di nusantara dalam rangka menyambut bulan yang penuh berkah. Dari banyaknya tradisi di Indonesia dalam menyambut bulan ramadhan, pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu mencari Kasih-Mu di bulan yang penuh berkah.

Jika Sobat punya tradisi yang berbeda dari isi artikel yang kami buat, bisa menambahkannya di kolom komentar. Terima kasih

Untuk itu kita sebagai umat muslim di Indonesia sudah seharusnya memiliki toleransi yang tinggi dalam menanggapi perbedaan tradisi. Selain itu, kita harus berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan beribadah sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Terima kasih telah membaca artikel dengan judul “cinta Mu menjadi Dambaan di bulan Ramadhan.”

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *