Web portal pendidikan – Selamat malam sob, berhubung admin belum ada bahan buat nulis, jadi malam ini kita publish saja artikel penulis tamu dulu ya. Kali ini ada tema menarik yang dibuat oleh saudari Desi Rulli Purwanti, yaitu “copas yang bikin puas.” Menarik bukan ? Yuk, kita simak ulasan lebih lanjutnya.

Copas Yang Bikin Puas

Apa yang terlintas di benak kita jika kita mendengar kata copas ? copas atau copy paste adalah salah satu bentuk yang dihadirkan dari adanya kecangihan tekhnologi di era modernisasi ini.

Menurut Alex Inkeles, teori modernisasi yaitu perubahan sosial pada manusia moderen yang harus memiliki suatu karakteristik yakni memiliki sikap hidup untuk dapat menerima hal – hal baru dan terbuka untuk perubahan, menyatakan suatu pendapat ataupun opini mengenai lingkungan atau kejadian yang terjadi jauh di luar lingkungan kita.

Baca : Pengaruh Modernisasi Terhadap Perilaku Remaja

Serta dapat menyikapi sikap demokratis, menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada ke masa lalu, memiliki planning (perencanaan) dan pengorganisasian, perhitungan, percaya diri, dan menghargai harkat hidup manusia lain.

Percaya kepada tekhnologi dan ilmu pengetahuan, serta menjunjung tinggi suatu sikap bahwa imbalan yang akan diterima seseorang harus sesuai dengan prestasinya di lingkungan masyarakat.

Kecanggihan dari teknologi dalam teori “mordernisasi” sebagai teknologi yang di pakai dalam kehidupan sehari-hari berupa media massa dan bentuk teknologi lainnya, dengan adanya teknologi dapat membawa manusia kepada pengetahuan yang lebih kompleks mengenai dunia luar dan menyebabkan manusia menjadi sangat terbuka dengan ide-ide baru yang selama ini belum di kenal.

Copas atau copy paste merupakan suatu bentuk inovasi yang dihadirkan dalam perangkat komputer dengan tujuan agar lebih memudahkan penggunanya dalam proses penyalinan sebuah data atau dokumen.

Komputer sendiri juga merupakan teknologi di era modernisasi yang banyak di gunakan setiap orang, dipakai untuk mengelola suatu data yang menurut prosedur telah di rumuskan.

Dengan kata lain, kecanggihan dan efisiensi yang ditawarkan oleh komputer akan mampu untuk mengeser penggunaan mesin tik yang dulu banyak sekali digunakan oleh setiap orang.

Copas Sudah Menjadi Budaya Didunia Modernisasi

budaya copas itu buruk
Marilah kita rubah budaya copas ini sedini mungkin, agar generasi selanjutnya tidak merasakan

Keterbatasan dalam penggunaan mesin tik inilah yang pada akhirnya membuat penggunaan mesin ketik tidak lagi di gunakan oleh banyak orang. Budaya copas atau copy paste tidak hanya di hadirkan dalam perkembangan teknologi dibidang komputer melainkan internet.

Baca : Cara Mengetahui Copas

Dewasa ini, internet sudah menjadi kebutuhan banyak pihak mulai dari orang perorangan, badan usaha, pemerintahan dan sebagainya. Kebutuhan akan internet meningkat pada setiap harinya, dimana penggunaan internet sekarang ini sudah menjadi candu dan sebagai kebutuhan bagi banyak pihak.

Sebenarnya apa sih itu internet ?

Interconnection – networking atau sering disebut internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan standard sistem global untuk melayani setiap penggunaan internet di seluruh dunia.

Baca : Tips Menulis Artikel Yang Baik

Salah satu manfaat yang dapat kita rasakan saat ini adalah internet dapat memungkinkan penggunanya memiliki akses yang mudah di berbagai macam informasi bahkan di bandingan oleh buku buku perpustakaan.

Penyebaran informasi dan data data melalui internet bisa dikatakan lebih menantang karena internet sendiri telah mempengaruhi ilmu dan pandangan dunia.

Selain bermanfaat internet juga memiliki dampak yang negatif yang sering kali membuat pengguna internet menjadi malas karena mudahnya akses yang diberikan dan kelebihan yang diberikan atau ditawarkan oleh internet, sehingga membuat pengguna internet ini malas dan kurang produktif.

Dengan keyakinan bahwa akan selalu ada informasi yang tersedia di internet yang terkadang membuat pengguna internet ini hanya copy paste saja informasi yang ada di internet. Copas yang bikin puas ?

Copy paste dilakukan agar memudahkan dalam penyalinan data atau informasi dari internet. Dengan kata lain kebiasaan yang bisa dibilang “mengasyikan” ini adalah bentuk pembodohan diri sebagai upaya untuk memperoleh hasil “karbitan”, karna orang hanya melihat hasil tapi tidak pernah tau bagaimana berproses.

Budaya copy paste sendiri biasanya dilakukan oleh segelinitir orang baik itu pelajar atau mahasiswa sebagai tindakan agar mendapatkan nilai yang tinggi, bekerja cepat, dan juga meyakini diri bahwa karya jiplakannya tersebut mendekati 100% benar.

Apabila hal ini terus saja dibiarkan maka akan menumbuhkan sifat pemalas dan itu akan berbahaya jika sifat pemalas itu tumbuh dan berkembang pada generasi muda. Jadi untuk menguragi kebiasaan buruk ini dapat kita lakukan salah satunya dengan membuka diri, rajin belajar, mengembangkan daya pikir dan meyakini bahwa dimana ada kemauan disitu pasti akan ada jalannya.

Baca : Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Pelajar

Akhir Kata

Dengan demikian, kecanggihan teknologi berasal dari pengaruh modernisasi dan globalisasi, dimana perubahan yang dibawa iitu akan mengarah ke pada kemajuan yang lebih baik. Namun tidak dipungkiri bahwa perubahan ini juga dapat menimbulkan dampak negatif.

“Penulis Merupakan Mahasiswi di Salah Satu Perguruan Tinggi Negeri Jambi”

Nah itulah ulasan sedikit dari tema copas yang bikin puas. Setelah kamu baca artikel ini apakah kamu masih akan melakukan copas ? Yuk, mulai dari sekarang hentikan kegiatan copy paste ini. Lebih baik mengembangkan daya pikir sendiri dan dapat mengembangkan ide ide yang menarik.

Mas Hafiz
Seorang blogger amatir yang hobinya nulis, tidak terikat instansi apapun. Jika kamu mempunyai hobi yang sama, mari kita bangun situs ini lebih baik. Mencerdaskan seluruh pembaca adalah niat dan tujuan situs ini berdiri.