Web portal pendidikan – Pada artikel kali ini akan membahas tentang definisi komunikasi politik, pengertian komunikasi politik saat ini ada banyak penjelasan, oleh sebab itu kami akan menjelaskan secara detail arti dari komunikasi politik.

Sejarah Lahirnya Komunikasi Politik


Komunikasi politik (political communication) telah menjadi istilah yang sangat dikenal di Indonesia terutama sejak reformasi pada tahun 1998. Namun bukan berarti komunikasi politik sebagai sebuah ilmu dan praktek baru berkembang sejak tahun tersebut.

Di masa kolonialisme masih memayungi Indonesia, komunikasi politik telah menjadi sebuah praktek politik yang dilakukan secara luas oleh para pejuang kemerdekaan dalam usaha meraih kemerdekaan.

Sejak berdirinya Budi Utomo, corak perjuangan melawan penjajah berubah dari perjuangan bersenjata menuju perjuangan politik. Perubahan corak ini kemudian membawa implikasi pada praktek komunikasi yang dilakukan oleh para pejuang untuk menggelorakan semangat nasionalisme kepada rakyat.

Orasi di depan khalayak ramai dan artikel di media cetak serta buku buku menjadi media komunikasi politik yang efektif pada saat itu.

Memang di masa itu istilah komunikasi politik belum dikenal, namun praktek komunikasi politik telah diterapkan dalam usaha membangun kesadaran berbangsa pada rakyat yang sedang terjajah.

Di masa orde lama, komunikasi politik berkembang terutama pada masa demokrasi liberal di tahun 1949 sampai dengan 1959, di mana partai politik saling melakukan kampanye untuk meraih dukungan publik.

Dan bahkan tidak jarang juga agitasi menjadi menu dalam komunikasi politik pada saat itu.

Namun demikian, komunikasi politik pada era liberal ini berlangsung relatif sehat. Komunikasi politik pada era ini lebih banyak dimaknai sebagai propaganda, sehingga teknik teknik komunikasi politik belum berkembang secara modern.

Untuk menjawab arti dari komunikasi politik itu sendiri, ada baiknya kita cari tahu apa sih definisi komunikasi politik ? Berikut akan kami jelaskan definisi komunikasi politik pada sub bab dibawah.

Definisi Komunikasi dan Politik


Pengertian Komunikasi

Untuk memahami pengertian komunikasi politik, maka ada baiknya kedua kata ini dipahami dulu dalam konteks yang lebih luas yaitu “komunikasi”.

Pengertian komunikasi (communication) sendiri sangatlah beragam. Jika ditelusuri dari asal katanya, komunikasi berasal dari kata communis yang berarti “milik bersama”. Kata ini juga bermakna “berlaku di mana mana”.

Sarah Trehnholm menyebutkan bahwa meskipun studi komunikasi telah berlangsung selama berabad abad, bukan berarti komunikasi dengan mudah dipahami artinya. (Trenholm dalam Turner dan West, 2007;4).

Ada banyak pengertian komunikasi yang muncul sebagai hasl dari kompleksitas dan kekayaan kajian komunikasi. Keberagaman pengertian komunikasi ini membawa keunikan dalam kajian komunikasi.

Baca : Pengertian Komunikasi, Sejarah dan Modelnya

Para ahli cenderung melihat fenomena manusiawi dari perspektif yang mereka anut termasuk juga fenomena komunikasi sehingga semakin banyak keberagaman pengertian komunikasi.

Dengan hal ini maka ada beberapa kata kunci dalam komunikasi yang memayungi berbagai perspektif yang ada, yaitu sosial, proses, simbol, makna dan lingkungan (Turner dan West, 2007;5).

Dari lima kata kunci ini, maka kita dapat mendefinisikan komunikasi sebagai sebuah proses sosial di mana individu menggunakan simbol untuk menafsirkan makna dalam lingkungan mereka.

Sebagai sebuah proses maka komunikasi dipahami sebagai hal yang terus berlangsung dan tidak berhenti. Komunikasi juga bersifat dinamis, kompleks dan secara terus menerus dapat berubah.

Pengertian Politik

Sedangkan politik dapat diuraikan pengertiannya sebagai berikut. Politik adalah usaha untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Di Indonesia dikenal pepatah gemah ripah loh jinawi yang berarti kehidupan yang serba kecukupan dalam berbagai hal.

Politik dalam artian untuk usaha mencapai kehidupan yang lebih baik ini menjadi penting karena sejak masa dahulu masyarakat selalu berusaha hidup secara kolektif atau bersama untuk mengatasi hambatan yang dihadapi.

Baca juga : Konsep Kekuasaan Dalam Ilmu Politik

Untuk melihat secara komprehensif tentang politik, kita bisa membuka pengertian politik yang dilihat dari perspektif konflik dan konsensus.

Pertama adalah pengertian politik yang dikemukakan oleh Rod Hague yang menyatakan bahwa politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok mencapai keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan di anggotanya.

Pengertian ini jelas menyebutkan bahwa politik adalah menyangkut cara berbagai kelompok mencapai keputusan yang bersifat kolektif, yang berimplikasi tentang pentingnya komunikasi dalam rangka untuk mencapat sebuah keputusan.

Kedua adalah, pengertian politik yang dikemukakan oleh Andrew Heywood yang menyatakan bahwa politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan dan mengamandemenkan peraturan yang mengatur kehidupan.

Pengertian ini mengindikasikan bahwa dalam politik terjadi proses komunikasi sebagai bagian dari bentuk kegiatan bangsa untuk membuat, mempertahankan dan mengamandemenkan peraturan guna mengatur kehidupan.


Arti, Definisi dan Pengertian Komunikasi Politik

Setelah menelaah tentang pengertian komunikasi dan politik, maka selanjutnya komunikasi politik dapat diartikan sebagai berikut.

Komunikasi politik menurut Denton dan Woodward dalam (McNair :1993 ;3) bisa dipahami sebagai diskusi publik tentang alokasi sumber daya publik dan otoritas resmi.

Sedangkan Dorris Graber mendefinisikan komunikasi politik sebagai bahasa politik yang bukan hanya mengkompromikan retorika semata mata namun juga tanda tanda paralinguistik seperti gerak tubuh dan tindakan politik seperti boikot dan protes. (Graber dalam McNair, 1999;4)

Pengertian komunikasi politik yang lain dikemukakan oleh Lord Windleshan yang menyatakan bahwa komunikasi politik adalah penyampaian pesan politik dari pengirim ke penerima dengan penekanan pada penerima menerima apa yang disampaikan pengirim dan menolak yang berasal dari pihak lain. (Windleshan dalam Subiakto dan Ida, 2012;19).

Pengertian lain dari komunikasi politik dikemukakan oleh Dan Nimmo yang menyebutkan bahwa definisi komunikasi politik adalah aktivitas komunikasi yang berhubungan dengan politik.

Pengertian komunikasi politik yang dikemukakan oleh Dan Nimmo ini bisa memperjelas kepada kita bagaimana sebenarnya komunikasi politik terjadi.

Brian McNair juga memberi pengertian komunikasi politik sebagai berikut.

Pertama, komunikasi politik adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh aktor aktor politik untuk mencapai tujuan khusus.

Kedua, komunikasi yang ditujukan pada politikus oleh non politikus seperti pemilih dan kolumnis surat kabar.

Ketiga, komunikasi politik adalah komunikasi tentang politisi dan aktivitasnya seperti yang ada di berita berita, editorial dan bentuk bentuk diskusi lain tentang politik (McNair, 1999;4).

Bagaimana menurut kamu sobat belapendidikan ? Sudah pahamkah tentang definisi komunikasi politik ? atau ada pengertian lain diluar dari penjelasan yang saya paparkan diatas ? Jika ada silahkan isi di kolom komentar dibawah, kami mengharapkan sumber sumber lain yang menyangkut tentang isi dari artikel ini.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Mas Hafiz
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com