Dekadensi Moral Zaman Modern

oleh
Dekadensi moral zaman modern
Dekadensi moral zaman modern

Web portal pendidikan – Opini kali ini di tulis oleh Adelia Putri Maisari, Opini yang dibuat kali ini adalah Dekadensi Moral Zaman Modern. Untuk lebih lengkapnya dapat kita simak dalam artikel berikut ini.

Dekadensi Moral Zaman Modern

Manusia hidup di zaman modern. Zaman yang segala sesuatunya dapat dengan mudah di cari, peradaban manusia berkembang sangat pesat .Hal ini ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi .

Tanpa kita sadari zaman modern dengan kecanggihan iptek nya kini telah mampu mengubah hidup manusia, bagaimana tidak? Kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dirasakan, namun cenderung hal ini membuat manusia lupa akan batasanya.

Hal ini tampak dengan munculnya sikap dekadensi moral manusia, yang sebagian besar penyebabnya adalah kecanggihan iptek. Zaman modern dengan penggunaan iptek pada saat ini memang cukup berlaku bagi semua kalangan. Baik dikalangan masyarakat, mahasiswa, pelajar, maupun penjabat hingga anak-anak tidak mau kalah.

Hanya bermodal gadget anak-anak pun telah jauh meninggalkan nilai-nilai budi pekerti yang ditanamkan dalam jiwa mereka, iptek membuat mereka meninggalkan dunia mereka sebelum waktunya.

Sehingga timbullah kemerosotan, penurunan moral pada semua kalangan. Kemerosotan ini memunculkan anak-anak pembangkang, pergaulan bebas, dan meniru-niru budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia sendiri, tanpa menyaring baik buruknya .

Ternyata dekadensi moral sangat lah tampak jelas. Kemerosotan perilaku atau ahlak tidak hanya pada anak-anak, remaja. Namun para penjabat juga tidak kalah, penurunan moral mereka mungkin begitu jelas dengan munculnya para koruptor dan berita korupsi disemua media massa, khususnya dunia maya, yang kemudian anak-anak bangsa ini melihat, dan mengikuti jejak-jejak mereka.

Apakah iptek didunia modern itu salah ?

Tidak, bahkan dengan iptek kita dapat merasakan zaman modern seperti saat ini. Namun juga tidak melupakan nilai moral atau perilaku kita sendiri. Agar tidak melenceng dari sikap sosial maupun agama hingga memungkinkan terhindar dari sikap dekadensi moral.

Marilah kita mencegah dekadensi moral dengan menambah keimanan serta memilih dan memilah segala hal yang bersifat positif dan negatif untuk menjadi zaman yang modern tanpa dekadensi moral.

Penulis : Adelia Putri Maisari
Email : putridella368@gmail.com
Instagram :@putridella368

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.