Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, kali ini kita akan bahas tentang fungsi kalsium dalam tubuh manusia serta kebutuhan kalsium untuk tubuh manusia sehari hari. Untuk penjelasan lengkapnya dapat kalian simak dibawah ini.

Fungsi Kalsium Dalam Tubuh


Banyak sekali kegunaan dan fungsi kalsium dalam tubuh manusia, dapat dirincikan diantaranya pembentukan tulang dan gigi. Selain pembentukan tulang dan gigi kalsium juga mempunyai fungsi mengatur pembekuan darah dan kontraksi otot. Adapun uraian lengkapnya yaitu :

1. Pembentukan Tulang

Kalsium di dalam tulang mempunyai dua fungsi : sebagai bagian integral dari struktur tulang dan sebagai tempat penyimpanan kalsium.

Pada tahap pertumbuhan janin dibentuk matriks sebagai cikal bakal tulang tubuh. Bentuknya sama dengan tulang tetapi masih lunak dan lentur hingga setelah lahir.

Matriks yang merupakan sepertiga bagian dari tulang berdiri atasserabut yang terbuat dari protein kolagen yang diselubungi oleh bahan gelatin. Segera setelah lahir, matriks mulai menguat melalui proses kelsifikasi, yaitu terbentuknya kristal mineral.

Kristal ini terdiri dari kalsium fosfat atau kombinasi kalsium fosfat dan kalsium hidroksida yang dinamakan hidroksiapatit. (3Ca3(PO4)2,Ca(OH)2 ).

Selama pertumbuhan, proses kalsifikasi berlangsung terus dengan cepat sehingga pada saat anak siap untuk berjalan tulang-tulang dapat menyangga berat tubuh.

Pada ujung tulang panjang ada bagian yang berpori yang dinamakan trabekula. Yang menyediakan suplai kalsium siap pakai guna mempertahankan konsentrasi kalsium normal dalam darah.

Selama kehidupan, tulang senantiasa mengalami perubahan, baik dalam bentuk maupun kepadatan, sesuai dengan usia dan perubahan berat badan.

2. Pembentukan Gigi

Mineral yang membentuk dentin dan email yang merupakan bagian tengah dan luar dari gigi adalah mineral yang sama dengan yang membentuk tulang.

Akan tetapi kristal dalam gigi lebih padat dan kadar airnya lebih rendah. Protein dalam email gigi adalah keratin, sedangkan dalam dentin adalah kolagen.

Berbeda dengan tulang, gigi sedikit sekali mengalami perubahan setelah muncul dalam rongga mulut. Pertukaran antara kalsium gigi dan kalsium tubuh berlangsung lambat dan terbatas pada kalsium yang terdapat  didalam lapisan dentin. 

Sedikit pertukaran kalsium mungkin juga terjadi di antara lapisan email dan ludah.Kalsifikasi gigi susu terjadi pada minggu ke dua puluh tahap janin dan selesai sebelum gigi keluar.

Gigi permanen mulai mengalami kalsifikasi ketika anak berumur delapan tahun hingga sepuluh tahun. Gigi lengkap pada usia dewasa hanya mengandung 1% jumlah kalsium tubuh.

Gigi boleh dikatakan tidak mampu memperbaiki diri setelah keluar dari rongga mulut. Kekurangan kalsium selama masa pembentukan gigi dapat menyebabkan kerentanan terhadap kerusakan gigi.

3. Mengatur Pembekuan Darah

Bila terjadi luka, ion kalsium didalam darah merangsang pembebasan  fosfolipida trombo plastin dari platelet darah yang terluka.Trombo plastin ini mengkatalisis perubahan protrombin, bagian darah normal menjadi trombin.

Trombin kemudian membantu perubahan fibrinogen, bagian lain dari darah, menjadi fibrin yang merupakan gumpalan darah.

4. Kontraksi Otot

Pada waktu otot berkontraksi, kalsium berperan dalam interaksi protein di dalam otot, yaitu aktin dan miosin.

Bila darah kalsium kurang dari normal, otot tidak bisa mengendor sesudah kontraksi. Tubuh akan kaku dan dapat menimbulkan kejang.

Fungsi kalsium lainnya adalah meningkatkan fungsi transport membran sel, kemungkinan dengan bertindak sebagai stabilisator membran, dan transmisi ion melalui membran organel sel.

Hubungan Kalsium Dengan Pengaturan Hormon Tiroid dan Paratiroid

Kalsium di dalam serum berada dalam tiga bentuk yaitu bentuk ion bebas (50%), bentuk anion kompleks terikat dengan fosfat, bikarbonat atau sitrat (5%), dan bentuk terikat dengan protein terutama dengan albumin  atau glubulin (45%).

Jumlah kalsium didalam serum dijaga agar berada pada konsentrasi 9-10,4 mg/dl. Yang mengatur konsentrasi kalsium dalam cairan tubuh ini adalah hormon-

Hormon paratiroid (PTH) dan tirokalsitonin dari kelenjar tiroid serta  vitamin D. 

Hormon paratiroid dan vitamin D meningkatkan kalsium darah dengan cara sebagai berikut:


Vitamin D merangsang absorbsi kalsium oleh saluran cerna. Vitamin D dan hormon paratiroid merangsang pelepasan kalsium dari tulang ke dalam darah. Vitamin D dan hormon paratiroid menunjang reabsorbsi kalsium di dalam ginjal.

Pengaruh kalsitonin diduga terjadi dengan cara merangsang pengendapan kalsium pada tulang. Hal ini terjadi dalam keadaan stress, seperti pada masa pertumbuhan dan kehamilan.

Dalam hal ini kalsitonin menurunkan kalsium darah. Bila darah kalsium terlalu rendah, kelanjar paratiroid mengeluarkan hormon paratiroid. 

Sistem pengendalain kalsium ini akan menjaga kalsium darah dalam keadaan normal. Bila terjadi kagagalan dalam sistem pengendalian, kalsium darah akan berubah.

Bila kalsium darah lebih tinggi dari normal akan terjadi kekakuan otot. Sebaliknya, bila kalsium darah lebih rendah dari normal, akan terjadi kejang otot.

Kegagalan sistem ini tidak disebabkan kekurangan atau kelebihan kalsium dari makanan, akan tetapi kekurangan vitamin D atau gangguan sekresi hormon-hormon yang berperan.

Sumber Kalsium :

Kalsium banyak terdapat pada makanan berikut, kacang almond, sayuran yang berwarna hijau gelap, kacang brazil, tofu, susu dan produk susu (keju,yoghurt, dll), biji wijen, dan ikan laut.

Berapa Banyak Kalsium Yang Dibutuhkan Untuk Tubuh ?


Tentunya kebutuhan kalsium seseorang berbeda-beda sesuai angka kecukupan gizi yang telah ditentukan.

Ketika kalsium yang diasup setiap hari kurang dari kebutuhan, kalsium dari tulang akan dilepaskan sesuai dengan kekurangan kalsium hari itu. Bila itu terjadi terus menerus, beresiko terkena osteoporosis.

Berikut ini kebutuhan kalsium manusia. 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun, 1.000 mg setelah usia 50 tahun, ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari, bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg, bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg, anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg, remaja usia11 s.d. 24 tahun: 1.200 mg.

Setelah usia 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%.

Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian maka konsumsi makanan tinggi kalsium wajib dijalankan.

Makanan seperti susu, yogurt, keju, ikan salmon, susu kedelai serta aneka biji-bijian merupakan menu wajib untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Tetapi jika anda merasa makanan yang dimakan sehari hari tidak bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian, maka suplemen kalsium merupakan jawabannya. Pilihlah suplemen kalsium alami dan aman untuk dikonsumsi.

Itulah penjelasan lengkap dari fungsi kalsium dalam tubuh. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran bisa langsung tulis di kolom yang sudah kami sediakan dibawah.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Mas Hafiz
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com