Fungsi Tersembunyi Dari 20 Benda Yang Kita Lihat Setiap Hari

oleh -1.099 views
fungsi tersembunyi dari 20 benda yang kita lihat setiap hari
fungsi tersembunyi dari 20 benda yang kita lihat setiap hari

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, kali ini kita akan bahas fungsi tersembunyi dari 20 benda yang kita lihat setiap hari. Simak ulasannya sebagai berikut.

Fungsi Tersembunyi Dari 20 Benda Yang Kita Lihat Setiap Hari

Setiap benda dibuat dan diciptakan dengan fungsinya masing-masing sesimpel atau sesederhana apapun bentuknya.

Namun ternyata banyak benda di sekeliling kita yang kebanyakan orang belum tahu fungsinya.
Nah, berikut ini adalah 20 benda yang tidak asing yang mungkin belum banyak orang yang tahu untuk apa fungsinya..

1. Tonjolan Pada Huruf F dan J di Keyboard

Tonjolan pada huruf F dan J pada keyboard
Tonjolan pada huruf F dan J pada keyboard

Tahukah Anda? Jika biasanya di sebuah keyboard komputer / laptop terdapat tonjolan di bagian huruf F dan G, nah ternyata fungsi dari tonjolan di kedua huruf tersebut adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan touch typing atau cara mengetik tanpa melihat tombol di keyboard.

Di bagian huruf F menjadi posisi paling tepat untuk meletakkan jari telunjuk kiri sedangkan huruf G adalah tempat untuk meletakkan jari telunjuk kanan, karena bantuan tonjolan ini para pengguna dapat merasakan apakah jarinya sudah diletakkan di tempat yang tepat saat mengetik.

2. Simbol indikator bensin dan segitiga

Simbol indikator pada speedometer
Simbol indikator pada speedometer

Setiap mobil pasti memiliki indikator bensin, penanda yang biasanya ada di bagian speedometer itu terdapat lago kecil berbentuk mesin pengisi bensin dengan simbol segitiga di samping nya, simbol segitiga ini mempunyai fungsi penting

Arah yang ditunjukkan oleh segitiga ini adalah Posisi di mana tutup tangki bensin berada, hal ini akan sangat membantu ketika anda menggunakan mobil pinjaman atau mobil rental yang anda sendiri belum tahu posisi tutup tangki bensin dari mobil itu sendiri.

3. Tiga kancing besi di celana jeans (Rivet)

Kancing besi pada kantong celana jeans
Kancing besi pada kantong celana jeans

Sebagian orang mungkin tidak terlalu memperhatikan tiga kancing besi atau rivet di kantong celana jeans mereka, rivet sering dianggap sebagai bagian dari desain saku celana agar celana jeans terlihat kokoh dan kuat, padahal rivet sendiri merupakan sebuah inovasi dengan menambahkan tiga paku keling tembaga untuk memperkuat jahitan celana pada bagian saku yang cenderung mudah sobek.

4. Busa atau bulu pada microphone

Busa pada michrophone
Busa pada michrophone

Penutup dari busa atau bulu yang terdapat pada microphone bukanlah sebuah hiasan, fungsi dari penutup tersebut untuk memperlambat aliran udara dari luar sehingga suara angin ribut tidak akan masuk kedalam microphone, untuk rekaman profesional di studio perlindungan semacam itu membantu mengurangi suara-suara ledakan saat mengucapkan kata-kata konsonan yang tentu sangat mengganggu siapa saja yang mendengarnya.

5. Silinder pada kabel charge

Silinder pada kabel charger
Silinder pada kabel charger

Setiap kabel yang terpasang pada laptop akan berfungsi sebagai antena, seperti halnya kabel charger, kabel charger dapat memancarkan getaran pada laptop sebagai sebuah frekuensi dan mengambil sinyal sehingga dapat menyebabkan gangguan, agar sinyalnya tidak kacau, setiap kabel charger dipasangi silinder yang berisi ferait, sebuah oksida besi atau kawat besi yang dapat menghilangkan gangguan sinyal.

6.Lubang dan gerigi pada ujung meteran

Lubang pada ujung meteran
Lubang pada ujung meteran

Fungsi lubang pada ujung meteran ini adalah untuk mengaitkannya pada paku ataupun sekrup ketika digunakan, jadi tidak perlu meminta bantuan orang lain ketika anda menggunakannya sendiri sedangkan fungsi geriginya adalah untuk menandai bagian yang telah anda ukur.

7. Warna biru di bagian penghapus

Warna biru dibagian penghapus pensil
Warna biru dibagian penghapus pensil

Bagian biru pada penghapus lawas era 90-an ini ternyata bukan untuk menghapus tinta pulpen seperti yang dipercaya beberapa orang, ternyata bagian biru tersebut berfungsi untuk menghapus coretan dari pensil juga namun penggunaannya untuk kertas bertekstur kasar atau granny paper sehingga tidak memerlukan banyak tenaga untuk menghapusnya.

8. Lubang pada pegangan teflon

Lubang pada pegangan teflon
Lubang pada pegangan teflon

Sejauh yang kita tahu, lubang yang terdapat di pegangan sebuah panci atau teflon sering digunakan untuk menggantungnya di tembok, padahal fungsi utamanya bukan itu, lubang ini digunakan untuk meletakkan alat masak sejenis spatula agar sisa makanan yang menempel tidak mengotori tempat lain.

9. Potongan kain dan kancing pada baju

Potongan kancing pada baju
Potongan kancing pada baju

Jika anda mengira fungsinya adalah sebagai patokan pencarian bahan jika baju tersebut akan dijahit atau mengganti kancing jika ada yang hilang, Anda belum sepenuhnya benar karena fungsi sebenarnya adalah untuk memeriksa efek deterjen atau efek menyetrika dengan suhu tertentu bagi kain baju tersebut.

10.Lubang pada tutup pulpen

Lubang pada tutup pulpen
Lubang pada tutup pulpen

Lubang tersebut dibuat untuk mengantisipasi kasus tidak sengaja menelan tutup pulpen, dengan adanya lubang tersebut maka ketika tertelan masih ada lubang yang dapat mengalirkan udara, dengan situasi seperti itu setidaknya korban yang tidak sengaja menelan tutup pulpen masih dapat bertahan hingga tutup pulpen dapat dikeluarkan.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Seorang blogger amatir yang hobinya nulis, tidak terikat instansi apapun. Jika kamu mempunyai hobi yang sama, mari kita bangun situs ini lebih baik. Mencerdaskan seluruh pembaca adalah niat dan tujuan situs ini berdiri.