game online dan interaksi sosial
Pengaruh game online dan dampaknya terhadap interaksi sosial

Web portal pendidikan – Selamat pagi sob, kali ini mimin akan update artikel yang berkaitan dengan game online. Dalam pembahasan kali ini mimin akan menjelaskan hubungan game online dan interaksi sosial. Bagaimana kelanjutannya ? Simak ulasannya berikut ini.

Game Online dan Interaksi Sosial

Teknologi informasi yang sangat berkembang saat ini membawa perubahan dan sangat memberikan pengaruh terhadap kehidupan sosial. Internet yang merupakan salah satu bentuk kecanggihan dari teknologi informasi, telah memberikan kemudahan untuk mengakses segala sesuatunya yang bersifat informatif dan komunikatif. Bagi siapapun, dimanapun dan kapanpun semua orang bisa mengaksesnya.

Perkembangan cyberspace seperti game online telah mempengaruhi kehidupan sosial di dalam berbagai tingkatan. Keberadaan game online tidak hanya menciptakan perubahan sosial yang sangat mendasar saja, bahkan telah juga mengiring pada kondisi ekstrim “kematian sosial” atau sering disebut (death of the social).

Terlepas dari pemikiran ekstrim ini, pengaruh game online terhadap kehidupan sosial setidak tidaknya tampak pada tiga tingkat tingkat individu, antar individu dan komunitas.

Game online adalah sebuah permainan berbasis elektronik dan visual yang memanfaatkan teknologi media visual elektronik dan dimainkan didalam suatu jaringan LAN maupun jaringan internet.

Berbeda dengan permainan tradisional yang cenderung mengandalkan kekuatan otot otot tubuh. Game online lebih sering menggunakan kemampuan otak dalam berpikir dan kelincahan tubuh pada bagian jari jemari tangan dalam menekan tombol – tombol pada stik pengatur permainan.

Di Indonesia perkembangan game online menjadi sangat pesat seiring munculnya game center yang menawarkan beragam permainan dengan harga terjangkau dan mudah diakses oleh anak anak sekolah atau remaja.

Bahkan game online bukan hanya dapat dimainkan di game center saja, tetapi sudah dapat dimainkan di gadget dengan cara mendownload terlebih dahulu game yang ingin dimainkan di aplikasi store.

Bermain game online cenderung membutuhkan waktu berjam jam akan menimbulkan pengaruh dari segi kesehatan seperti insomnia, sakit kepala dan gangguan pada tulang karena sedikitnya gerak tubuh yang dilakukan.

Tidak hanya itu saja, pengaruh game online karena bermain dalam kurung waktu yang lama dapat mempengaruhi psikologis pemainnya dengan timbulnya perasaan emosi dan stress.

Pengaruh Game OnlineĀ  Terhadap Interaksi Sosial

Pengaruh terbesar dalam bermain game online adalah kurangnya interaksi terhadap orang lain dan lingkungan sekitarnya. Bagi para pecandu game online mereka hanya fokus terhadap peringkat atau nama besar di dunia maya. Jadi mereka acuh terhadap lingkungan sekitarnya.

Game online adalah “dunia antara”, yaitu dunia informasi yang mampu menciptakan berbagai hubungan dan relasi sosial yang bersifat virtual.

Oleh karena hubungan, relasi dan interaksi sosial di dalam game online bukanlah antar fisik di dalam sebuah wilayah atau teritorial tertentu, maka ia menciptakan semacam deteritorialisasi sosial (social deterritorialisation).

Yaitu interaksi yang tidak dilakukan di dalam sebuah teritorial yang nyata (dalam pengertian konvensional) akan tetapi di dalam sebuah halusinasi teritorial (territorial hallucination).

Di dalam halusinasi teritorial tersebut, orang boleh jadi lebih dekat dan akrab secara sosial dengan “seseorang” di dalam game online yang secara teritorial hidup dalam jarak ribuan kilometer, ketimbang tetangga dekatnya sendiri.

Game online menciptakan perubahan mendasar terhadap pemahaman kita tentang diri dan identitas. Struktur game online membuka ruang yang lebar bagi setia gamer untuk menciptakan secara “artifisial” konsep diri dan identitas didalamnya yang menjadi sebuah konsep yang tanpa makna.

Artinya, bila setiap orang dapat menciptakan berbagai identitas dirinya secara tak terbatas, maka hakikat identitas itu sendiri tidak ada lagi. Sebagai suatu konsep (mapun realitas) identitas masih ada bila ada perbedaan, yaitu prinsip yang membedakan seseorang dengan orang lain.

Jika setiap orang dapat menjadi orang lain, maka kita menghadapi sebuah kondisi dimana matinya perbedaan (death of difference) yang artinya mati pula identitas.

Kekacauan identitas akan mempengaruhi persepsi, pikiran, personalitas dan gaya hidup setiap orang. Bila setiap orang bisa menjadi siapapun, ini artinya semua orang bisa menjadi beberapa orang yang berbeda pada suatu ketika. Artinya tidak ada lagi identitas.

Hakikat Game Online Sebagai Dunia Yang Dibentuk Jaringan

Game online adalah permainan identitas, identitas baru, identitas palsu, identitas ganda, dan identitas jamak.

Hakikat game online sebagai dunia yang terbentuk oleh jaringan (web) dan hubungan (connection) bukan oleh materi menjadikan kesalingterhubungan dan kesalingbergantungan secara virtual merupakan ciri dari dunia game online.

Maka persoalan utama di dalamnya adalah persoalan normatif, pengaturan dan kontrol. Sebuah masyarakat mengharuskan adanya pemimpin, konvensi sosial dan adanya lembaga hukum (judikatif) sebagai lembaga pengaturan.

Di dalam komunitas virtual game online, pemimpin, aturan main dan kontrol sosial tersebut bukanlah berbentuk lembaga , sehingga keberadaanya sangat lemah.

Di dalam game online setiap orang seakan akan menjadi “pemimpin” “pengontrol” dan “penilai” bagi dirinya sendiri, yang menciptakan semacam demokrasi radikal yang didalamnya ada segala macam tindakan sosial (social action) dan tidak ada yang mengatur, mengontrol dan memberi penilaian.

Dan di dalamnya (didalam game online) seakan akan “apapun boleh” (anything goes). Tidak ada yang mengatur.

“Penulis Merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Jambi.”

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “Game Online dan Interaksi Sosial.” Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan kepada para pengunjung demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Tags by : Pengaruh Game online dan interaksi sosial, Hubungan game online dan interaksi sosial, game online – interaksi sosial.

3 KOMENTAR

  1. memang benar mas, game online sekarang banyak membuat generasi muda kita sulit untuk berinteraksi terutama dengan lingkungan di sekitarnya

  2. yuyun novitasari

    harusnya semua game online harus di blockir agar anak anak dapat berbaur di lingkungannya tanpa bermain game online lagi di warnet warnet

  3. game online sekarang sudah mewabah diberbagai daerah, nah bagaimana kita sebagai orang tua untuk mencegah kejadian seperti ini ? Saya tentunya sebagai orang tua tidak mau anak saya tidak dapat berinteraksi di lingkungan hanya karena game online ini.

LEAVE A REPLY