Hal Yang Menyebabkan Bisnis Online Gagal

Beberapa hal yang menyebabkan bisnis online gagal

Web portal pendidikan – Selamat malam sob, seperti biasa nih, kita akan buka kiriman dari para penulis tamu. Nah, kali ini ada tema yang menarik yang dikirimkan oleh Agus dengan tema “beberapa hal yang menyebabkan bisnis online gagal.” Yuk, mari kita simak ulasan artikel yang telah dia kirim.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Bisnis Online Gagal

Dalam menjalankan suatu bisnis, banyak orang yang mengeluh karena kegagalan. Penyebab bisnis online ini gagal biasanya dikarenakan pemilik bisnis itu sendiri yang kurang paham/mengerti dengan bisnis yang sedang ia jalankan.

Bisa juga karena kesalahan target pasar/audiens yang berefek pada sedikitnya pelanggan. Hal inilah yang menyebabkan peluang bisnis online tersebut tidak mampu mencapai target, sehingga peluang bisnis itu pun dapat berakibat fatal hingga menjadi tidak berkembangnya dan bangkrut.

Sebenarnya, internet sudah menawarkan banyak sekali peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan sudah terbukti banyak orang yang sukses dalam menjalankan bisnis online tersebut.

Baca : 8 Tips Berbisnis di Sosial Media

Sekarang ini, bisnis online pun sudah sangat banyak dijalankan oleh orang orang, hal ini membuktikan bahwa bisnis online mampu untuk menjadi bisnis yang menjanjikan yang dapat dijalankan oleh semua pihak dari berbagai kalangan.

Apalagi sekarang ini, sudah banyak industri bisnis offline yang sudah mulai menjalankan bisnis mereka secara online dan itu terbukti sangat efektif untuk mendongkrak bisnis online tersebut.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Bisnis Online Gagal

Walau sekarang ini sudah banyak bisnis offline yang migrasi (beralih) secara online dan pebisnis online yang sudah terbukti mampu berpenghasilan ratusan juta perbulan dan juga sangat menjanjikan bagi kelancaran bisnisnya, Tapi yang kita bahas ini adalah mereka mereka yang gagal, jadi tetap pantau ya penyebab bisnis online gagal.

Kegagalan memang bisa terjadi pada siapa saja pelaku bisnis, namun kegagalan itupun bisa kita jadikan sebagai pengalaman agar tidak kita ulangi lagi. Kegagal dalam berbisnis memang sangat rawan terjadi, dan resiko menjalankan bisnis online itu juga sangat besar dan bisa terjadi setiap saatnya.

Awal dari kemunculan bisnis online di Indonesia memang akhir akhir ini sangat Booming dan banyak orang yang lekas untuk mencobanya. Namun taukah kamu ? seiring waktu, banyak orang yang mengeluh karna bisnis online ini, yang mereka bangun tidak berkembang.

Baca : Cara Mencari Peluang Bisnis

Hal ini pun bisa kita bilang bahwa si pebisnis online ini masih belum mampu memanfaatkan suatu peluang bisnis dengan baik, dan terlebih lagi juga tidak paham dengan dasar bisnis online tersebut.

Berikut ini akan saya bahas apa apa saja penyebab kegagalan suatu bisnis online yang sering kali terjadi menurut beberapa pengamatan dan hasil riset dari Google. Silahkan kamu simak beberapa Hal yang menyebabkan bisnis online gagal, ini berguna agar nantinya hal ini tidak terjadi dengan bisnis yang sedang kamu kelola :

1. Putus Asa, Mudah Menyerah dan Bisnis Berhenti di Tengah Jalan

Hal yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis yaitu, berputus asa

Hal yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis yaitu, berputus asa

Poin pertama yang menyebabkan bisnis online gagal adalah keputus asaan dan dengan gampangnya menyerah. Hal ini memang sangat lumrah terjadi, apalagi sebagai pelaku bisnis yang kekurangan modal untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Didalam menjalankan bisnis tentunya akan ada banyak sekali proses yang harus di tempuh hingga mencapai kesuksesan itu.

Kalau rintangan gimana ? ya rintangan dalam menjalankan suatu bisnis menjadi faktor paling penting dan utama gagalnya suatu bisnis karena biasanya banyak sekali orang orang yang mengeluh disaat dihadapkannya rintangan tersebut, sehingga pebisnis itupun akan menyerah ditengan jalan dan tidak akan melanjutkan lagi bisnis tersebut.

Sebenarnya, jika kamu terdapat kendala dalam mengelola suatu bisnis, kamu bisa mencari solusinya di media online ataupun lewat konsultasi dengan para ahli bisnis, agar nantinya kamu bisa mengevaluasi setiap tindakan ataupun kesalahan yang terjadi dalam bisnis online tersebut.

Nah, tantangan yang sering kali terjadi dalam berbisnis biasanya terdapat dalam diri kita sendiri seperti rasa malas, tidak berkomitmen dan gampang menyerah. Jika tantangan itu bisa kamu lalui, mungkin bisnis yang sedang kamu jalankan ini akan lebih mudah berkembang.

2. Tidak Fokus Dalam Mengelola Bisnis Online Tersebut

Hal yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis yaitu, tidak fokus

Hal yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis yaitu, tidak fokus

Yang kedua ini biasanya sering kali terjadi karena ketidak fokusan dalam menjalankan bisnis tersebut. Disini bisa diartikan, kamu sering kali terkecoh dengan keberhasilan orang lain sehingga hal itu dapat menyebabkan kamu sibuk untuk mencari hal tentang bisnis orang lain itu, hingga kamu pun lupa mengembangkan bisnis yang kamu kelola itu.

Baca : Menganalisa Peluang Usaha

Sebenarnya untuk menganalisa bisnis orang lain itu sangat direkomendasikan oleh para ahli bisnis, tapi sebaiknya, kamu fokuskan saja dulu dengan apa yang sedang kamu bangun dan jika memang kamu akan terkecoh dengan bisnisnya orang lain, sebaiknya sebelum kamu bangun bisnis, tentukan dulu bisnis apa yang akan dibangun dan dikembangkan.

Bang, Kan tidak semua pebisnis itu sama dengan bisnis kita ? Gimana tu

Misalkan kamu sedang menjalankan atau mengelola bisnis online sebagai reseller di suatu produk dan hasil yang didapat sudah lumayan. Kemudian kamu melihat teman kamu pendapatannya lebih besar dari penghasilan kamu, namun teman kamu itu menjalankan bisnis online nya sebagai IMers (Internet marketing) bukan sebagai reseller seperti yang kamu lakukan.

Dan pasti kamu akan terkecoh dengan apa yang sedang ia jalankan, sehingga itu membuat kamu untuk belajar lebih banyak tentang internet marketing, sehingga bisnis yang kamu jalankan tidak terurus karna kamu sibuk mencari informasi tentang bisnis teman mu itu.

3. Kurangnya Praktek dan Banyaknya Mengeluh

Biasanya poin ketiga ini sangat sering saya temukan, setelah mereka belajar tentang berbagai teori maupun itu teknik bisnis online yang ia dapatkan, dan mereka sering kali untuk tidak mempraktekan teori itu.

Baca : Kamu Pemula ? Ingin Sukses Berbisnis ? Ini Kuncinya

Mereka hanya mencari hal hal tersebut hanya sebagai pengetahuan saja bukan sebagai informasi untuk dipraktekan. Selain itu, biasanya ada banyak sekali orang orang yang berkonsultasi tentang bisnis yang mereka kelola dengan pebisnis yang sudah sukses, tapi hasil dari konsultasi itu tidak mereka terap pada bisnis yang ia bangun. Hal ini dapat menyebabkan bisnis tersebut tidak mampu untuk berkembang dan itu akan membuat pebisnis itu sendiri mengeluh dengan apa yang sedang ia jalankan.

Hal diatas sangat sering saya temukan dari teman-teman pebisnis saya, mereka hanya membaca ilmu marketing tapi tidak mereka praktekkan. Mereka hanya tergoda dari pendapatan orang lain yang sudah bisa menghasilkan puluhan juta dari bisnisnya itu sehingga mereka pun juga menginginkan hal itu terjadi pada bisnis yang mereka kelola

4. Kurang Memahami Bisnis Yang Sedang di Jalankan

Hal yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis yaitu, kurang memahami bisnis yang dijalankan

Hal yang menyebabkan kegagalan dalam berbisnis yaitu, kurang memahami bisnis yang dijalankan

Yang terakhir ini adalah penyebab bisnis online gagal karna kurangnya pemahaman dengan bisnis yang sedang ia jalankan. Sehingga nantinya bisnis itu tidak pernah bisa berkembang lebih baik apalagi sukses.

Ada baiknya, jika kamu menjalankan bisnis online sesuai dengan apa yang kamu bisa dan sesuai keahlian, sehingga bisns yang kamu kelola nantinya akan terasa lebih mudah untuk dikembangkan. Dan jika ada kendala pun, maka dengan mudahnya bisa kamu handle sendiri.

Jika kamu ingin bisnis onlinemu cepat maju, maka jangan sekali-kali untuk mencoba bisnis yang tidak sesuai dengan pengetahuan yang kamu miliki, karena resiko dalam menjalankan bisnis online itu jauh lebih besar dan dapat menyebabkan kegagalan (failed) kebangkrutan.

Nah, itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan. Buat kamu calon pebisnis online, simak beberapa hal diatas agar kamu bisa mengantisipasi hal hal yang dapat menyebabkan bisnis kamu gagal.

“Penulis Merupakan Mahasiswa Fakultas Tekhnik Universitas Indonesia”

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang “beberapa hal yang menyebabkan bisnis online gagal.” Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Wassalamualaikum Wr.Wb

1 Comment

  1. triwulan guritno

    mungkin ini yang menyebabkan bisnis online saya gagal … makasih ya min info nya sangat membantu saya dalam berbisnis

About

Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.