Jalan yang ditempuh pengusaha sukses
Jalan yang ditempuh pengusaha sukses

Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan.com, kali ini kita akan bahas jalan yang ditempuh pengusaha sukses, bagaimana sih caranya? Yuk simak ulasan artikel ini sebagai berikut.

Jalan Yang Ditempuh Pengusaha Sukses

Beberapa orang terkadang begitu kagum dengan capaian dari orang lain. Biasanya, kekaguman tersebut menutup rasa ingin tahu secara utuh, tentang bagaimana proses yang sudah dilewati.

Sukses adalah capaian keberhasilan individu dan organisasi yang diakui secara sosial. Buktinya, terkadang, setiap orang dengan begitu mudah memberikan penilaian terhadap orang lain dan menyatakan bahwa, “hebat !, sekarang dia telah menjadi orang yang sukses”, meskipun tidak selalu orang yang kita apresiasi ketercapaiannya tersebut merasakan hal yang sama.

Baca : Sukses Juga Butuh Keseimbangan Karir, Keluarga dan Hiburan

Penulis disini hanya ingin berbagi pengalaman, atas keluangan informasi yang didapatkan dari beberapa sumber yang menurut penulis sendiri telah sukses di bidangnya masing-masing. Pertanyaan yang paling banyak diutarakan adalah, “bagaimana anda bisa menjadi seperti ini, apa modal awal yang kita perlukan”? Jawabannya ada 6 hal yang wajib kamu ketahui. Yaitu sebagai berikut.

Ciptakan Kesombongan Diri

ciptakan kesombogan diri
Ciptakan Kesombongan Diri, Maksudnya adalah kepercayaan diri, bahwa kita bisa melakukannya sendiri

Kata sombong memang memiliki konotasi negatif bagi para pendengar dan pembaca. Akan tetapi, dalam konteks ini, kesombongan dimaksudkan agar setiap orang memiliki kepercayaan diri dan independensi terhadap kapasitas dan kapabilitas yang mereka miliki.

Tanpa kepercayaan diri, seseorang tidak akan memiliki semangat juang yang tinggi. Tanpa independensi, seseorang tidak akan memiliki pendirian dan konsistensi.

Bangun Relasi

Membangun relasi sebanyak banyaknya
Membangun relasi sebanyak banyaknya

Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dengan orang lain. Disadari bahwa ketergantungan ini sifatnya sesuai kebutuhan. Maka mulailah bangun komunikasi dan relasi dengan orang-orang yang sekiranya dapat memberikan effect positif terhadap peningkatan kapasitas diri kalian.

Langkah awal, petakan dulu tujuan akhir kalian. Sehingga, kalian bisa benar-benar menyesuaikan diri. Buatlah rencana untuk diri sendiri, agar kalian tidak hanya menjadi bagian dari rencana besar orang lain.

Jalin dan Jaga Silaturrahmi

Menjalin dan menjaga silaturahmi dengan baik
Menjalin dan menjaga silaturahmi dengan baik

“Layaknya tanaman, tanpa disiram, maka jangankan berbuah, tumbuh pun belum tentu”. Ungkapan ini merefleksikan tentang bagaimana sebuah hubungan harus mampu dijaga dan dirawat.

Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terkadang kita lupa, kalaupun ada, mungkin hanya 0.01% masalah yang bisa kita tangani sendiri. Selebihnya kita membutuhkan bantuan orang lain. Maka mulai sekarang, jalin terus silaturrahmi, rawat, serta porsikan dengan sesuai.

Olah dan Branding Skill

olah dan tunjukan branding skill
Olah kemampuanmu dan tunjukan branding skill yang kamu punya

Mulai sekarang, petakan kelebihan dan kekurangan diri kalian. Fokus bagaimana agar setiap kelebihan yang kalian miliki dapat dimaksimalkan. Skill adalah jualan masa kini. Kalian bisa menggunakan pikiran dan tangan untuk bekerja.

Jaga keseimbangan antara soft skills dan hard skills. Selanjutnya, syiarkan seluruh kemampuan yang kalian miliki untuk diketahui orang lain. Diluar sana, ada banyak orang yang membutuhkan kemampuan yang kalian miliki. Yang kalian perlukan hanya bersabar, menunggu, hingga pilihan yang tepat jatuh ketangan kalian.

Materi

Tanpa ini, urusan dunia memang sulit untuk diatasi. Apapun itu, anda harus memiliki modal awal untuk mulai merintis usaha.

Baca : Pemula yang ingin sukses berbisnis, ini kuncinya

Manfaatkan relasi, bangun silaturahmi, sampaikan gagasan-gagasan yang ada dipikiran kalian, yakinkan orang lain bahwa keberhasilan dapat diraih bersama. Kepercayaan adalah modal besar yang dapat kalian raih. Jika kalian memiliki penghasilan sampingan, jangan lupa sisihkan setiap saat.

Aksi

Last point aksi (action)
Tahap yang harus dilakukan setelah semua sudah selesai yaitu beraksi. Lakukan aksi untuk menunjukan kemampuanmu

Poin yang terakhir adalah aksi. Ini adalah tahap penyempurnaan dan pembuktian. Sudah menjadi cerita bersama bahwa dalam proses ini biasa terjadi tarik ulur dan perdebatan dalam diri sendiri.

Yakini saja teori dasar, bahwa tidak akan ada reaksi tanpa aksi. Bagaimana bisa merasakan keberhasilan bahkan kegagalan jika tidak memulai. Lakukan dulu, dan biarkan tuhan mengatur hasil akhirnya.

Nah itulah beberapa hal yang harus kalian ikuti. Walaupun kelihatan sulit tapi itulah jalan yang harus ditempuh pengusaha jika ingin sukses. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari pengunjung belapendidikan.com

Penulis : Brilyan Anindya Dayfi
Email : brilyananindya@gmail.com

8 KOMENTAR

  1. modal juga termasuk bagian dari hal hal yang diatas ga min ? .. Soalnya kalo menilai pengusaha pasti awalnya butuh modal kan buat usaha

  2. tips nya berguna nih bagi saya yang ingin menjadi pengusaha yang sukses

  3. Hammam priyadi sa'dan

    Sangat super dan luar biasa bang, ini semoga jadi semangat untuj kami dalam berbisnis. Aamiin

  4. adelia fitriani

    tapi kenapa ya banyak masyarakat kita berpikiran lebih baik jadi pns dari pada jadi pengusaha. Kita lihat aja sekarang susahnya masuk pns, tapi kenapa masih banyak yg ttp mau jd pns daripada pengusaha, kalo pengusaha kan sebenarnya enak. Apakah semua ini karna uang lagi ?

    • Menjadi ASN dan atau karyawan swasta bukanlah kesalahan. Hanya saja, di Indonesia, pengusaha masih kurang. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman dan informasi di masyarakat tentang apa itu berbisnis, bagaimana akses permodalan, dan menentukan ide bisnis yang relevan dengan minat.

LEAVE A REPLY