Jenis – Jenis Termometer Beserta Fungsinya

oleh
jenis jenis termometer dan fungsinya
jenis jenis termometer dan fungsinya

JurnalisCun.com@Dudud – Termometer ya ? haduh … ada yang request nih tentang pelajaran IPA materi Termometer. Ini Jenis-Jenis Termometer beserta Fungsinya. Yang om dudud ketahui cuman ini semoga tidak salah ya. hehe

1. Termometer Digital


Fungsinya : digunakan untuk mengetahui suhu objek benda atau tubuh.

Termometer digital merupakan alat ukur suhu yang dibuat khusus dalam bentuk digital, dimana ia mampu memberikan tingkat akurasi yang tinggi dalam menyatakan besaran suhu pada suatu benda, ruang, maupun zat.

2. Termometer Six-Bellani


Fungsinya : digunakan untuk mengukur suhu maksimum dan minimum suatu tempat

Termometer Six-Bellani disebut pula termometer maksimum-minimum. Termometer ini dapat mencatat suhu tertinggi dan suhu terendah dalam jangka waktu tertentu. Termometer ini mempunya 2 cairan, yaitu alkohol dan raksa dalam satu termometer.

3. Termometer Ruang


Fungsinya : digunakan untuk mengukur suhu suatu ruangan

Termometer ruang biasanya dipasang pada tembok rumah atau kantor. Termometer ruang mengukur suhu udara pada suatu saat. Skala termometer ini adalah dari -50 C sampai 50 C.

4. Termometer Klinis


Fungsinya : Termometer Klinis biasanya digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia.

Termometer klinis disebut juga termometer demam. Termometer ini digunakan oleh dokter untuk mengukur suhu tubuh pasien. Pada keadaan sehat, suhu tubuh manusia sekitar 37 C. Tetapi pada saat demam, suhu tubuh dapat melebihi angka tersebut, bahkan bisa mencapai angka 40.

5. Termometer Laboraturium


Fungsinya : Termometer Laboratorium digunakan untuk perlengkapan praktikum di laboratorium.

Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu air dingin atau air yang sedang dipanaskan. Termometer laboratorium menggunakan raksa atau alkohol sebagai penunjuk suhu. Raksa dimasukkan ke dalam pipa yang sangat kecil (pipa kapiler), kemudian pipa dibungkus dengan kaca yang tipis. Tujuannya agar panas dapat diserap dengan cepat oleh termometer.
6. Termometer Bimetal


Fungsinya : untuk menunjukkan adanya perubahan suhu dengan prinsip logam akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan.

 

Termometer bimetal memanfaatkan logam untuk menunjukkan adanya perubahan suhu dengan prinsip logam akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan. Kepala bimetal dibentuk spiral dan tipis, sedangkan ujung spiral  bimetal ditahan sehingga tidak bergerak dan ujung lainnya menempel pada pinggir penunjuk

Semoga Bermanfaat. TerimaKasih
” Budayakan Komentar setelah Membaca Artikelnya “

@Dudud

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.