Kolaboratif Masyarakat Dalam Menyikapi Berita Berdasarkan Data dan Fakta

oleh
Kolaboratif masyarakat dalam menyikapi berita berdasarkan data dan fakta - Ahjar Rifai
Kolaboratif masyarakat dalam menyikapi berita berdasarkan data dan fakta - Ahjar Rifai

Web portal pendidikan – Hasil kiriman esai hari ini dengan judul kolaboratif masyarakat dalam menyikapi berita berdasarkan data dan fakta, disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email lombaesai@belapendidikan.com

Kolaboratif Masyarakat Dalam Menyikapi Berita Berdasarkan Data dan Fakta

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan di bidang media informasi dan teknologi pada saat ini telah berjalan begitu pesat, sehingga dalam menempatkan suatu bangsa pada kedudukan sejauh mana bangsa tersebut maju didasarkan atas seberapa jauh bangsa itu menguasai kedua bidang tersebut.

Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang hidup dalam lingkungan global, maka mau tidak mau juga harus terlibat dalam maju mundurnya penguasaan media informasi dan teknologi, khususnya untuk kepentingan bangsa sendiri.

Kemajuan media informasi dan teknologi sudah dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, baik dari segi positif maupun negatif dari penggunaanya.

Hal ini dikarenakan pengaksesan media informasi dan teknologi ini tergolong sangat mudah atau terjangkau untuk berbagai kalangan, baik untuk para kaula muda maupun tua dan kalangan kaya maupun menengah ke bawah.

Fungsi Media Informasi dan Teknologi

Salah satu fungsi media informasi dan teknologi yang paling utama adalah dengan cepatnya masyarakat untuk mendapatkan sebuah berita.

Berita adalah suatu laporan cepat mengenai peristiwa terbaru dan penting untuk disampaikan kepada masyarakat. Berita dapat disajikan dalam bentuk surat kabar, radio, siaran tv maupun media online.

Menulis atau menyampaikan suatu berita bukan sekadar mencurahkan isi hati. Sebuah berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, aktual, dan informatif.

Tidak seperti menulis karangan yang mendayu-dayu. Berita dapat dikatakan juga sebagai laporan tentang suatu kejadian yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa.

Berita merupakan fakta yang memang dianggap penting harus segera disampaikan kepada masyarakat. Tetapi tidak semua fakta dapat dijadikan berita oleh media, fakta-fakta yang ada akan dipilih sehingga fakta mana saja yang pantas untuk disampaikan kepada masyarakat.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat semakin mudah mengakses segala informasi hanya dengan memanfaatkan internet.

Kehadiran media elektronik adalah salah satu faktor pendukung derasnya arus informasi yang dapat diterima masyarakat. Contohnya adalah siaran berita di televisi, situs berita online, akun-akun berita di sosial media, dan sebagainya.

Media elektronik, selain dirasa lebih mudah dalam mengakses informasi yang dibutuhkan, juga umumnya lebih cepat dalam menyebarluaskan suatu isu atau berita terbaru. Karena, hanya dengan satu kali siaran di televisi atau satu kali posting di dunia maya, dapat segera dilihat oleh masyarakat melalui televisi atau ponsel mereka. Sayangnya, tidak semua informasi yang dimuat media elektronik adalah benar.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *