Komunikasi Sumber Pemersatu Bangsa

oleh -45 views
Komunikasi sumber pemersatu bangsa marlinda k
Komunikasi sumber pemersatu bangsa marlinda k

Web portal pendidikan – Hasil kiriman esai pada hari ini dengan judul komunikasi sumber pemersatu bangsa, disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email lombaesai@belapendidikan.com

Komunikasi Sumber Pemersatu Bangsa

Seiring berjalannya waktu, semua akan berubah. Teknologi pun semakin canggih misalnya media elektronik yaitu Televisi, Radio, Handphone dan lain-lain.

Tentunya, di era globalisasi semua orang pasti mengenal baik dengan “Internet” terutama anak-anak. Internet memiliki banyak manfaat. Bermain game online, menonton video, melihat gambar berkaitan dengan internet.

Tetapi, paling terpenting ialah mencari informasi untuk menambah pengetahuan, bila belum mengetahui sesuatu entah itu melakukan hal-hal yang belum dilakukan atau hanya menambah wawasan pikiran untuk menjadi bekal di masa yang akan datang.

Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku, budaya, ras, daerah dan kepercayaan agama. Hal itulah yang membuat orang-orang berpikir bahwa orang Indonesia dapat bertoleransi dengan adanya banyak perbedaan.


Namun, bagaimana jika ada sesuatu hal yang dapat menimbulkan peperangan, masalah, serta berkurangnya moral? Mengapa hal itu bisa terjadi?

Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa hal ini adalah masalah kecil, namun jika dibiarkan atau diabaikan begitu saja maka itu akan menjadi masalah yang besar dan berdampak buruk bagi diri sendiri serta orang lain. Sesuatu yang buruk harus dihilangkan secara perlahan.

Semua itu butuh proses. Setiap masalah ada solusinya. Maka dari itu, sebelum memulai sesuatu hendaklah berpikir secara matang. Karena setiap rintangan ada resiko.

Hoaks? Apa arti kata “Hoaks”? Hoaks merupakan suatu informasi maupun berita yang sesungguhnya tidak benar, orang-orang mengenalnya berita palsu. Informasi itu dibuat seolah-olah nyata atau benar tetapi tidak ada didalam kehidupan nyata. Apakah anak-anak juga mengetahui hal itu?

Tentunya iya, apalagi di zaman sekarang anak-anak diperkenankan memegang gadget contohnya laptop/komputer dan handphone. Mengapa harus laptop dan handphone?

Kebanyakan mahasiswa maupun siswa/i SD sampai SMA menggunakan media elektronik, Laptop untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, jika ada waktu, alat itu digunakan sebagai alat penghibur diri untuk bermain game, menonton film, video dan lain-lain.

Tetapi, Handphone sangatlah praktis. Bisa dibawa kemana saja dan kapan saja. Dari hal itulah yang membuat kerabat, keluarga maupun teman yang jaraknya jauh dengan mudah bersosialisasi.

Mengapa muncul adanya kata “Hoaks”? Apa saja dampak positif dan negatif dari perbuatan itu?
Orang-orang yang belum memahami dengan sesungguhnya yang menyebabkan hoaks itu ada. Walaupun hoaks memiliki banyak dampak negatif, tapi ada juga dampak positifnya. Dampak positif dari perbuatan itu ialah:

  1. Menjadi terkenal karena mencari ketenaran atau sensasi dengan menyebar berita hoaks.
  2. Mudah mendapatkan uang dengan memberikan informasi yang tidak benar.
  3. Mendapatkan banyak teman bila banyak yang mempercayainya.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *