Literasi Sebagai Pintu Masa Depan Pendidikan

oleh -108 views
literasi sebagai pintu masa depan pendidikan
literasi sebagai pintu masa depan pendidikan

Web portal pendidikan – Hasil kiriman esai pada hari ini dengan judul literasi sebagai pintu masa depan pendidikan , disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email admin@belapendidikan.com.

Literasi Sebagai Pintu Masa Depan Pendidikan

Dunia literasi erat kaitannya dengan hal-hal sifatnya kebahasaan. Mulai dari membaca, menulis, ataupun berbicara. Kemampuan dasar literasi adalah membaca dan menulis sedangkan untuk mendapatkan kemampuan tersebut adalah melalui pendidikan sebagai gerbang utamanya.

Di zaman teknologi seperti sekarang, keberadaan literasi membuat seseorang mudah berkomunikasi dalam masyarakat jika memiliki pengetahuan dan kemampuan literasi yang baik akan menjadi kunci masa depan manusia yang berperadaban tinggi dengan ilmu pengetahuan. Terlebih di abad ke 21 ini, keterampilan membaca bukan hanya kemampuan membaca biasa tetapi harus dipenuhi dengan tuntutan memahami informasi secara kritis dan analitis.

Merujuk data dari PIRLS (Progress in International Reading Literacy Study) yang merupakan studi internasional tentang literasi membaca untuk siswa sekolah dasar. Tahun 2011 Indonesia berada di peringkat ke 42 dari 45 negara dengan nilai 428 untuk kategori Reading Achievement (sumber: www.timssandpirls.bc.edu).

Baca : filter hoaks dengan literasi

Sedangkan menurut data PISA (Program for International Student Assessement) yaitu sebuah program penilaian tingkat dunia untuk menguji kemampuan akademik anak-anak sekolah usia 15 tahun dengan tujuan untuk meningkatkan metode-metode pendidikan yang lebih baik ke depannya. Tahun 2015 Indonesia diperingkat ke 64 dari 72 negara yang ikut berpartisipasi (sumber: www.oecd.org).

Berdasarkan kedua data tersebut, Indonesia hampir berada di peringkat paling bawah yang secara keseluruhan menggambarkan tingkat rata- rata kemampuan akademik anak-anak Indonesia. Data tersebut dapat dijadikan acuan untuk perbaikan sistem pendidikan di Indonesia yang menjadi tolak ukur kemajuan bangsa.

Membaca sebagai ilmu dasar yang diajarkan ketika anak-anak memulai masa pendidikannya menjadi poin penting dalam upaya pemerataan di seluruh daerah agar tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang buta aksara selain juga memperbaiki sistem yang dirasa tepat untuk mengembalikan minat anak-anak Indonesia dalam hal literasi.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *