web portal pendidikan – Selamat pagi sob, hari ini kita akan bahas kelanjutan dari sumber energi. Artikel kali ini akan kita bahas macam macam sumber energi, yaitu Energi bunyi, energi panas, energi cahaya, dan energi listrik. Untuk lebih lengkapnya dapat kalian simak dalam artikel berikut.

Macam Macam Sumber Energi

1. Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan bentuk energi yang dapat didengar. Bunyi dihasilkan oleh benda benda yang bergetar. Kuat lemah bunyi dipengaruhi oleh amplitudo atau simpang getar. Tinggi rendahnya bunyi dipengaruhi oleh frekuensi (banyak getaran perdetik).

a. Sifat Sifat Bunyi

  • Bunyi dapat merambat melalui zat padat, cair dan gas.
  • Bunyi dapat dipantulkan atau diserap.
    Pemantulan bunyi dapat menimbulkan gaung dan gema. Gaung merupakan bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli. Gema merupakan bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli.

b. Manfaat Bunyi

Bunyi sangat bermanfaat antara lain sebagai alat bantu untuk komunikasi, menikmati musik, dan tanda peringatan (bunyi sirine).

2. Energi Panas

a. Pengaruh Panas Terhadap Benda

  • Dapat mengubah wujud benda
  • Dapat menyebabkan benda padat, cair, dan gas memuai

b. Cara Perpindahan Panas

  • Radiasi/pancaran, yaitu perpindahan panas tanpa zat perantara. Contohnya, panas matahari sampai ke bumi dan panas api unggun ke benda benda di sekelilingnya.
  • Konveksi/aliran, yaitu perpindahan panas melalui zat perantara yang disertai perpindahan zat perantara itu.
  • Konduksi/hantaran, yaitu perpindahan panas melalui zat perantara tanpa disertai perpindahan zat perantara itu. Contohnya, perpindahan panas pada sepotong besi.

c. Manfaat Energi Panas

  • Menghangatkan tubuh
  • Memasak
  • Mengeringkan pakaian dan hasil pertanian
  • Mengubah bentuk benda pada pembuatan perkakas dan alat sesuai keinginan
  • Dapat diubah menjadi energi listrik

3. Energi Cahaya

Energi cahaya merupakan bentuk dari energi yang dapat kita lihat. Energi cahaya berasal dari matahari, lampu, lilin dan senter.

a. Sifat Sifat Cahaya

  • Cahaya Merambat Lurus
    Berkas cahaya matahari yang masuk ke ruangan merambat lurus. Sifat cahaya ini dimanfaatkan pada lampu senter dan kendaraan bermotor
  • Cahaya Dapat Dipantulkan
    Pemantulan cahaya dapat berupa pemantulan teratur (jika jatuh pada bidang datar) dan pemantulan baur/difus (jika jatuh pada bidang tidak datar).
  • Cahaya Dapat Menembus Benda Bening
    Cahaya dapat menembus benda bening atau transparan (plastik, kaca dan air). Bukti cahaya menembus benda bening antara lain, ikan dan tumbuhan dapat hidup di air karena cukup cahaya, cahaya matahari masuk ke dalam rumah melalui kaca jendela.
  • Cahaya Dapat Dibiaskan
    Pembiasan cahaya adalah peristiwa perubahan atau pembelokkan arah berkas cahaya dari suatu zat ke zat lain. Peristiwa ini terjadi jika cahaya melalui batas dua medium yang berbeda kerapatannya.
  • Cahaya Dapat Diuraikan
    Cahaya dapat diuraikan menjadi tujuh warna pelangi (spectrum) yang dapat dilihat mata, yaitu merah, jingga, kunng, hijauh, biru, nila, dan ungu. Peristiwa ini disebut dispersi cahaya. Benda yang dapat menguraikan warna ini antara lain prisma kaca dan titik titik embun/air hujan.

b. Manfaat Cahaya

Cahaya sangat bermanfaat untuk penerangan, membantu penglihatan dan dapat membantu proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.

4. Energi Listrik

Energi listrik merupakan bentuk energi yang dihasilkan oleh arus listrik. Energi listrik paling banyak digunakan dibandingkan energi lainnya. Energi listrik digunakan di rumah, sekolah, perkantoran, dan tempat umum lainnya. Energi listrik digunakan di desa hingga di kota.

a. Sumber Energi Listrik

  • Aki/akumulator
    Bahan utamanya adalah bejana plastik/kaca, H2SO4 (asam sulfat encer), dan dua timbal. Akumulator disebut juga elemen basah.
  • Baterai
    Bahan utama baterai adalah bejana seng, batang arang, dan obat baterai/zat kimia (campuran serbuk arang, mangan dan zalmiak).
  • Dinamo dan Generator
    Bahan utamanya adalah kumparan kawat tembaga dan magnet. Antara magnet dan kumparan harus terjadi perubahan kedudukan sehingga perlu digerakkan/diputar. Pada dinamo, kepala dinamo diputar oleh ban sepeda. Pada generator turbin, Turbin diputar oleh aliran air atau uap sehingga menghasilkan arus listrik sangt besar.
  • Sel Surya
    Seperangkat sel yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

b. Perubahan Bentuk Energi

Energi listrik mudah berubah ke bentuk energi lainnya sehingga dapat mempermudah banyak pekerjaan manusia. Oleh karena itu, energi listrik disebut juga energi serba guna. Energi listrik dapat berubah menjadi:

  1. Energi Panas, misalnya pada setrika listrik, kompor listrik, soldier listrik dan oven.
  2. Energi Gerak, misalnya pada kipas angin, mesin cuci, blender dan bor listrik.
  3. Energi Bunyi, misalnya pada radio dan sirine.
  4. Energi Cahaya, misalnya pada bohlam lampu dan neon.
  5. Energi Kimia, misalnya pada proses penyetruman aki dan baterai.

c. Rangkaian Listrik Sederhana

Arus listrik dalam rangkaian tertutup dapat menyalakan lampu. Alat untuk menyambung atau menutup dan memutus atau membuka arus listrik adalah sakelar.

Macam macam rangkaian listrik adalah sebagai berikut.

  1. Rangkaian lampu listrik seri
  2. Rangkaian lampu listrik paralel
  3. Rangkaian baterai seri
  4. Rangkaian baterai paralel

Pemanfaatan Energi Listrik

Dalam kehidupan sehari hari energi listrik banyak gunanya. Bahkan, dalam zaman yang modern ini sebagian besar peralatan yang membantu kehidupan manusia menggunakan energi listrik. Berikut ini beberapa kegunaan energi listrik.

  1. Alat alat rumah tangga, seperti kulkas, mixer, televisi, mesin cuci, setrika, kipas angin, dan AC.
  2. Penerangan rumah tangga, jalan, dan perkantoran.
  3. Menggerakan mesin pabrik dan industri.
  4. Lampu pengatur lalu lintas, mercusuar, dan tower yang tinggi.
  5. Mengoperasikan alat alat kedokteran.
  6. Mengoperasikan alat transportasi dan telekomunikasi.

Penghematan Energi Listrik

Energi listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik melalui proses yang rumit. Ada yang dihasilkan dari gerakan air (PLTA), tekanan uap (PLTU), reaktor nuklir (PLTN), bahkan ada generator listrik yang digerakkan dengan bahan bakar minyak.

Bahan bahan tersebut ada yang tidak dapat diperbaharui, misalnya bahan bakar minyak, batubara dan panas bumi. Oleh karena itu, kita harus menghemat pemakaian listrik supaya tidak cepat habis dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Begitu banyak dan pentingnya kegunaan listrik dalam kehidupan kita sehingga energi listrik menjadi mahal.

Cara Menghemat Energi Listrik Dapat Dilakukan Dengan Cara.

  • Tidak menyalakan lampu pada siang hari di tempat yang terang.
  • Menggunakan lampu hemat energi
  • Menggunakan alat listrik yang hemat energi
  • Mematikan alat listrik yang tidak digunakan.

Itulah penjelasan dari artikel Macam Macam Sumber Energi. Untuk kekurangan dalam artikel ini kami minta maaf yang sebesar besarnya. Jika ada kritik dan saran kami harapkan saudara untuk menuliskan di kolom komentar bawah demi terciptanya konten yang berkualitas dan informatif.

Mas Hafiz
Seorang blogger amatir yang hobinya nulis, tidak terikat instansi apapun. Jika kamu mempunyai hobi yang sama, mari kita bangun situs ini lebih baik. Mencerdaskan seluruh pembaca adalah niat dan tujuan situs ini berdiri.