Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari

oleh -693 views
manfaat minum kopi pagi hari
beberapa manfaat minum kopi di pagi hari

Web Portal Pendidikan – Selamat pagi sob, kali ini kita bahas manfaat minum kopi pagi hari. Wah min apakah ada manfaatnya kita minum kopi ? Tergantung bagaimana kita melakukannya. Ketika kita minum lebih dari 2 kali sehari tentu itu tidak baik. Nah alangkah baiknya minum kopi itu pada saat pagi hari atau sore hari.

Manfaat Minum Kopi Pagi Hari

Kopi sangat terkenal sebagai minuman di pagi hari untuk memulai hari supaya tubuh serta pikiran menjadi lebih segar, serta juga umum dipakai sebagai minuman untuk menemani di saat tidur larut malam.

Mesikipun kopi tidak dikategorikan sebagai makanan ataupun minuman sehat, banyak penelitian yang sudah mengungkapkan bahwa minum kopi bahkan 3 gelas ataupun lebih dalam sehari memberikan dampak kesehatan bagi tubuh.

Sebuah penelitian yang panjang 13 tahun dan melibatkan kurang lebih 300 ribu orang– yang dillakukan oleh National Cancer Institute serta diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi mempunyai resiko kematian dini 16 persen lebih kecil.

Khasiat Minum Kopi untuk Kesehatan

Minum kopi terbukti bisa menambah kadar hormon stres dalam tubuh serta memicu efek ketergantungan pada kafein. tetapi berikut ini merupakan berbagai khasiat kopi bagi kesehatan, dengan catatan kamu membatasi pemakaian kream serta gula.

Berikut ini Beberapa Manfaat Minum Kopi Pagi Hari

  • Kopi mencegah penyakit batu empedu

Para peneliti di Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari penyakit batu empedu. Suatu studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.

  • Kopi bisa mencegah depresi

Perempuan yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi, serta mereka yang minum empat cangkir mempunyai resiko 20 persen lebih rendah, menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine.” Perlu juga harus kamu ingat mengkonsumsi kopi jangan sambil merokok, tentu itu akan berdampak pada hati dan organ dalam lainnya.

Baca Juga : Beberapa Tips Berhenti Merokok

  • Kopi bisa meningkatan memori daya ingat

Kopi bisa menolong menambah memori daya ingat, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam suatu studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein menambah memori jangka singkat serta kecepatan reaksi.

Yang lebih hebat lagi, suatu penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa wanita berumur 65 lebih yang selalu minum 3 gelas kopi dalam sehari mempunyai kemampuan lebih baik dalam tes memori. Dan mungkin juga untuk menunjukkan penurunan memori dibanding mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

  • Kopi mengurangi resiko diabetes

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami diabetes. Suatu laporan pada Januari 2012 dalam ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ kemudian membahas alasannya.

Yaitu sebab efek senyawa yang terkandung dalam kopi bakal menghalangi hIAPP, polipeptida yang bisa menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes.

Benarkah Kopi Bisa Menurunkan Resiko Kanker ?

  • Kopi menurunkan resiko kanker

Konsumsi kopi sudah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat serta kanker hati, serta mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen serta insulin. Suatu studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua hingga tiga cangkir sehari bisa mengurangi risiko alias menunda timbulnya kanker payudara.

Tetapi tak hanya wanita yang memperoleh keuntungan. Suatu studi yang baru-baru ini keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi baik yang biasa ataupun tanpa kafein mengakibatkan penurunan risiko kanker prostat.

  • Kopi menambah metabolisme tubuh

Kopi bisa menolong Kamu mempertahankan ataupun juga menurunkan berat badan. Suatu studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

  • Kopi menurunkan resiko penyakit Parkinson

“Journal of American Medical Association” pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein ataupun kopi bakal menghasilkan risiko lebih rendah menderita Parkinson. Suatu studi 2010 juga menemukan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang mempunyai kesempatan 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit tersebut.

  • Kopi mengandung antioksidan tinggi

Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi mempunyai banyak antioksidan daripada banyaknya sayuran serta buah-buahan. Bahkan, suatu studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

Kopi Menambah Kemampuan ? Cocok nih untuk olahragawan yang ingin mengikuti olimpiade

  • Kopi menambah kinerja serta kemampuan

Kopi maupun kafein didalamnya sudah ditunjukkan dalam berbagai studi bisa menambah daya tahan serta kinerja jangka pendek. Suatu penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa kegunaaan kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), peristiwa stop-and-go serta pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang.

Faktor ini juga bisa menolong atlet tampil baik selagi latihan kekuatan bahkan ketika tidak banyak tidur apabila dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

  • Kopi bisa mencegah encok

Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berumur lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang dikarenakan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler ataupun yang tanpa kafein bakal memberikan dampak positif, serta mereka yang minum 6 cangkir kopi sehari mempunyai risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

Kesimpulan yang dapat saya sampaikan adalah, mengkonsumsi kopi atau kafein yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berbeda ketika kita mengkonsumsi kopi dengan kadar yang pas 1 atau 2 cangkir kopi dalam sehari.

Untuk menjaga kesehatan bukan hanya minum kopi saja setiap harinya namun bisa ditambahkan dengan pola hidup sehat. Makan makanan bergizi dan berprotein, mengkonsumsi sayur dan buah serta berolahraga yang teratur.

Itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel manfaat minum kopi pagi hari. Jika anda ada tambahan point point terkait manfaat dari kopi alangkah baiknya anda ikut membantu kami dalam melengkapi artikel ini.

Kamu bisa mengirimkan kritik saran dan tambahan pada kolom komentar yang tertera dibawah ini. Terima kasih untuk yang selalu support dan mendukung kami setiap saat. Kami akan terus mengembangkan artikel artikel berkualitas lainnya. Cukup sampai disini artikel tentang manfaat minum kopi pagi hari.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

8 thoughts on “Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari

  1. kalo menurut saya minum kopi itu cukup 1 kali sehari saja. Karena banyak banyak mengkonsumsi kopi tidak baik juga untuk kesehatan.. Begitu juga dalam ilmu kedokteran.. Saya pernah baca baca sih seperti itu

  2. wah, ternyata kopi bisa mengatasi kanker.. Tapi kenapa bnyk ilmu kedokteran belum mengetahui obat untuk mengatasi kanker, kalo iya kopi itu bisa kenapa banyak orang tidak tertolong karena kanker?

  3. cocok nih pagi pagi browsing tentang kopi eh nemu manfaatnya.. saya sering tiap pagi minum kopi pak, tapi baru tau nih ada banyak manfaatnya bagi tubuh

  4. Mantap gan,, saya pernah juga minum kopi waktu pagi hari. kerasa benar perbedaannya sama yang minum sama yang engga .. ketika saya minum kopi badan saya terasa segar gatau kenapa, tapi kalo saya engga minum kopi badan saya biasa biasa saja

  5. emang paling enak minum kopi di pagi hari, ane paling suka kopi yang ga pake gula itu tu… bikin mata seger 🙂

Comments are closed.