Web portal pendidikan – Esai kali ini berjudul Memperbaiki Moral Pelajar Generasi Milenial, yang dikirimkan oleh salah satu peserta dalam ajang lomba esai nasional bersama belapendidikan.com. Untuk lebih lengkapnya dapat kita lihat sebagai berikut.

Memperbaiki Moral Pelajar Generasi Milenial

Istilah generasi millenial sangat populer saat ini. Generasi yang sangat dekat dengan teknologi canggih ini banyak menggunakan media sosial dalam berbagai kegiatannya. Saat ini semua orang mulai dari anak dibawah umur hingga orang tua telah banyak menggunakan media sosial.

Media sosial memang membawa dampak yang baik bagi semua orang. Namun disamping manfaatnya itu dapat merusak moral bila anak-anak tidak disertai bimbingan dalam menggunakannya.

Banyak pelajar kecanduan dan sulit untuk lepas dari media sosial yang menjadikannya bagian hidup dirinya. Banyak dampak negatif dalam penggunaan media sosial. Sebagai seorang pelajar kita seharusnya bijak menggunakannya.

Bukan menjadi ajang kita untuk memberi tau semua orang apa yang kita rasakan, bukan untuk ajang pamer, bukan tempat untuk saling ejek-mengejek, hina-menghina dan bukan untuk mempertunjukkan semua kegiatan kita serta memperlihatkan setiap lekukan tubuh kita, bukan untuk melihat ataupun mempersebar-luaskan gambar atau video yang tidak senonoh kepada orang lain.

Media sosial kita gunakan untuk mendapatkan informasi, berbagi cerita yang membangun, menciptakan hal-hal yang bernilai moral, tempat kita berkreativitas dengan baik, serta untuk hal-hal lain yang memberi dampak bagi kebaikan semua orang.

Masalah yang dialami oleh pendidikan kita saat ini :

Telah banyak kasus yang dapat kita lihat dimedia sosial maupun media cetak yang memuat tentang kerusakan moral pelajar saat ini dari penyalah-gunaan media sosial. Misalnya pelajar SMA di Kalimantan yang pamer dada dimedia sosial, pelajar di Padang Panjang tawuran karena ejek-mengejek di facebook, anak SD yang saling ejek-mengejek di media sosial yang mengakibatkan salah seorang anak dianiya orang tua siswa yang anaknya diejek serta masih banyak lagi kasus lainnya. Inilah beberapa bukti yang mencerminkan bahwa semakin tercemarnya moral anak bangsa saat ini.

Adakah Cara Untuk Mengatasi Hal Semacam ini ?

Untuk mengatasi masalah ini diperlukan pengawasan orang tua dan pengawasan guru yang ketat. Kebanyakan orang tua sekarang ini hanya sibuk dengan urusannya. Lupa membimbing anaknya, tidak mengetahui pergaulan anaknya, cuek terhadap anak bahkan membiarkan anak bertumbuh sendiri sehingga melakukan sesuatu semaunya.

Hal ini akan membuat anak semakin bebas melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya.

Dirumah anak sebaiknya dibatasi menggunakan media sosial agar tidak jatuh dalam penggunaan media sosial yang salah ataupun berlebihan. Banyak hal yang dapat dilakukan agar anak tidak terlalu banyak menggunakan media sosial.

Anak bisa diajak bercerita tentang kegiatan dan pergaulannya sehingga kita tau sejauh mana perkembangan anak dan mengetahui jika ada kesalahan-kesalahan yang dia lakukan. Bercerita tentang keinginan dan masa depannya, serta bercerita tentang hal-hal yang menarik yang bisa membangun moral anak.

Misalnya menceritakan seorang tokoh yang memiliki akhlak baik atau perjuangan seorang tokoh hingga mencapai keberhasilan. Ini akan membuat anak semakin tertarik untuk melakukan sesuatu dengan mengikuti cara tokoh tersebut.

Solusi dari masalah saat ini yaitu :

Selain itu meminta semua anggota keluarga mengumpulkan dan saling memeriksa handphone anggota keluarga lainnya. Ini dapat mengurangi tindakan yang tidak baik saat anak menggunakan media sosial.

Disekolah pelajar dapat dibina cara menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak menyimpang dari nilai-nilai moral. Disekolah juga dapat diadakan lomba untuk meningkatkan moral anak. Lomba tersebut dapat berupa membuat video yang berisi nilai-nilai moral, film kebaikan, membuat cerita moral dan dampak media sosial, membuat poster moral dan dampak media sosial, lomba membuat drama yang menceritakan dampak media sosial, ataupun lomba lainnya agar siswa tidak kecanduan menggunakan media sosial.

Esai ini ditulis oleh Adil Jaya Manalu kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com