Menciptakan Pendidikan Yang Baik

Esai : Menciptakan Pendidikan Yang Baik

Web portal pendidikan – Esai kali ini berjudul menciptakan pendidikan, yang dikirimkan oleh salah satu peserta dalam ajang lomba esai nasional bersama belapendidikan.com. Untuk lebih lengkapnya dapat kita lihat sebagai berikut.

Esai : Menciptakan Pendidikan

Pendidikan dan Indonesia adalah dua kata yang sangat indah. Bagaimana tidak? Pendidikan adalah suatu hal yang penting yang sudah ditanamkan sejak dulu, dimana setiap orang harus mempunyai pendidikan atau setidaknya mempunyai gelar ber-pendidikan.

Pendidikan terkait dengan ilmu, maka dari itu ada pepatah yang mengatakan bahwa “Kejarlah ilmu sampai ke negeri china” mengapa tidak mengejarnya sampai ke seluruh dunia?

Karena ilmu tidak akan pernah mati dan tidak akan pernah habis. Bicara tentang Indonesia, negeri yang kaya raya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Memiliki banyak pulau, beragam suku bangsa dan agama, beragam bahasa namun memegang teguh akan pancasila dan persatuan. Itulah Indonesia, negeri yang seringkali dipandang sebelah mata namun mempunyai kekayaan yang luar biasa dibaliknya.

Berbicara tentang pendidikan saat ini, cukup merasa ‘miris’ dengan keadaannya dimana tujuan dari pendidikan itu sendiri belum tercapai sepenuhnya. Pendidikan adalah sebagai awal untuk menggapai masa depan yang cerah dan pendidikan itu ialah hak bagi seluruh masyarakat.

Pendidikan bukan hanya di dapatkan dari sekolah ataupun tempat les, namun di dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Lalu, siapa saja yang menjadi perantara untuk menyalurkan pendidikan tersebut?

Yaitu peran Guru, Orangtua dan Masyarakat sekitar. Mereka adalah orang yang akan membantu melahirkan generasi-generasi yang cerdas dan berpendidikan. Bagaimana tidak?

Semasa kecil, peran Orangtua adalah yang sangat penting ia akan mengajari anak-anaknya bagaimana cara mengucapkan kata ‘Ayah dan Ibu’ lalu memberikan edukasi mana yang baik dan mana yang benar, membantunya berjalan, memberikan edukasi pendidikan yang baik agar kelak anak-anak mereka akan menjadi seseorang yang berguna maka dari itu, pengalaman dan edukasi terbaik datangnya dari peran orangtua.

Peran Guru, ia memiliki dedikasi untuk mencerdaskan dan mendidik generasi-generasi bangsa ini. Guru ialah suatu profesi yang amat sangat mulia, namun saat ini Guru tidak dihargai dengan baik bukan hanya dari pendapatan ataupun materi yang di dapatkan namun, oleh muridnya sendiri pun Guru terkadang tidak dihargai sebagaimana mestinya.

Lalu, apa peran Masyarakat untuk menciptakan pendidikan?

Selain peran Guru dan Orangtua, masyarakat juga perlu untuk mengedukasi ataupun di edukasi. Peran masyarakat adalah membantu satu sama lain untuk membangun sebuah pendidikan yang baik di lingkungan sekitar dengan memberikan contoh yang baik walaupun dari hal yang kecil.

Banyak masyarakat yang mengeluh akan citra pendidikan Indonesia saat ini, entah mengeluh dengan kurikulum yang baru ataupun soal biaya untuk mendapatkan pendidikan tersebut.

Kalau begitu, siapa yang harus di salahkan?

Katanya, kurikulum di Indonesia ini belum sempurna apalagi dengan sistem ‘full day school’ ini katanya memberatkan bagi anak-anak walaupun sebenarnya sistem ini mempunyai tujuan yang bagus agar anak-anak tidak banyak meluangkan waktu yang sia-sia diluar jam sekolah.

Lalu soal biaya, pendidikan adalah hak bagi seluruh masyarakat Indonesia namun mengapa saat ini pendidikan sangatlah di persulit untuk warga yang kurang mampu dan dampaknya adalah banyak anak-anak yang kurang diberikan pendidikan ataupun edukasi karena dari orangtua nya pun belum tentu mempunyai gelar yang ber-pendidikan.

Banyak anak-anak diluar sana yang ingin sekolah namun terbatas akan adanya biaya, maka dari itu banyak anak-anak yang terlantar di jalanan sebagai pengemis, pengamen bahkan menjadi pelaku kriminal karena dari lingkungan sekitarnya pun kurang akan adanya edukasi.

Mari, kita bentuk bersama lingkungan yang ber-pendidikan sejak dini dari mulai mencontohkan hal-hal yang baik walaupun itu dari hal yang kecil. Tidak perlu membuat sesuatu yang besar, mulailah dari sesuatu yang kecil sehingga akan membentuk yang besar.

Mulailah dengan ikhlas, karena kalau tidak ikhlas maka tidak akan berjalan sempurna. Mari ciptakan pemikiran yang berpendidikan agar membentuk pribadi yang cerdas.

Esai ini ditulis oleh Syafina Juliza kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Tags:
About

Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

POST YOUR COMMENTS