Mengapa Ibu Hamil Selalu Diberikan Suplemen Zat Besi ?

oleh -407 views
mengapa ibu hamil selalu diberikan suplemen zat besi
mengapa ibu hamil selalu diberikan suplemen zat besi

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat belapendidikan, kali ini saya akan mengulas artikel tentang kesehatan. Menurut kalian, mengapa ibu hamil selalu diberikan suplemen zat besi ? Untuk menemukan jawabannya mari kita simak artikel berikut.

Mengapa Ibu Hamil Selalu Diberikan Suplemen Zat Besi ?

Dalam setiap pemeriksaan kandungan yang dilakukan sebulan sekali oleh dokter kandungan Anda, dokter selalu memberikan resep berupa suplemen ibu hamil yang berisi suplemen zat gizi serta kombinasinya.

Mungkin sering kali Anda bertanya-tanya mengapa harus selalu mengkonsumsi zat besi setiap hari selama masa kehamilan.

Bahkan bagi kebanyakan ibu hamil, konsumsi suplemen zat besi membuat feses mereka terlihat lebih hitam dibandingkan saat tidak mengkonsumsi zat besi.

Beberapa suplemen zat besi juga memiliki bau yang tidak sedap atau apek khas zat besi yang terkadang menimbulkan rasa enggan untuk mengkonsumsinya.

Ternyata ada banyak alasan yang membuat dokter kandungan selalu meresepkan suplemen zat besi untuk ibu hamil, diantaranya:

  1. Membentuk banyak sel darah merah. Zat besi memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia tersebut membuatnya menjadi suplemen wajib ibu hamil.
  2. Membangun sistem imun yang baik untuk bayi dan ibu. Dalam hal ini zat besi memiliki peranan dalam memproduksi sel darah termasuk sel darah putih yang memiliki fungsi membentuk sel imun tubuh.
  3. Membangun massa otot dengan membangun jaringan-jaringan baru.
  4. Mengurangi resiko keguguran pada kandungan karena tersdianya cukup sel darah yang dibutuhkan dalam membentuk kandungan yang kuat untuk menompang bayi.
  5. Mengurangi resiko bayi lahir cacat atau prematur dengan menyediakan suplai sel darah merah yang dibutuhkan saat bayi berkembang.
  6. Menjaga berat badan bayi agar proporsional.

Selain zat besi sebetulnya masih banyak lagi zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil dalam jumlah lebih banyak dibandingkan biasanya.

Seperti contohnya adalah asam folat, vitamin D, vitamin C, calcium dan sebagainya. Semua itu bisa Anda dapatkan dari makanan dan kebiasaan hidup yang baik.

Sayangnya karena ibu hamil belum tentu mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan baik dalam hal jumlah dan kualitasnya, maka memberikan suplemen sebagai sumber zat gizi alternatif menjadi cara yang paling tepat untuk dilakukan.

Untuk mendapatkan suplemen zat besi yang Anda butuhkan, Go Apotik selalu siap setiap saat. Kunjungi https://www.goapotik.com/ dan pesanlah suplemen yang Anda butuhkan sesuai dengan saran atau resep dokter kandungan Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “mengapa ibu hamil selalu diberikan suplemen zat besi”. 

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.