Menghargai Peninggalan Bersejarah

689
menghargai peninggalan bersejarah
menghargai dan melestarikan peninggalan bersejarah merupakan tanggung jawab dari kita semua

web portal pendidikan – Selamat malam sob, kali ini saya akan buat artikel tentang caranya menghargai peninggalan bersejarah. Untuk informasi lengkapnya dapat kalian simak dalam artikel berikut ini.

Menghargai Peninggalan Bersejarah

Berbagai peninggalan bersejarah di Indonesia merupakan bukti kemajuan peradaban bangsa. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa wajib menghargai peninggalan bersejarah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghargai peninggalan bersejarah.

Memanfaatkannya Sebagai Objek Penelitian

Peninggalan bersejarah dapat dimanfaatkan sebagai objek penelitian. Peninggalan bersejarah merupakan bukti kehidupan dan peradaban di masa lalu. Pada peninggalan bersejarah terdapat riwayat sejarah yang bernilai tinggi jika kita teliti dengan seksama. Dan hasil penelitian tersebut akan terungkap kehidupan masyarakat di masa lalu untuk kita ambil alih hikmahnya.

Memanfaatkannya Sebagai Objek Wisata

Peninggalan bersejarah dapat menarik wisatawan. Peninggalan bersejarah dapat mendatangkan kekaguman akan kebesaran masa lalu.

Oleh karena itu peninggalan bersejarah dapat dijadikan objek wisata. Hal ini juga membawa keuntungan bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

Merawat Peninggalan Bersejarah

Perawatan peninggalan bersejarah dapat dilakukan oleh pemerintah, kelompok peduli lingkungan, dan masyarakat. Pemerintah dapat mengupayakan pemeliharaan dengan penyediaan anggaran. Anggaran tersebut digunakan oleh pemerintah daerah tempat peninggalan tersebut berada.

Perawatan ini juga sebagai upaya melestarikan dan menghargai peninggalan bersejarah tersebut. Dengan demikian peninggalan bersejarah dapat dimanfaatkan oleh generasi penerus.

Baca juga sob : Perkembangan Hindu dan Budha di Indonesia

Memelihara dan menjaga peninggalan bersejarah merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat. Peninggalan bersejarah dilindungi oleh Undang Undang. Siapapun yang merusaknya akan dikenai sanksi hukum. Hal ini sebagai upaya pencegahan agar peninggalan bersejarah tidak rusak atau hancur.

Pihak perorangan pun dapat berupaya secara pribadi dan bersifat sukarela merawat peninggalan bersejarah. Misalnya tidak mencoret coret benda peninggalan bersejarah. Tidak merusak atau mengambil bahkan menjual benda peninggalan bersejarah.

Segala upaya perawatan itu merupakan wujud menghargai peninggalan bersejarah. Peninggalan bersejarah mempunyai nilai adiluhung dan berguna bagi bangsa Indonesia. Apabila peninggalan bersejarah lestari, maka generasi penerus dapat mengetahui peristiwa masa lalu bangsanya.

Merenovasi Peninggalan Bersejarah

Pihak pemerintah ikut merenovasi peninggalan bersejarah, baik secara mandiri maupun dengan bantuan lembaga dunia seperti UNESCO. Usaha ini dilakukan bila peninggalan bersejarah mengalami kerusakan. Baik kerusakan besar maupun kecil.

Program renovasi ini dapat dilaksanakan secara berkala. Proses penanganannya pun harus hati hati agar nilai sejarah dari peninggalan tersebut tidak hilan.

Tahap renovasi biasanya melibatkan tenaga ahli khusus, biasanya orang yang ahli di bidang sejarah dan arkeologi. Usaha ini merupakan wujud menghargai karya nenek moyang di masa lalu. Tujuannya agar peninggalan bersejarah tetap kukuh dan kuat sebagai aset bangsa.

Poin Poin yang dapat kami ungkap sebagai berikut

  1. Peninggalan bersejarah harus kita lestarikan.
  2. Ada beberapa cara untuk menghargai peninggalan bersejarah antara lain sebagai berikut
    a. Memanfaatkannya sebagai objek penelitian
    b. Merawatnya secara teratur
    c. Merenovasi peninggalan bersejarah
    d. Memanfaatkannya sebagai objek wisata.

Menjaga Kelestarian Peninggalan Bersejarah

Berbagai bentuk peninggalan bersejarah ditemukan di Indonesia, baik dalam keadaan utuh maupun sudah rusak. Untuk menjaga kelestarian peninggalan bersejarah dibuatlah museum. Benda benda bersejarah dipelihara dan disimpan di museum. Selain itu, bangunan bangunan bersejarah diberi pagar dan direhabilitasi. Tujuannya agar peninggalan bersejarah tersebut terawat dan tahan lama.

Menjaga kelestarian peninggalan bersejarah merupakan wujud dari tanggung jawab kita semua. Peninggalan bersejarah yang terawat baik akan lestari dan indah. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari menjaga kelestarian peninggalan bersejarah.

Peninggalan bersejarah dapat dimanfaatkan untuk hal hal sebagai berikut.

  1. Mengetahui peristiwa yang terjadi pada masa lampau.
  2. Mengetahui sejarah perjalanan manusia.
  3. Mengetahui perkembangan peradaban bangsa.
  4. Mengambil pelajaran dari peristiwa masa lalu.
  5. Kepentingan penelitian dan pendidikan.
  6. Sebagai objek wisata budaya.

Nilai yang harus diambil dari artikel diatas adalah:

Hargai dan peliharalah peninggalan bersejarah bangsa indonesia agar tetap lestari.

Itulah penjelasan dari menghargai peninggalan bersejarah, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan kepada para pengunjung belapendidikan. Dimohon untuk berkomentar di kolom yang sudah kami sediakan dibawah. Nantikan kembali artikel artikel edukatif di lain waktu.

1 KOMENTAR

  1. bener sih mas, peninggalan peninggalan sejarah seperti candi, stupa dan lain lain itu harusnya sih bisa kita lestarikan dan dijaga .. tapi dalam prakteknya, peninggalan sejarah yang ada malah semakin hari semakin rusak saja.

  2. Memang perlu adanya perawatan dan perbaikan untuk peninggalan2 sejarah tetapi ada kalanya juga tidak melakukan terlalu banyak perbaikan karena hanya akan menghilangkan nilai dari sejarahnya itu sendiri seperti candi yang kita ketahui… candi kebanggaan indonesia sudah tidak termasuk 7 keajaiban dunia karena sudah tidak asli lagi dikarenakan banyaknya perbaikan2….