Mengurangi Resiko Penyakit Jantung ? 6 Minuman Bisa Menguranginya !

oleh
mengurangi-resiko-jantung
Tips Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Ala Jurnaliscun

JurnalisCun@Dudud – Selamat malam para pengunjung www.JurnalisCun.com. Sebelumnya kami seluruh Admin www.JurnalisCun.com Mengucapkan Minal Aidzin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin. Pastilah dihari Lebaran ini banyak makanan, dan begitu juga banyak penyakit yang bertebangan. hehe :3
Malam ini saya akan membahas penyakit Jantung. Penyakit Jantung adalah penyakit yang terletak di jantung :p. Penyakit Jantung pun bisa dipengaruhi dari Faktor Genetik. Kabar baik nya saya mempunyai info yang sangat penting. Apakah itu ? Ada 6 Minuman yang bisa mengurangi resiko terkenanya penyakit jantung. Berikut ini 6 Minuman tersebut :
1. Kopi
Mungkin hal ini sepintas terdengar aneh. Tapi tahukah anda bahwa kopi memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi ketimbang kakao atau teh? Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat menghambat peradangan dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.
Sebuah studi jangka panjang dan berskala besar, dimana melibatkan lebih dari 83.000 perempuan menunjjukkan bahwa minum 2 cangkir kopi setiap hari dapat memangkas resiko terkena stroke 20% lebih rendah ketimbang mereka yang sedikit minum kopi atau tidak sama sekali.
Saran : Meminum antara 2 – 4 cangkir kopi per hari termasuk kategori moderat. Tetapi jika Anda mengalami insomnia, gelisah dan kelelahan, cukup minum satu gelas saja.
2. Teh Hijau
Seperti teh hitam, teh hijau mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Perbedaan utamanya adalah bahwa teh hijau tidak difregmentasi. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Ada banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah dan stroke
Saran : Minum 1-3 cangkir teh hijau sehari.
3. Teh Hitam
Teh hitam dihasilkan melalui proses fregmentasi setelah daun dipanen lalu dikeringkan. Pengolahan ini mengu bah komposisi kimia dari daun, sehingga menghasilkan beberapa antioksidan kuat yang membantu mendukung kesehatan jantung. Teh hitam telah terbukti mengurangi resiko stroke, mengurangi LDL ( kolesterol jahat ), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan menngkatkan aliran darah dalam arteri koroner.
Saran : Semakin lama Anda mencelupkan teh, maka semakin besar manfaat fitokimia yang diperoleh. Oleh karena itu, menyajikanteh dengan air panas akan jauh lebih baik sekaligus menjaga kandungan antioksidan tetap terjaga. Minum beberapa cangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.
4. Anggur Merah ( Red Wine )
Anggur Merah mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi kesehatan jantung, termasuk di antaranya resveratrol. Resveratrol memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah. Beberapa bukti juga menunjukkan, konsumsi anggur merah dalam jumlah yang moderat dapat meningkatkan HDL ( kolestrol baik ).
Saran : Untuk perempuan, dianjurkan tidak lebih dari 1,5 gelas per hari. Sedangkan untuk pria, tidak lebih dari 2 gelas.
5. Jus Delima
Belakangan ini reputasi jus buah delima semakin melonjak dan memikat para peneliti gizi. Betapa tidak, para pakar dari University of California menemukan bahwa, kapasitas antioksidan jus delima tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang anggur merah dan teh hijau. Bahkan penelitian awal menunjukkan, konsumsi rutin jus buah delima dapat menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri ( faktor resiko untuk penyakit jantung  ), dan meningkatkan aliran darah ke jantung.
Saran : Jika memungkinkan, hindari tambahan pemanis saat membuat jus delima.
6. Air
Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor resiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika Anda sedang mengalami dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat hati anda mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis dapat menyebabkan hipertensi ( tekanan darah tinggi ).
Saran : Banyak ahli merekomendasikan setidaknya dalam sehari seseorang harus minum 8-10 gelas air ( untuk dewasa ). Tetepi rekomendasi jumlah yang harus diminum tidak bisa berlaku pada setiap orang dan setiap kondisi. Yang pasti, jangan biarkan tubuh anda sampai mengalami dehidrasi. Anda juga dapat menambahkan jus atau air perasan lemon ke dalam air hangat untuk menambahkan cita rasa sekaligus memperoleh manfaat peluruhan dan antioksidan,
Sekian 6 Minuman yang Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung. Semoga pengunjung setia www.JurnalisCun.com diberi kesehatan selalu, agar tetap setia menjadi pembaca web ini. Amin.
Terimakasih, budayakan komentar setelah membaca info-info penting dari www.JurnalisCun.com.

@Dudud

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.