Motivasi : Seberapa Tangguhnya Dirimu ?

oleh
Jadi diri sendiri (be yourself)

Web portal pendidikan – Hasil kiriman opini hari ini dengan judul seberapa tangguhnya dirimu, disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email kami redaksi@belapendidikan.com.

Seberapa Tangguhnya Dirimu ?

Semakin dewasa semakin banyak petualangan yang akan kita hadapi, maka semakin banyak pula rintangan dan masalah yang akan kita hadapi. Kamu tau seberapa berat bebanmu untuk meneruskan langkah dimasa depan? jawabannya tidak ada.

Kamu seharusnya mengerti, jika mau mengerjakan sesuatu dengan lillah maka kita tak akan lelah. Jadi kalau kita melakukan semua hal dengan sungguh sungguh maka tak akan ada lagi beban yang kita pikul untuk melangkah ke masa yang akan datang.

Kalaupun pemikiran kalian berbeda denganku, namun yakinlah sekali kamu mencoba melakukan sesuatu hal dengan sungguh sungguh, maka lelah tidak akan begitu terasa dan kamu tidak akan merasa pula mempunyai beban yang besar. Untuk melangkah lurus kedepan pun kalian tidak bisa, yakinlah bahwa langkah kalian akan mengalir bagai air sungai yang mengalir terus menerus dengan tenang..

Baca : Kata kata motivasi yang bisa membuat anda sukses

Melihat judul yang saya tulis diatas, sudah seberapa tangguhnya diri kita ? seberapa tangguhnya kita untuk menghadapi semua rintangan yang menghalangi langkah kita untuk melangkah? dan apakah kita bisa menjadi tangguh?

Baiklah, mari kita merenungkan sejenak tentang semua hal saat diri kita mulai melemah, lemah saat orang lain membicarakan diri kita diam-diam, lemah saat ucapan orang lain menusuk hati kita sehingga menimbulkan dendam, lemah saat kita tidak bisa menjadi seseorang yang kita inginkan, lemah saat orang lain memusuhi kita tanpa sebab, lemah saat kritikan orang terhadap kita, lemah saat kita berjuang namun hasilnya gagal, lemah karena seseorang yang kita sukai menyukai orang lain, lemah karena orang yang kita sukai tidak menerima cinta kita, dan kelemahan batin lainnya yang sering kalian alami dan rasakan.

Maka saat kalian mengingatnya kembali semua kejadian yang membuat hati kalian sesak pasti satu hal yang kalian ingat adalah kebencian terhadap kejadian yang telah terjadi di hari yang telah lalu. Tapi bukankah semua kejadian yang telah berlalu itu selalu ada pelajaran yang dapat memotivasi diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, untuk menjadi sosok yang lebih kuat lagi, dan untuk menjadi sosok yang tangguh.

Berbicara soal tangguh, sebenarnya tangguh itu apa sih? apa pentingnya menjadi tangguh?

Tangguh adalah pribadi yang pantang menyerah, tangguh juga merupakan sebutan bagi pribadi yang tidak lemah, dan seseorang yang tangguh adalah seseorang yang selalu yakin terhadap alur kehidupan yang telah ditetapkan Allah SWT.

Menjadi tangguh bukan hal yang sulit dan bukan pula hal yang gampang. Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai hambanya yang lemah, maka dari itu untuk menjadi tangguh itu penting. Hari ini mungkin kita merasa sudah terlalu penat dengan masalah-masalah yang kita hadapi. Mungkin kita juga lupa apakah kita sudah mensyukuri nikmat-Nya, dan sudahkah kita sungguh sungguh dalam melakukan segala perbuatan?. Dan pada akhirnya kita masih belum menjadi sosok yang tangguh.

Tema kali ini bukan hanya tentang bagaimana caranya menjadi tangguh, karena semua orang memang tidak bisa benar-benar tangguh bahkan realitanya menjadi tangguh adalah hal yang paling sulit kita lakukan.

Kita tidak akan pernah bisa benar-benar menerima cacian, kritikan, orang-orang yang diam-diam membicarakan kejelekan kita dengan hati yang damai, sudah pasti hati kita akan tergores yang menyebabkan luka dan susah untuk dilupakan. Bahkan kita juga tidak akan pernah bisa menerima kenyataan yang telah Allah berikan kepada kita, mengeluh pun adalah pokok rutinan kita setiap harinya.

Baca juga : Beberapa motivasi agar menulis tidak luntur

Namun tema ini lebih ke pembahasan tentang bagaimana hati kita dapat menelaah hal-hal yang menyakitkan, dan percayalah aku sendiri pun tidak bisa menepis bahwa sangat sulit sekali menjadi tangguh.

Kita bisa memulai untuk menjadi tangguh walau sebenarnya kita tak pernah bisa menjadi tangguh. Tapi jika kita sudah yakin kalo kita bisa, maka kita pasti bisa. Ada beberapa tips untuk kita memulai menjadi tangguh:

  1. mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan.
  2. Mulai membiasakan menerima kritikan bahkan cacian dari orang lain dengan hati yang lapang, dan tanpa menaruh dendam.
  3. Menjadikannya motivasi setiap kritikan dan cacian.

Tips diatas memang terlihat biasa aja, namun kalian bisa membiasakan step by step dari tips-tips yang biasa itu. Sehingga perlahan kita bisa menjadi pribadi yang mulai menjadi tangguh.

Salah satu tips yang baik menurutku yaitu “Menjadi diri sendiri.” Jika menurutmu tips ini tidak baik mungkin kamu perlu intropeksi diri, apakah hidupmu dikendalikan olehmu atau bergantung kepada orang lain. Bergantung dalam artian meniru segala tingkah laku orang lain yang jelas-jelas sangat bertentangan dengan dirimu.

Mungkin hanya sampai di sini pembahasan kita dan semoga dari pembahasan ini kita bisa menjadi seseorang yang mulai menjadi tangguh.

Artikel ini ditulis oleh Februari, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *