Objek Dan Masalah Sosiologi Hukum

438
objek dan masalah sosiologi hukum
objek dan masalah sosiologi hukum

Web portal pendidikanPada malam hari ini, saya berkesempatan untuk menulis artikel mengenai sosiologi hukum, dimana saya akan membahas tentang objek dan masalah sosiologi hukum. Untuk lebih lanjut silahkan kamu baca dalam artikel berikut.

Objek dan Masalah Sosiologi Hukum

karena yang kita ketahui sosiologi hukum yaitu suatu disiplin ilmu yang lebih muda dari sosiologi dan merupakan suatu cabangnya yang penting. Meskipun selama puluhan tahun terakhir makin mendapat perhatian atau sangat aktuil, tentang aktualitasnya saya akan mencoba menerangkanya.

Artikel Dapat Didownload Disini

download soskum1
Download Soskum File

Sosiologi hukum masih belum mempunyai batas yang tertentu dan jelas, para ahlinya yang utama belum mencapai persetujuan mengenai pokok bahasannya atau masalah apa yang harus dipecahkannya, serta hubungannya dengan cabang jurispudensi lainnya.

Apakah yang menyebabkan lambatnya perkembangan sosiologi hukum ini ?

Hal ini disebabkan dalam mempertahankan hidupnya harus bertempur di dua front. Sosiologi hukum menghadapi lawan yang kuat, yakni para ahli hukum dan para ahli sosiologi yang kadang kadang bersatu untuk menggugat sahnya sosiologi hukum sebagai cabang ilmu yang berdiri sendiri.

Baca Artikel Terkait >> Sistem Hukum Indonesia

Pada hakikatnya mula mula memang tidak begitu mudah dipahami bahwa sosiologi dan hukum dapat dipersatukan. Sebabnya, para ahli hukum semata mata memperhatikan masalah quid juris, sedangkan para ahli sosiologi bertugas menguraikan quid facti dalam arti mengembalikan fakta fakta sosial kepada hubungan berbagai kekuatan.

Itulah yang menyebabkan kegelisahan banyak ahli hukum dan filsafat hukum sehingga mereka melontarkan pertanyaan, apakah sosiologi hukum tidak bermaksud untuk menghancurkan semua hukum sebagai norma, sebagai suatu asas untuk mengatur fakta fakta, dan sebagai suatu penilaian.

Kenapa Beberapa Para Ahli Tidak Membenarkan Adanya Sosiologi Hukum ?

Itu pula sebabnya beberapa ahli sosiologi tidak membernarkan adanya sosiologi hukum. Mereka khawatir penilaian baik buruk (value judgement) akan dihidupkan kembali dalam penyelidikan fakta fakta sosial melalui sosiologi hukum.

Kekhawatiran mereka ini disebabkan tugas sosiologi ialah mempersatukan apa yang di pecah pecah secara sewenang wenang oleh ilmu sosial. Selain itu para ahli sosiologi ini menegaskan kemustahilan mengasingkan hukum dari keseluruhan kenyataan sosial, dilihat sebagai suatu totalitas yang tak terbinasakan.

Sehubungan dengan hal tersebut, para ahli sosiologi mengusulkan supaya menghindarkan pertikaian antara sosiologi dan hukum dengan memberi batas yang jelas terhadap bidang studi masing masing dan sistemnya.

Mereka Menegaskan bahwa pandangan normatif kaum ahli hukum dan pandangan yang serba menerangkan dari kaum sosiologi memberi lapangan hidup yang berlainan kepada kenyataan sosial dan hukum sehingga mereka tidak mungkin saling bertemu.

Jika para ahli sosiologi dan hukum harus saling mengabaikan supaya dapat mencapai tujuan studi mereka yang sebenarnya, maka saya sebagai penulis terpaksa mengambil kesimpulan bahwa sosiologi dan hukum tidak mungkin dan tidak ada gunanya dan untuk melenyapkan segala kesukaran, cukup dengan melenyapkan sosiologi hukum

Nah, itulah penjelasan dari objek dan masalah sosiologi hukum. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengunjung belapendidikan.com demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

BAGIKAN
Berita sebelumyaSistem Kekerabatan Yang Ada Di Indonesia
Berita berikutnyaPengelompokan Limbah
Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

1 KOMENTAR

  1. penting untuk dipelajari lebih dalam tentang sosiologi hukum , karena hal ini dapat membantu saya mengerjakan makalah perihal masalah sosiologi hukum yg ada serta objek objeknya

  2. artikel yang agan sajikan bermanfaat, perlu di benahi lagi masalah sosiologi hukum , serta objek objek yang terkait

  3. artikel yang agan sajikan bermanfaat, perlu juga dibenahi tentang masalah sosiologi hukum ini, serta objek objek yang terkait