sarana belajar online
Coba SimulasiProgram terbaru kami simulasi online UNBK Tingkat SMA/SMK

6 Olahan Ikan Khas Nusantara Cocok Untuk Diet

Web portal pendidikan – Pernah gak sih, kamu kebingungan memilih makanan yang sehat tapi tetap lezat? Apalagi kalau sedang menjalankan diet ketat, atau kamu tinggal bersama orang tua yang usianya sudah lanjut. Banyak banget pantangannya ‘kan? Gak boleh mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan sebagainya. Nah, 6 olahan ikan khas daerah-daerah yang tersebar di Nusantara dan yang super lezat ini bisa jadi pilihan kamu.

6 Olahan Ikan Khas Nusantara Cocok Untuk Diet dan Manula

Berikut ini ada 6 olahan ikan khas nusantara yang tersebar di berbagai penjuru daerah di Indonesia ini yang sangat cocok untuk menu diet dan tentunya juga sangat cocok untuk Manula (lanjut usia).

  1. Ikan Woku Belanga khas Manado, Sulawesi Utara
ikan woku belanga khas manado
ikan woku belanga khas manado

Dalam olahan ini, biasanya digunakan kerapu. Bila masyarakat di luar Sulawesi Utara yang tidak terbiasa dengan ikan ini atau sulit menemukannya, bisa juga digunakan ikan lainnya (sesuai selera).

Bahkan bisa juga digunakan bebek dan ayam, jika kamu tidak sedang berdiet. Hehe… Seperti biasanya memasak ikan, Ikan kerapu dilumuri garam dan perasan jeruk nipis. Kemudian tumis bawang merah dan cabe rawit, kunyit, kemiri, jahe, merica, serta garam secukupnya yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak saja.

Tambahkan air ketika bumbu sudah matang, biarkan hingga air mendidih. Masukkan ikan, tunggu hingga matang. Masukkan daun kemangi, tunggu hingga agak layu. Ikan Woku Belanga yang lezat dan sehat siap disajikan.

  1. Ikan Mas Arsik khas Batak, Sumatera Utara
Ikan Mas Arsik khas Batak
Ikan Mas Arsik khas Batak

Olahan berikutnya datang dari suku Batak di Sumatera Utara. Olahan ini biasanya menggunakan ikan mas, ikan khas dari tanah Batak. Tapi sebagian besar masyarakat Batak di perantauan sering mengganti ikan mas dengan ikan-ikan lain bahkan daging, jika ikan mas sulit didapat atau harganya sedang mahal.

Bila menggunakan ikan mas, usahakan ikan mas segera dimasak setelah dimatikan dan dibersihkan. Karena biasanya rasa ikan akan berubah (tidak enak) jika tidak segera dimasak.

Sangrai kemiri dan kunyit yang sudah dibersihkan, lalu haluskan bersama andaliman (rempah-rempah khas Sumatera Utara, jika tidak terbiasa maka tidak perlu ditambahkan), bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah keriting. Lengkuas, serai dan asam cekala di memarkan, letakkan didasar wajan lalu ditindih dengan ikan mas, kacang panjang yang dipotong panjang-panjang, bawang batak dan bumbu-bumbu yang dihaluskan.

Taburi rias (kecombrang), tambahkan air hingga ikan terendam, dan garam secukupnya. Masak hingga air mengering. Ikan Mas Arsik yang sehat dan lezat siap disajikan.

  1. Ikan Bandeng Palumara khas Makasar, Sulawesi Selatan
Ikan Bandeng Palumara khas Makasar
Ikan Bandeng Palumara khas Makasar

Dalam olahan kali ini kita menggunakan ikan bandeng atau bisa disesuai dengan selera masing-masing juga kok. Walau berbeda-beda ikannya, tapi tetap satu sedapnya Palu Mara khas Makasar. Hehehe….

Lumuri ikan bandeng yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis atau air asam jawa dan garam. Tumis kunyit, lengkuas, cabe merah, bawang merah, bawang putih dan serai yang sudah dihaluskan.

Masukkan ikan hingga bumbu meresap, kemudian tambahkan air secukupnya dan merica bubuk. Masak hingga bumbu meresap merata dan ikan matang. Hidangan ini semakin lezat jika disajikan dengan nasi panas dan lalapan. Wuih, makin sehat dong kalo gitu ya.

  1. Ikan Mas Naniura khas Batak, Sumatera Utara
Ikan Mas Naniura khas Batak
Ikan Mas Naniura khas Batak

Penggemar Sushi tunjuk tangan. Nah, ini Sushi khas Indonesia yang tak kalah lezat. Olahan ini tidak memasak ikan di atas kompor/wajan, melainkan direndam dengan asam jeruk nipis dan bumbu-bumbu pelengkapnya.

Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, andaliman hingga matang. Kemudian lumuri ikan dengan bumbu yang sudah ditumis, air sari lengkuas, air perasan 10 buah jeruk nipis, usahakan semua permukaan ikan tertutup bumbu. Tunggu hingga 5 jam kemudian Sushi khas Indonesia nan lezat dan sehat siap disajikan.

  1. Asam Pedas Ikan Patin khas Melayu Riau, Riau
Asam Pedas Ikan Patin khas Melayu Riau
Asam Pedas Ikan Patin khas Melayu Riau

Nah, kalo olahan ini memang punya banyak versi. Ada asam pedas Kalimantan, asam pedas Sumatera Barat, asam pedas Melayu Deli Serdang (Sumatera Barat, biasanya dilafalkan asam padeh), asam pedas Melayu Riau dan lain-lain.

Anda bisa lihat-lihat di internet mengenai resep lengkap dan perbedaan bumbu masing-masing. Meskipun tidak banyak bumbu yang berbeda dan penggunaan ikan yang berbeda-beda pula, tapi rasa khas asam dan pedasnya masih sama lezatnya kok. Hehehe…

Sebagai orang yang dibesarkan di Riau, kalo boleh jujur sih Saya lebih suka resep versi Riau. Lezatnya ikan patin yang kaya manfaat bagi kesehatan kita berbaur dengan rasa khas kecombrang.

  1.  Ikan Mas Natinombur khas Batak, Sumatera Utara
Ikan Mas Natinombur khas Batak
Ikan Mas Natinombur khas Batak

Lagi-lagi ikan mas, tapi lagi-lagi olahan ikan mas lainnya, ikannya bisa disesuai dengan selera kita. Rendam ikan dengan air perasan jeruk nipis dan garam selama 30 menit. Kemudian panggang ikan sambil diolesi air rendaman ikan sesering mungkin, hingga ikan matang.

Haluskan kemiri sangrai, cabe merah, andaliman, bawang merah, garam, gula, dan gabungkan dengan rias (kecombrang) yang sudah direbus. Taburi bumbu yang sudah dihaluskan di atas ikan yang sudah dipanggang. Wuih, rasa gurih, asam, dan pedasnya pasti menggugah selera.

Nah, kira-kira itulah 6 olahan ikan yang lezat namun tetap sehat, khas Nusantara. Cara membuatnya yang gampang sangat memungkinkan anda untuk memasaknya sendiri di rumah. Bahkan buat para suami yang sedang ditinggal istri atau istrinya sedang sakit bahkan melahirkan pun bisa memasak makanan ini untuk keluarga. Dari pada beli makanan di luar atau membebani sanak saudara yang lain ‘kan? Hehehe… Sekian dulu dari Saya. Semoga bermanfaat.

Penulis : Maria Ellie Munthe
Email : munthe.mariaelly@gmail.com

No Comments
    • Maria Elly Munthe
    • Maria Elly Munthe