5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Pas Untuk Penghasilan Bulanan

oleh
Jenis pekerjaan paruh waktu yang pas buat penghasilan bulanan
Jenis pekerjaan paruh waktu yang pas buat penghasilan bulanan

Web portal pendidikan – Artikel kali ini saya buat dengan judul 5 Pekerjaan paruh waktu yang pas untuk penghasilan bulanan anda.

Apa Pekerjaan Paruh Waktu Yang Pas Untuk Penghasilan Bulanan ?

Hallo. Senang banget bisa ketemu dan cuap-cuap sedikit lagi yang setidaknya bisa bermanfaatlah buat teman-teman. Hehehe… Siapa yang tiap tanggal gajian merengut melulu karena gajinya gak cukup? Hayo, ngaku! Sayah! Ngaku juga nih saya. Hihihi… Pernah dengar semboyan kayak gini gak? “SENASIB SEPENANGGUNGAN” Semboyan inilah yang mendorong saya untuk menulis artikel ini. Barang kali bisa membantu mengurangi kegalauan teman-teman di luar sana.

Sedikitnya, inilah 5 pekerjaan paruh waktu yang mungkin sangat bisa mencukupi kekurangan gaji bulanan atau penghasilan anda. Tanpa harus meluangkan waktu khusus alias sekedar memanfaatkan waktu senggang, sisa-sisa waktu bekerja di kantor atau perusahaan atau mungkin juga sebagai buruh. Bahkan sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin produktif sambil kuliah. Hitung-hitung mengurangi beban orang tua sekaligus merenda masa depan yang lebih cerah.

mengajar les privat
mengajar les privat dapat membantu penghasilan sampingan mu.
  1. Mengajar les privat di rumah

Pekerjaan pertama ini paling cocok untuk mahasiswa atau ibu rumah tangga sih. Tapi dari pengalaman saya, saya mulai mengajar les privat sejak masih duduk di kelas 1 SMA. Lho, mengajar itu ‘kan perlu keterampilan? Ah, Saya gak sepintar itu buat ngajarin orang. Dulu saya juga berpikir seperti itu. Tapi keadaan memaksa saya untuk belajar. Learn by doing! Pada akhirnya, setelah sepuluh tahun berlalu, tanpa saya sadari saya berhasil belajar dengan baik seiring berjalannya waktu. Kalau saya bisa, kenapa anda tidak?

bercocok tanam di polybag
Jika kamu hobi bercocok tanam, cara kedua ini dapat membantu penghasilan tambahanmu
  1. Bercocok tanam di polybag kemasan minyak goreng dan goni beras

Ini cocoknya sih buat rumah tangga ya. Tapi gak menutup kemungkinan buat mahasiswa-mahasiswi juga. Siapa tahu anda suka memasak atau sedang belajar memasak, pasti beli minyak goreng dan beras ‘kan? Kemasannya kemana? Dibuang? Wah, itu mah nambahin sampah plastik dong. Hehehe…. Nah, mending dijadikan polybag untuk bercocok tanam di pekarangan rumah anda yang mungkin ukurannya gak seberapa. Kayak pekarangan rumah saya yang kecilnya ngalahin gang senggol di kampung kumuh pinggiran Jakarta. Hihi…

Apalagi sekarang ini harga bahan makanan semakin naik, hasilnya lumayan ‘kan buat dipakai sendiri. Setidaknya kita gak perlu beli di pasar lagi. Saran saya sih, tanamlah tanaman yang lebih mudah tumbuh dan dirawat terlebih dahulu. Contohnya : cabe merah, cabe rawit, tomat, seledri, daun bawang, kemangi, kunyit, bayam, kangkung, daun katuk (jika suka), sawi (hijau, putih dan manis), terung, dan lain-lain. Biasanya harga bibitnya gak mahal kok. Nanti kalau sudah terbiasa bercocok tanam, barang kali jumlah tanaman dan hasilnya akan lebih banyak. Jadi, selain buat dipakai sendiri, bisa juga untuk dijual. Eh, kemasan sachet sabun pencuci piring juga bisa lho.

Satu lagi, tanah hitam. Anda tidak perlu membeli tanah hitam, cukup mengambilnya dari sisa pembakaran sampah (bagi yang masih membakar sampah) dan tanah di dasar Tempat Pembuangan Akhir (bagi yang sudah tidak diperbolehkan lagi membakar sampah, polutannya tinggi cin. Hehehe…). Lho? TPA itu kan bau banget, banyak kumannya lagi. Gampang, tinggal gunakan kain yang cukup tebal sebagai masker dan sarung tangan (lebih baik yang plastik agar lebih sedikit kuman yang masuk lewat pori-pori kita).

beternak ikan di media ember
Kamu senang membudidaya ikan ? Cara berikut ini dapat membantu penghasilan tambahan
  1. Beternak ikan di media ember, styrofoam dan kolam mini berlapis plastik

Setelah bercocok tanam di polybag, anda masih punya sedikit ruang lagi? Beternak ikan, yuk. Gak perlu bikin kolam ikan yang besar dan modal mahal kok. Cukup dengan media ember plastik, styrofoam atau terpal plastik. Kalau media ember dan styrofoam mungkin anda sudah terbayang bagaimana cara memakainya. Cukup diletakkan di lantai ruangan terbuka, misalnya di pinggiran teras keliling rumah anda (yang menghubungkan teras depan dan teras belakang) atau ruang terbuka lainnya. Isi air dan ikan secukupnya, ikannya jangan terlalu banyak agar ikan memiliki ruang gerak dan tempat bernafas.

Lah, kalau terpal plastik? Iya, jadi kalau sisa ruang terbuka anda terlalu luas hanya untuk sekedar ember plastik dan styrofoam. Anda bisa membuat kolam buatan dengan rangka bambu atau kayu lalu dilapisi terpal plastik pada bagian dinding dan dasarnya. Isi air dan ikan secukupnya. Cara ini memang mengeluarkan dana yang lebih banyak dari pada media ember dan styrofoam tapi hasilnya juga lebih banyak. Pastikan kolam ini di luar ruangan, jika tidak maka berikan alat penyuplai oksigen. Agar ikannya mendapat oksigen yang cukup. Ikan ‘kan juga makhluk hidup, butuh bernafas. Hehehe…

berdagang makanan
Kamu hobi jualan ? Cara berikut ini dapat membantu kamu menghasilkan uang tambahan
  1. Berdagang makanan dan kue homemade (Salah satu Pekerjaan Paruh Waktu Yang Mudah Untuk Kamu lakukan)

Ini mah pekerjaan buat perempuan. Eits, chef Juna, chef Billy itu jenis kelaminnya apa? Saking gantengnya, malah bisa bikin cewek-cewek nyaris pingsan kalau mereka sedang melintas. Hihihi… Belajar masak ‘kan gak harus jadi chef, sekarang banyak kok aplikasi dan website yang menyediakan resep makanan dan kue. Mulai saja dari resep yang paling gampang, bahannya lebih gampang dicari dan modalnya paling sedikit. Sama halnya seperti mengajar les privat, memasak juga cuma butuh jam terbang kok. Semakin hari, anda akan semakin terbiasa dan hasil masakannya akan lebih enak.

Untuk pemasarannya, mulai saja dari yang paling dekat. Misalnya : Kalau anda mahasiswa-mahasiswi maka titiplah kue-kue di kantin kampus atau warung terdekat. Kalau anda karyawan-karyawati maka titiplah di kantin kantor anda atau warung terdekat dari kantor anda. Kalau anda ibu rumah tangga yang menjual makanan (bukan kue), mulailah tawarkan kepada orang-orang yang anda kenal melalui kontak-kontak yang ada di aplikasi sosial media anda. Jika kewalahan dalam hal transportasi, gunakan saja jasa tukang ojek yang anda kenali (karena ojek online sudah hits, apa salahnya berbagi rezeki sama ojek konvensional ‘kan? Apalagi dia termasuk orang terdekat anda).

tukang ojek konvensional
Jadi tukang ojek ? Tentu hal yang bagus untuk kamu dapat tambahan biaya
  1. Tukang Ojek Konvensional – Pekerjaan Paruh Waktu Yang Pas Buat Kamu

Boleh jujur gak? Pekerjaan bapak saya adalah seorang pengrajin peti jenazah di sebelah rumah saya. Karena omzet alias penjualan petinya belum mencukupi standar kebutuhan, maka bapak saya bekerja sebagai tukang ojek konvensional paruh waktu. Jadi, pelanggannya orang-orang yang dikenal, beliau bersedia mengantar jemput baik dari rumah ke suatu tempat maupun sebaliknya. Biasanya pelanggannya kebanyakan orang-orang tua yang akan pergi cek rutin kesehatan ke rumah sakit terdekat.

Satu orang lagi yang yang lebih menginspirasi saya. Saya mengenal seorang gadis yang bekerja sebagai guru di sekolah swasta. Karena penghasilan sebagai guru belum mencukupi maka dia merangkap sebagai tukang ojek muridnya sendiri. Tentu saja murid-muridnya yang berkediaman di sekitar rumahnya. Jadi, mereka berangkat dan pulang sekolah bersama-sama. Wuih, sambil menyelam minum air dong. Tapi untuk yang ini gak bakal tenggelam deh, malah yang ada tambah makmur. Hehehe….

Nah, segitu dulu ya, inspirasi dari saya. Lain kali kalau ada yang lebih menginspirasi, saya janji bakal berbagi lagi. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba! Salam semangat!

Terima kasih sudah membaca artikel tentang 5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Pas Untuk Penghasilan Bulanan. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

Penulis : Maria Elly Munthe

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.