Pembaruan Mental Sistematis di Dunia Pendidikan

Pembaruan mental sistematis di dunia pendidikan

Web portal pendidikan – Esai kali ini berjudul Pembaruan mental sistematis di dunia pendidikan, yang dikirimkan oleh salah satu peserta dalam ajang lomba esai nasional bersama belapendidikan.com. Untuk lebih lengkapnya dapat kita lihat sebagai berikut.

Pembaruan Mental Sistematis di Dunia Pendidikan

Indonesia adalah bangsa yang pluralistik. Dengan segala segmen masyarakat yang tentunya hadir dengan latar belakang yang berbeda. Pendidikan adalah aspek yang sangat sentral terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di negara manapun, tak terkecuali di Indonesia.

Realita pendidikan kita sampai saat ini masih dihadapkan oleh berbagai permasalahan yang seolah telah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dalam puluhan tahun belakangan. Berangkat dari lemahnya pengabdian guru, diskriminasi pendidikan, hingga pada maraknya tindakan kriminal di kalangan siswa.

Dalam estimati waktu dan hal tersebut masih berlangsung , masyarakat akan terus mengeluhkan rendahnya mutu pendidikan kita. Namun jika kita analisis lebih jauh , pada nyatanya sikap masyarakat kita masih bersifat kerancuan.

Masyarakat menuntut pendidikan berkualitas, tetapi kesiapan mereka dalam memberikan dana yang sesuai, belum timbul kesadaran. Karena peranan masyarakat dalam kemajuan langkah pendidikan yang paling disoroti adalah persoalan dana.

Ada semacam perbedaan penafsiran antar dua kelompok, pertama mereka menganggap segala sistematika pendidikan adalah tanggung jawab dari pemerintah. Bagi mereka pendidikan adalah hak yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

Kemudian yang kedua, mereka menganggap bahwa pendidikan telah bertransformasi menjadi sebuah ladang bisnis yang hadir dengan prospek yang menjanjikan dan tak lagi memprioritaskan pelayanan, melainkan adalah persoalah industri, dari mereka banyak diwakili penyelenggara pendidikan, terkhusus swasta. dan oleh karenanya kesiapan masyarakat dalam mengeluarkan dana yang sepadan adalah aspek yang sangat penting di dunia Pendidikan.

Dan tidak sedikit dari komponen masyarakat kita yang berprinsip dengan pendidikan murah, sehingga rentan akan adanya penyesuaian antara hak dan kewajiban sekolah dan masyarakat yang perlu di bangun.

Namun dalam waktu tertentu mereka rela memberikan dana yang tinggi meski tidak ada jaminan berkualitas di dalamnya , dan kesediaan tersebut tercipta ketika situasi mendesak/terpepet.

Polarisasi masyarakat selanjutnya adalah mereka lebih berorientasi terhadap aspek formal daripada aspek substansial, hal ini tentu tergambar jelas dari masyarakat yang jauh lebih menghargai nilai / Ijazah dibandingkan kualitas yang sejatinya adalah representasi kesuksesan sesungguhnya. Mereka cukup puas dengan sodoran nilai dan dengan bengisnya menghakimi tanpa mengetahui prosesnya.

Akibat selanjutnya adalah terciptanya mental instan yang merebah dalam rasional, mereka tak lagi realistis bahwa pada esensinya pembelajaran tentu akan memerlukan proses bagi anak anak mereka selain dengan usaha yang diberikan lembaga pendidikan.

Dan ketika anak anak mereka mengalami kegagalan atau ketidak lulusan mereka cenderung tidak mau tau dengan hal tersebut, karena menganggap bahwa hal tersebut adalah suatu ketidak wajaran dalam sistemik pendidikan.

Lantas bagaimana ? segala hambatan yang menghambat anak anak mereka harus segera dihilangkan, sepelik apapun rentetan permasalahannya.

Mental instan yang menjalar dalam masyarakat kita tentu perlu di ubah, dan menurut penulis bahwa pendidikan haruslah berjalan selaras dengan kesesuaian pemahaman masyarakat dalam memahami prosedurnya, maknanya mereka harus lebih percaya dan mendukung segala penyaringan yang objektif.

Dengan demikian sikap masyarakat yang sebelumnya masa bodoh kini beralih menjadi sikap andil dan dengan rasa tanggung jawab yang besar, masyarakat adalah fasilitator yang tentunya harus aktif dan giat ambil bagian di dalamnya baik pemberian masukan ataupun kritikan. tanpa adanya perubahan secara masif tersebut pendidikan kita akan terus diratapi kemunduran.

Esai ini ditulis oleh Fadil Ilham Siregar kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Tags:
About

Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

POST YOUR COMMENTS