Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Guna Memupuk Kecintaan Membaca dan Menulis

oleh
Pemberdayaan perpustakaan sekolah
Pemberdayaan perpustakaan sekolah

Web portal pendidikan – Hasil kiriman opini dengan judul pemberdayaan perpustakaan sekolah guna memupuk kecintaan membaca dan menulis disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email kami redaksi@belapendidikan.com.

PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH GUNA MEMUPUK KECINTAAN MEMBACA DAN MENULIS

KUALITAS pendidikan di Indonesia termasuk di Jambi salah satunya, akan sulit untuk meningkat, selama minat baca dan dunia perpustakaan tidak dibangun dan diurus dengan baik. Rendahnya minat baca menjadikan kebiasaan kemampuan untuk membaca juga rendah. Rendahnya minat baca ini, disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya yang kita hadapi sekarang adalah pengaruh kemajuan tekhnologi informasi yang berdampak buruk terhadap anak-anak.

Anak lebih suka ketika memegang sebuah Hand Phone (HP), dibanding dengan memegang sebuah buku bacaan. Mereka terbuai dengan berbagai fasilitas yang ada pada HP tersebut. Diantaranya tersedia berbagai bentuk permainan atau game yang membuat mereka asik, hingga lupa diri, lupa waktu dan lupa makan.

Harus ada cara bagaimana kita dapat memperbaiki keadaan itu. Bila dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan akibat yang sangat buruk, terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) kita nantinya.

Kita tidak dapat menemukan anak yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, untuk kemajuan bangsa kita kedepan. Yang lebih parahnya lagi dengan keadaan seperti itu, tidak adanya aktifitas dan kreatifitas anak dalam belajar yang mengakibatkan tertidurnya otak-otak anak, akibat terbuai dengan berbagai permainan tersebut.

Maka, ketika perpustakaan merupakan sarana yang tepat, guna mengembangkan minat baca anak didik. Pertanyaannya, Apa itu perpustakaan?

Dalam bahasa Indonesia, perpustakaan dibentuk dari kata dasar “pustaka” yang berarti buku. Kemudian ditambah awalan” per “ dan ahiran “an”, yang berarti kumpulan buku-buku atau bahan bacaan. Jadi perpustakan itu dapat diartikan sebagai suatu gedung, ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yang dipelihara dengan baik dan dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu.

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada di lingkungan sekolah. Perpustakaan sekolah mempunyai pengertian yaitu: “kumpulan buku-buku yang terorganisir ditempatkan di sekolah untuk digunakan para guru dan murid”.

Perpustakan sekolah haruslah dikelola dengan baik, agar dapat menjalankan fungsinya sebagai tempat mendapatkan layanan informasi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam rangka pelaksanaan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *