Pendidikan Agama dan Pendidikan Berkarakter

631
Pendidikan agama membentuk karakter pribadi seseorang
pendidikan agama dan pendidikan berkarakter tercermin dari nilai nilai agama. Untuk membentuk karakter, pastinya kita melihat dari sisi nilai nilai agamanya

web portal pendidikan – Selamat pagi sob, kali ini saya akan bahas tentang hubungan pendidikan agama dan pendidikan berkarakter. Apa sih hubungan dari keduanya ? Nah disinilah akan saya ulas kenapa agama berhubungan dengan pendidikan berkarakter.

Pendidikan Agama dan Pendidikan Berkarakter

Pendidikan agama mempunyai cakupan yang sangat besar, sebagaimana manfaat dan tujuannya semacam disebutkan dalam PP RI No. 55 Tahun 2007 di atas, yaitu bermanfaat untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan beradap mulia dan sanggup menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan antar umat beragama.

Sementara tujuannya adalah mengembangkan performa peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan kualitas-kualitas agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Berdasarkan manfaat dan tujuan pendidikan agama tersebut, pendidikan agama setidaknya mengajarkan pengetahuan agama yang meliputi Al-Quran/Hadis sebagai dasar agama, Sejarah Kebudayaan Islam (sebab berkaitan dengan sejarah kebudayaaan Islam), Aqidah sebab berkenaan dengan keimanan/keyakinan, Fiqih untuk faktor yang berhubungan dengan ibadah ataupun pengamalan aliran agama dalam konteks ibadah, dan Adab sebagai pembentukan budi pekerti yang luhur, yang di dalamnya tergolong adab terhadap Allah, sesama manusia, diri sendiri, dan dengan lingkungan alam semesta.

Di samping itu juga wajib mengajarkan pengetahuan lainnya (IPA, Matematika, IPS, dan sebagainya), Seni dan Teknologi.

Pendidikan karakter berfungsi membangun kepribadian, watak, dan budi pekerti yang luhur sebagai modal dasar dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat, baik sebagai umat beragama, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Apabila kami lihat muatan pendidikan berkarakter yang demikian, pada dasarnya pendidikan karakter itu adalah pendidikan adab terpuji, yaitu pendidikan yang mengajarkan, membina, mengajar dan melatih supaya peserta didiknya mempunyai karakter, sikap mental positif, dan beradap terpuji.

Apabila demikian, sesungguhnya pendidikan karakter adalah tahap dari proses pendidikan agama yang menekankan pada pembinaan mental spiritual dan perilakunya. Pembinaan adab terpuji dalam pendidikan agama, sebenarnya itulah pendidikan karakter.

Pentingnya Pendidikan Berkarakter Untuk Anak

Sudah kita ketahui tidak sedikit anak-anak mempunyai kepribadian kurang baik yang mengdampakkan merosotnya moral. Alangkah pentingnya pendidikan agama untuk seseorang, dan alangkah pula besarnya bahaya yang terjadi dampak tak lebihnya pendidikan agama itu.

Untuk itu, butuh kiranya kita sebagai orang tua mencari jalan yang bisa mengantar terhadap terjaminnya kepribadian yang bisa menciptakan dan merawat ketentraman dan ketersanjungan masyarakat dan bangsa di kemudian hari.

Maka dari itu untuk membentuk karakter yang berlandaskan agama pertama-tama di tentukan oleh keluarga terlebih dahulu, sebab keluarga mempunyai peran penting dalam mendidik agama bagi anak-anaknya, khususnya dalam pembentukan kepribadian atau yang dimaksud karakter.

Artinya keluarga berkeharusan menawarkan dan mengundang anak dan anak dari keluarga lain terhadap kehidupan yang beragama sedini mungkin.

Agama tidak sedikit memberi pengajaran yang baik dalam membentuk kepribadian seseorang ,contohnya seorang anak bakal bersikap santun terhadap orang yang lebih tua di bandingkan dia, itulah sebabnya orang tua telah mengajarkaan kebaikan sejak dini terhadap anaknya, jadi si anak tidak bakal merubah karakter dirinya menjadi orang lain.

Sebab itu telah menjadi syariat dalam beragama. Agama tak sedikit memberi kita ulasan tentang pembentukan karakter yang lebih baik.

Jadi, ilmu pendidikan mempunyai hubungan yang erat dengan Agama, Jadi Agama dijadikan sebagai sebuah landasan perumusan pendidikan, dan pendidikan agama mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan moral dan karakter anak didik.

Oleh sebab itu orang tua/pendidik haruslah memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Pendidikan agama hendaklah diberikan kepada anak sedini mungkin, ajarilah dari hal-hal yang kecil sesuai dengan tuntunan agama.
  • Pelajaran pendidikan agama bukan science semata, melainkan ilmu amaliah yang termuat di dalamnya.
  • Anak cenderung mengikuti apa yang dilihatnya dari orang dewasa oleh sebab itu hendaknya orang-orang tua membiasakan berprilaku keseharian dengan akhlakul karimah, baik perkataan maupun kelakuan.

Pentingnya Pendidikan Agama Pada Dunia Pendidikan

Pendidikan agama pada dunia pendidikan adalah modal dasar bagi anak untuk memperoleh nilai-nilai ketuhanan, bahwa alangkah pentingnya nilai-nilai agama diajarkan terhadap anak, dimana dalam dunia pendidikan mencakup satu bidang garapan yaitu pendidikan agama.

Pendidikan agama dalam hidup tidaklah sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru di sekolah, melainkan juga orang tua sebagai contoh nyata dalam kepribadian anak. Bagaimana mungkin anak bakal berkarakter baik, apabila orang tuanya dalam kehidupan yang tidak baik.

Oleh sebab itu pendidikan agama harus ditanamkan terhadap anak dimanapun ia berada, baik formal maupun non formal.

Lalu apakah pendidikan agama bisa membentuk moral dan karakter anak didik? Untuk menjawab pertanyaan ini tidak sedikit elemen yang dimuat didalamnya. Dengan cara teoritis seharusnya pendidikan agama bisa membentuk kepribadian dan karakter anak, faktor ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama yang akhirnya yaitu untuk beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Apabila seseorang telah beriman dan bertaqwa dengan sungguh sungguh, maka segala perilakunya bakal mencerminkan nilai-nilai agama, menjalankan segala yang diperintah dan meninggalkan semua yang dilarang.

Seiring dengan itu maka moral/karakter/etika pun bakal tercermin di dalamnya. Bagaimana mungkin seseorang yang beriman dan bertaqwa, memakai narkoba atau hal-hal lain yang dilarang agama.

Faktor ini menjadi bukti bahwa apabila seorang anak telah tertanam dalam dirinya nilai-nilai agama yang kuat, maka telah bisa dipastikan moral/karakter/etika pada orang tersebut bakal terbentuk dengan sendirinya, mengikuti irama iman dan nilai taqwa yang ada padanya.

Itulah penjelasan dari pentingnya pendidikan agama dan pendidikan berkarakter. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari para pengunjung setia belapendidikan.

1 KOMENTAR

  1. itulah pentingnya kenapa anak harus diajarkan agama sedini mungkin, karena untuk membentuk pribadi dan karakter si anak

  2. nurul hikmawati

    apakah membuat suatu karakter harus dengan mempelajari pendidikan agama kepada anak?

  3. tegar tri haryanto

    cara membentuk karakter anak dimulai dari pengajaran norma norma agama, sepertinya kasus seperti ini enak buat dibahas.. Maaf ya min, saya ijin baca buat referensi