Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi

oleh -137 views
Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat belapendidikan. Malam hari ini kita akan me-review salah satu jenis buku dengan judul “pendidikan pancasila untuk perguruan tinggi.” Untuk lebih jelas nya akan kita ulas dalam artikel berikut ini.

Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi

Resensi :

Pancasila sebagai ideologi negara merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya dan agama dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, demikian pula halnya dalam aktivitas ilmiah.

Oleh karena itu, perumusan Pancasila sebagai paradigma ilmu bagi aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan sesuatu yang terlepas dari nilai ideologi bangsa, justru dapat mengakibatkan sekularisme, seperti yang terjadi pada zaman Renaiissnce di Eropa.

Bangsa Indonesia dalam kehidupan masyarakat sehingga manakala pengembangan ilmu tidak berakar pada ideologi bangsa, sama halnya dengan membiarkan ilmu berkembang tanpa arah dan orientasi yang jelas.

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Indonesia dengan Pancasila telah  memberikan guidance soal relasi agama dan negara secara universal.

Artinya secara eksplisit maupun implisit, Pancasila memang telah dirancang oleh The Founding Fathers untuk mengakomodir segala problematika dan keberlangsungan hidup agama-agama di Indonesia dalam kaitannya dengan kebangsaan dan kenegaraan, baik di masa lampau maupun untuk kebutuhan saat ini dan ke depan.

Pancasila utamanya Sila I telah menegaskan bahwa Indonesia adalah negara beragama dan bukan negara agama. Setiap warga negara harus beragama dan memiliki kewajiban menjalankan keberagamaannya secara konsisten (taat). Ini berarti seluruh warga negara diberi kebebasan seluas-luasnya menganut agama dan menjalankan berbagai kegiatan agama dan ibadahnya.

Sebaliknya, negara tidak menjamin warga negara yang tidak beragama untuk hidup dan berkembang di bumi Indonesia. Hanya yang beragamalah yang mampu dijamin dan dilindungi oleh warga negara.

Ini berarti seluruh warga negara diberi kebebasan seluas-luasnya menganut agama dan menjalankan berbagai kegiatan agama dan ibadahnya. Sebaliknya, negara tidak menjamin warga negara yang tidak beragama untuk hidup dan berkembang di bumi Indonesia. Hanya yang beragamalah yang mampu dijamin dan dilindungi oleh warga negara.

Bagaimana Kemajuan IPTEK di Era Milenium ?

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa mencapai kemajuan pesat sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa.

Pengembangan IPTEK tidak dapat terlepas dari situasi yang melingkupinya, artinya IPTEK selalu berkembang dalam suatu ruang budaya.

Perkembangan IPTEK pada gilirannya bersentuhan dengan nilai-nilai budaya dan agama sehingga di satu pihak dibutuhkan semangat objektivitas, di pihak lain IPTEK perlu mempertimbangkan nilai-nilai budaya dan agama dalam pengembangan agar tidak merugikan umat manusia.

JUDUL BUKU : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penyunting : Hayat dan H. Suratman

Penulis : M.Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H.,  M. Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumaryono, M.P.

Tata Tampilan Isi : Much. Imam Bisri
Tata Tampilan Sampul : Ardika Feriyanto

Penerbit Baskara Media
Cetakan Pertama, Juli 2018

Ukuran  : 15 x 23 cm

Jumlah : xii + 382 halaman

ISBN : 978-602-50306-7-3

Kelebihan dan Kekurangan Dari Buku ini

Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi

kelebihan buku ini :

kita bisa mengetahui tentang pancasila dalam lintasan sejarah, pengertian pancasila dan perkembangannya, hubungan agama dan pancasila, dsb. Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa/i di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Kekurangan buku ini :

Kekurangan dari buku ini ada beberapa penjelasan yang sulit untuk di mengerti. Ada juga beberapa ketikan yang salah.

Artikel ini ditulis oleh Fitri Fadillah kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *