pengaruh modernisasi terhadap perilaku remaja
pengaruh perkembangan modernisasi terhadap perilaku remaja jaman sekarang

Web portal pendidikan – Selamat siang sob, kali ini kita akan bahas pengaruh modernisasi terhadap perilaku remaja. Untuk penjelasan lebih lengkapnya dapat kalian simak di artikel kali ini.

Pengaruh Modernisasi Terhadap Perilaku Remaja

Semakin berkembangnya teknologi saat ini semakin banyak pula perubahan yang terjadi di masyarakat, salah satu yang membawa perubahan yaitu media informasi dan komunikasi seperti internet.

Internet sangat mempengaruhi sistem sosial yang ada di masyarakat, yang sangat mudah terpengaruh adalah anak anak yang menginjak masa remaja. Gaya bersosialisasi orang zaman dulu berbeda dengan remaja saat ini.

Semenjak mereka telah mengenal yang namanya media sosial, memang dibenarkan bahwa media komunikasi seperti media sosial mempermudah kita dalam bersosialisasi, karena masyarakat dapat dengan mudah interaksi dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Selain mempermudah masyarakat dalam berinteraksi, media sosial juga memberikan informasi secara cepat dan dapat diakses dengan mudah oleh penggunanya.

Namun saat ini media sosial mempengaruhi kehidupan sosial di masyarakat, dimana kebanyakan remaja sekarang jarang melakukan interaksi dengan keluarga, saudara, bahkan teman mereka sendiri karena terlalu sibuk dengan aktivitas di media sosial.

Bahkan mereka lebih mengenal teman teman yang di media sosial daripada tetangga tetangga di sekitar rumah yang lebih nyata wujudnya.

Jika di media sosial mereka terlihat aktif dalam berinteraksi namun sebenarnya di dunia nyata mereka sangat berbanding terbalik, menjadi pendiam dan sulit bergaul dengan teman teman lainnya.

Beda halnya dengan zaman dulu sebelum masyarakat mengenal media sosial, interaksi sosial di masyarakat masih sangat terjaga. Namun saat ini dalam prakteknya mungkin hanya terjadi pada masyarakat desa saja.

Karena seperti yang kita lihat di kota interaksi sosial di masyarakat sudah sangat minim, dikarenakan oleh kesibukan dan aktivitas mereka masing masing. Namun dampak seperti ini apabila tidak diantisipasi oleh masyarakat desa bisa jadi suatu saat dengan semakin canggihnya media sosial yang terus berkembang akan membawa dampak buruk terhadap masyarakat desa yang paling mudah terpengaruh salah satunya anak remaja.

Kenapa Anak Remaja Mudah Terpengaruh Oleh Modernisasi ?

pengaruh modernisasi terhadap etika dan moral anak remaja
perilaku remaja jaman sekarang yang merusak etika dan norma diakibatkan salahgunakan media sosial

Karena remaja sangat rentan terpengaruh oleh perkembangan modernisasi, saat ini sudah banyak remaja yang menggunakan media sosial bahkan anak SD zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan mengekspos aktivitas mereka di sosial media.

Masyarakat menyebut mereka yaitu kidz jaman now bagaimana tidak, perilaku mereka yang membuat setiap orang tertawa dan prihatin karena terlalu berlebihan dalam menggunakan media sosial melebihi orang dewasa.

Bahkan sebagian dari mereka sudah mengenal yang namanya pacaran dan memamerkannya di media sosial. Ini membuat setiap orang yang melihat hal ini merasa prihatin terhadap perubahan prilaku remaja remaja saat ini yang telah merusak nilai dan norma sosial yang ada.

Hal seperti ini perlunya pengawasan ketat dari orang tua agar anak anak yang menginjak remaja tidak terjerumus lebih jauh lagi terhadap dampak negatif dari perkembangan modernisasi.

Karena apabila kita salah dalam menggunakan media sosial akan berdampak buruk terhadap sikap, perilaku bahkan sampai ke mental penggunannya.

Sebagai generasi zaman now kita harus pandai dalam memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Karena pengaruh negatif atau positif itu tergantung individu yang mengartikan sendiri.

Karena banyak juga yang di dapat dari pengaruh modernisasi jika kita mampu memanfaatkannya dengan baik, hasil yang kita dapatkan tentu akan baik juga. Begitupun sebaliknya, jika kita memanfaatkan media sosial dengan tidak baik, hasil yang didapat juga tidak akan baik.

“Penulis adalah Mahasiswi dari Perguruan Tinggi Negeri Yang Ada di Jambi.”

Nah, itulah penjelasan dari artikel pengaruh modernisasi terhadap perilaku remaja. Untuk kritik dan saran kami harapkan yang sebesar besarnya dari para pengunjung belapendidikan demi pengembangan artikel ini lebih lanjut.

3 KOMENTAR

  1. sekarang banyak kita lihat dampak buruknya modernisasi ini terhadap anak anak. Tindakan apa yang harusnya dilakukan oleh orang tua?

  2. hendrawan puspito

    wah si admin ikut kekinian kidz jaman now. Memang sekarang banyak anak muda khususnya remaja banyak menggunakan sosial media untuk memposting kegiatan sehari”nya. Tapi dampak buruk dari ini tentu akan dirasakan misalnya seperti penipuan dan sekarang banyak juga pemerkosaan terjadi berawal dari sosial media.

  3. ratna septiyaningsih

    Lantas apa yang harus dilakukan untuk mencegah masuknya pengaruh modernisasi ini terhadap perilaku anak ? Apakah kita harus melarang anak untuk bermain media sosial ?

LEAVE A REPLY