Web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, kali ini saya akan bahas tentang “pengaruh perubahan iklim global terhadap kehidupan“. Apakah pemanasan global menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim ? Berikut uraian lengkapnya dapat kalian lihat dibawah ini.

Pengaruh Perubahan Iklim Global Terhadap Kehidupan


Pengaruh perubahan iklim juga memberikan dampak terhadap perubahan suhu global atau dikenal dengan pemanasan secara global.

Pemanasan global terjadi akibat efek rumah kaca yang berlebihan. Efek rumah kaca adalah proses atmosfer bumi merangkap energi panas di permukaan bumi.

Energi panas yang terserap oleh permukaan bumi seharusnya dipantulkan kembali. Namun karena adanya gas gas atmosfer, hampir 90% energi panas tersebut dipantulkan kembali ke permukaan bumi dalam bentuk gelombang panjang.

Akibatnya yang terjadi adalah peningkatan suhu udara di muka bumi. Gas atmosfer yang berkontribusi terhadap efek rumah kaca antara lain, air, karbon dioksida, gas metana, nitrogen oksida, ozon, dan kloro fluoro karbon.

Pemanasan global terjadi karena aktivitas manusia yang menyebabkan peningkatan secara signifikan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer.

Terdapat beberapa indikator terjadinya pemanasan global, antara lain naiknya temperatur udara di bumi, suhu air laut menjadi panas, suhu di permukaan laut meningkat, mencairnya bongkahan es di kutub sehingga permukaan laut meningkat.

Selain itu di laut, kenaikan suhu juga terjadi di daratan, akibatnya salju mencair dan luasan tutupan salju pun juga berkurang.

Pemanasan global menjadi salah satu ancaman bagi kelangsungan hidup di muka bumi apabila gejalanya terus menerus terjadi. Dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global adalah sebagai berikut:

  • Iklim menjadi tidak stabil
  • Permukaan air laut meningkat
  • Perubahan pada unsur cuaca dan iklim
  • Terganggunya keseimbangan ekosistem

1. Iklim Menjadi Tidak Stabil


Pemanasan global mengakibatkan meningkatnya suhu di bumi sehingga penguapan yang terjadi akan semakin meningkat. Jika penguapan meningkat curah hujan pun akan meningkat dan beberapa wilayah akan mengalami kekeringan.

Selain itu pula. pemanasan secara global juga memicu terjadinya anomali iklim di Samudra Pasifik bagian ekuator.

2. Permukaan Air Laut Meningkat


Mencairnya lapisan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Dampaknya pulau pulau kecil akan tenggelam, kehidupan masyarakat di pesisir terancam, dan banjir melanda permukiman penduduk akibat air pasang yang tinggi.

Air pasang dan hujan yang tidak menentu dapat menyebabkan tingginya frekuensi fenomena banjir.

3. Perubahan Pada Unsur Cuaca dan Iklim


Perubahan arus laut terjadi karena perubahan tekanan udara, suhu, kecepatan dan arah angin. Hal ini berpengaruh terhadap migrasi ikan sehingga memberi dampak pada hasil tangkapan nelayan.

Baca juga : Proses terjadinya hujan (siklus air)

4. Terganggunya Keseimbangan Ekosistem


Tanaman dan hewan memiliki batas toleransi terhadap suhu, kelembapan, kadar air, dan sumber makanan. Pemanasan global menyebabkan terganggunya siklus air dan kelembapan udara.

Akibatnya, pertumbuhan tumbuhan menjadi terhambat sehingga menghambat produktivitasnya. Hal ini pun juga berpengaruh terhadap kehidupan hewan.

Akhirnya, terjadi kepunahan terhadap beberapa jenis hewan dan tumbuhan. Selain itu, pemanasan global juga berdampak pada perubahan habitat hewan yang melakukan migrasi untuk menemukan habitat yang baru yang sesuai.

Itulah uraian lengkapnya dari judul pengaruh perubahan iklim global terhadap kehidupan. Buat kita semua, mari jaga bumi kita dari pemanasan global. Bangun tanaman yang menyegarkan, dan lindungi hutan dari pembakaran hutan. Karna hutan adalah oksigen kita.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang “Pengaruh Perubahan Iklim Global Terhadap Kehidupan”. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi pengembangan artikel lebih lanjut.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami [email protected]

Mas Hafiz
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com